UTILITY IBU HAMIL TERHADAP PELAYANAN ANC DI BPM Ny.Hj.WARTI’AH, SST PACIRAN LAMONGAN

Abstract views: 378 , PDF downloads: 311

Abstract

Menurut Badan kesehatan dunia (WHO), angka kematian ibu diseluruh dunia diperkirakan 400 per 100.000 kelahiran hidup, Berdasarkan hal tersebut, upaya peningkatan persalinan ke tenaga kesehatan menjadi sangat penting untuk dilakukan sehingga dibutuhkan data untuk mengambarkan kebutuhan utility  ibu hamil terhadap pelayanan kesehatan. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi 30 ibu hamil yang melakukan pemeriksaan antenatal care sampel yang digunakan total sampel, uji statistika yang digunakan uji chi square, hasil penelitian Reliability berhubungan secara signifikan dengan pelayanan ante natal care hal ini  berarti sebagian besar responden merasa puas dengan pelayanan bidan, hasil penelitian Responsiveness berhubungan secara signifikan dengan pelayanan antenatal care hal ini berarti sebagian besar reponden merasa puas dengan pelayanan bidan, hasil penelitian tangibles berhubungan secara signifikan dengan pelayanan antenatal care hal ini berarti sebagian besar reponden merasa puas dengan pelayanan bidan, hasil penelitian assurance berhubungan secara signifikan dengan pelayanan antenatal care hal ini berarti sebagian besar reponden merasa puas dengan pelayanan bidan, hasil penelitian Emphaty berhubungan secara signifikan dengan pelayanan antenatal care hal ini berarti sebagian besar reponden merasa puas dengan pelayanan bidan hasil kesimpulannya Terdapat hubungan yang siginifikan utility ibu hamil terhadap pelayanan ante natal care di BPM Ny.Hj. Warti’ah, SST Paciran Lamongan

References

Djoko Wijono.,2008. Manajemen Kesehatan Ibu dan Anak.,Duta Prima Airlangga
Aghny, et all. 2012. Gambaran Kepuasan Ibu Hamil terhadap pelayanan antenatal care di Puskesmas Getasan Semarang. Jurnal IKM Sam Ratulanggi
Mumu, et all.2013.Analisis Faktor yang berhubungan Dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof. Dr. R.D. Kandau Manado
Kotler, Philip,. 2005. Manajemen Pemasaran. edisi Kedua. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia
Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori &Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks.
Muninjaya, Gede. 2004. Manajemen Kesehatan. Jakarta: Kedokteran EGC.
Pohan, Imbalo. 2007. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Cetakan Pertama. Jakarta: EGC.
Rangkuti, Fredy. 2006. Measuring Customer Satisfaction (Teknik Mengukur dan Strategi Peningkatan Kepuasan Pelanggan Plus Analisa Kasus PLN-JP). Jakarta: Gramedia
Sari IP. 2001. Motivasi Konsumen terhadap layanan informasi dan konsultasi obat di apotik kota Yogyakarta. Majalah Farmasi Indonesia.
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
Tjiptono, Fandy. 2001. Prinsip_prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wahyudin. 2005. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Yogyakarta: Andi.
Published
2018-08-13