Literature Review : Analisis Fishbone Diagram dalam Pelaksanaan Early Warning Alert And Respon System (EWARS) pada Deteksi KLB

  • Kartika Sari Wanodya Public Health, Indonesia University
Abstract views: 1093 , PDF downloads: 644
Keywords: kejadian luar biasa, Early Warning Alert And Respon System

Abstract

Meningkatnya kejadian luar biasa (KLB) menyebabkan suatu negara harus waspada serta siap akan wabah penyakit menular karena merupakan salah satu penyebab kesakitan, kematian dan dapat mengganggu produktivitas sehingga berdampak pada aspek seperti ekonomi dan sosial. Di Indonesia sendiri terdapat Early Warning Alert And Respon System atau EWARS yang diperlukan guna deteksi dini KLB. EWARS akan menampilkan alert ketika pencatatan suatu kasus melebihi ambang batas suatu wilayah. EWARS yang berjalan baik dapat dilihat dari ketepatan dan kelengkapan laporannya sehingga akan menghasilkan informasi data yang akurat dan berkualitas. Tujuan dari penelitian ialah menganalisis pelaksanaan Early Warning Alert And Respon System (EWARS) dalam deteksi dini KLB dengan fishbone diagram. Penelitian ini menggunakan metode literature review yang dianalis dengan fishbone diagram.

Dilihat dari lima tools manajemen maka hasilnya yaitu: (1) man : adanya rangkap tugas dan jabatan pada petugas, pelatihan yang belum merata terutama petugas yang baru; (2) methode: pengiriman laporan belum tepat waktu dibawah standart dan kelengkapan laporan tiap daerah tidak signifikan ; (3) material : sebagian petugas belum memiliki buku panduan salah satunya karena masih terbawa oleh petugas lama dan belum ada surat tugas untuk pendelegasian; (4) money : belum ada alokasi dana; (5) machine : petugas menggunakan handphone dan kendaraan pribadi. Pelaksanaan EWARS belum dapat dikatakan maksimal sehingga perlu adanya monitoring dan evaluasi rutin program di tiap fasyankes tingkat pertama, pendataan SDM untuk pelatihan, perhitungan beban kerja guna pemerataan pekerjaan, adanya SK atau surat tugas sebagai pendelegasian untuk komitmen petugas, adanya umpan balik untuk meningkatkan motivasi serta kesadaran petugas dan pengajuan alokasi dana.

References

Anggraini, M.P. 2017. Gambaran Kinerja Early Warning Alert Respone System (EWARS) Puskesmas Di Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek Tahun 2016. Jurnal Berkala Epidemiologi. 5(3) : 286-297.

Birkhead, G., Klompas, M., Shah, N. R. (2015). Uses of Electronic Health Records for Public Health Surveillance to Advance Public Health. Annual Review of Public Health, 36, 345-359.

Gaspers, V. 2002. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,.

Hart, Chris. 1998. Doing a Literature Review: Releasing the Social Science Research Imagination. Sage Publication Inc.

Hoot, N., Aronsky, D. 2006. An EarlyWarning System for Overcrowding in the Emergency Department. AMIA Annual Symposium Proceeding

Kementerian Kesehatan RI. 2012. Pedoman Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. 2012. Pedoman Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kristiani, S.Y., Kusnanto, H., Probandari, A. 2016. Pengelolaan Informasi Early Warning Alert and Response System di Kabupaten Boyolali. Journal of Information Sytems for Public Health. 1(1):55-63.

Mustaring, Nur Asda. 2010. Evaluasi Pengembangan Kelurahan Siaga di Keluarahan Tamangapa Kota Makassar tahun 2009. Skripsi. Universitas Hasanuddin

Nurzakiah, Andi. 2010. Evaluasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Kabupaten Sinjai. Tesis. Universitas Hasanuddin

Priyontika, B. 2016. Early Warning Alert And Response System (EWARS) Sebagai Upaya Deteksi Dini Kejadian Luar Biasa (KLB) di Puskesmas Kabupaten Jember. Skripsi. Universitas Jember

Ratnasari, D. 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pencapaian Petugas Terhadap Case Detection Rate (CDR) Pada Program TB Paru Di Kabupaten Rembang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Saleh, M., Budi, I.S., Purba, I.G. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Program Sistem Kewaspadaan Dini Dan Respons Di Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung Tahun 2012. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. 6(2) : 134-144.

Wahyuni, Sri., Sidik, Dian., Wahiduddin. 2012. Gambaran Pelaksanaan Program Early Warning Alert And Respon System (EWARS) di Puskesmas Kabupaten Gowa Tahun 2012. Jurnal Studi Kesehatan Masyarakat.

Wikansari, N., Santoso,D.B., Pramono, D. Widarsih, D. 2019. Evaluasi Program Early Warning Alert And Respon System (EWARS) Dalam Pelaksanaan Surveilans KLB Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan (J-MIAK. 2(1):9-17.

WHO. 2008. World Health Organization Outbreak Comunication Planing Guide.Geneva : Word Health Organiztion.
Published
2020-06-30