Pengaruh Penggunaan Metode Seven Jump Terhadap Kemampuan Penggunaan Partograf Mahasiswa Akbid Surya Sehat Surabaya Tahun 2015

miftahul khairoh, Arkha Rosyaria Badrus

Abstract


Kemampuannya yang kurang baik dalam proses pembelajaran dikarenakan salahnya metode pembelajaran pada mahasiswa. Dimana sekarang masih didominasi oleh kegiatan dosen di depan kelas yang kurang memberikan pengalaman pada mahasiswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode seven jump terhadap kemampuan penggunaan partograf  mahasiswa Akbid Surya Sehat Surabaya Tahun 2015.

Berdasarkan lingkup penelitian termasuk jenis penelitian inferensial, berdasarkan tempat penelitian termasuk jenis penelitian uji lapangan, berdasarkan waktu penelitian termasuk jenis penelitian cross sectional,  berdasarkan populasi yang digunakan yaitu total populasi. Besar sample pada penelitian ini yaitu sejumlah mahasiswa semester IV dan VI Akbid Surya Sehat Surabaya tahun 2015 yaitu 35 orang. Penelitian ini menggunakan teknik Total Populasi.

Berdasarkan tabel di atas dapat diinterpretasikan bahwa setelah digunakan metode seven jump dalam pembelajaran partograf, sebagian besar 19 (54%) responden memiliki kemampuan dalam menggunakan partograf. Keputusannya jika p < 0,05 adalah H0 ditolak dan H1 diterima, artinya, Ada Pengaruh Penggunaan Metode Seven Jump Terhadap Kemampuan Penggunaan Partograf Mahasiswa Akbid Surya Sehat Surabaya Tahun 2015.

Kesimpulan penelitian ini adalah, ada pengaruh penggunaan metode seven jump terhadap kemampuan penggunaan partograf mahasiswa Akbid Surya Sehat Surabaya Tahun 2015 dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan taraf signifikansi (α) 0,05 menunjukkan nilai Asymp.Sig < α (0,002 < 0,05). Saran bagi pendidik khususnya di instansi kebidanan agar meningkatkan kemampuan penggunaan metode pengajaran sehingga dapat dicapai kompetensi yang diinginkan.

 

Kata Kunci : Mahasiswa, Metode Seven Jump, Partograf

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini, 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta. Asdi Mahasatya.

Anggraeni, L. 2013. Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Tesis. Diakses Februari 2015.

Anggarini, S. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Metode Pembelajaran Studi Kasus Terhadap Prestasi Belajar Penggunaan Partograf Mahasiswa Akademi Kebidanan Di Surakarta. Tesis. Diakses Februari 2015.

Aziz, Alimul. 2006. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarata : Salamba Medika.

Cunningham, F, G, Mc. Donal Pc. Gant Nf, 1995. Obstetri William. Edisi ke 18. EGC. Jakarta.

Dep Kes RI, 2011. Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Kebidanan. Jakarta.

Dep Kes RI, 2007. KepMenKes No.1457 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Di Kabupaten/Kota. Jakarta

Dinkes Kota Surabaya, 2013. www.dinkes.surabaya.go.id/portal/index.php/berita. Diakses Januari 2015.

Hidayat, A. Aziz Alimul, 2007. Metode Penelitian Kebidanan dan Tehnik Analisis Data. Jakarta, Salemba Medika.

JNPK-KR, 2007. Asuhan Persalinan Normal, Jakarta : JHPIEGO

Kemenkes RI, 2011. Data dan Informasi. Bakti Husada. Jakarta 2011.

Kemenkes RI, 2012. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2012. Bakti Husada. Jakarta 2012.

Kemenkes RI, 2013. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2012. Bakti Husada. Jakarta 2013.

Mochtar, Rustam. 2010. Sinopsis Obstetry Jilid I. EGC: Jakarta.

Manuaba, Ida Bagus Gede. 2008. Sinopsis Obstetry Jilid I. EGC. Jakarta.

Manuaba, Ida Ayu Chandranita, 2009. Gadar Obstetri & Ginekologi & Obstetri Ginekologi Sosial Untuk Profesi Bidan. Jakarta, EGC.

Mulati, S. 2012. Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Dengan Latihan (Drill) Terhadap Penerapan Pengisian Partograf Pada Mahasiswa DIII Kebidanan. Tesis. Diakses Februari 2015.

Menteri Kesehatan, 2009. Temu Kader Posyandu : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada tanggal Maret 2015.

Nursalam. 2008. Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika.

Nurjihan, 2013. Tingkat Kemampuan Mahasiswa Semester Vi Tentang Partograf Di Prodi D-III Kebidanan Stikes Kusuma Husada Surakarta 2013. Tesis. Diakses Februari 2015.

Nurohman, 2012. Penerapan Seven Jump Method (SJM) Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Tesis. Diakses Februari 2015.

Notoatmodjo S, (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. PT Rineka Cipta

Prawirohardjo, Sarwono. 2002. Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Yayasan Bina Pustaka, Jakarta.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar bahasa Indonesia ( edisi ketiga ) cetakan pertama.Balai Pustaka. Jakarta.

Saifudin, A.B, 2012. Buku Panduan Praktis Pelayanan Maternal dan Neonatal. Jakarta. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo, 2012.

Sugiyono, Prof.DR, (2012). Statiska Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Supriadi Pawik, 2012. Angka Kematian Ibu dan Bayi : Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Jatim .Diakses Maret 2015.

Toyibah, A. 2013. Strategi Optimalisasi Pembelajaran Laboratorium Skill Sebagai Usaha Meningkatkan Kompetensi Menolong Persalinan Di Pendidikan Kesehatan (Kebidanan). Tesis. Diakses Februari 2015.

WHO, 2013. Prevalensi Rate. http://multyplay.com/journal.item/17/prevalensi rate>. Diakses Februari 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/htc.v2i1.1663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.