Systematic Review; Akbat Bencana Alam Terhadap Penderita Diabetes Mellitus

  • Vitria Wuri Handayani Poltekkes Kemenkes Pontianak
  • Anang Fajar Aryanto PPDS Rehabilitasi Medis Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya
  • Dedy Kurniawan Poltekkes Kemenkes Surabaya
Abstract views: 567 , PDF downloads: 604
Keywords: Bencana, Diabetes Mellitus, Dampak bencana

Abstract

Abstrak

Latar Belakang

            Kejadian bencana di dunia meninggalkan banyak masalah, diantaranya adalah masalah kesehatan baik fisik maupun jiwa. Korban bencana dengan penyakit kronis seperti diabetes mellitus (DM) tercatat juga meningkat setelah terjadinya  bencana.

Tujuan: Untuk mempelajari tentang dampak dari bencana alam terhadap penderita DM

Bahan dan Metode: review literatur dari tiga jurnal ilmiah yang telah diambil dari google scholar yang kemudian disaring dan dipilih sesuai dengan tujuan dari penulis.

Hasil:

Pada minggu-minggu setelah terjadinya bencana, kehilangan harta benda, kehilangan keluarga, mengakibatkan perubahan dalam diet glukosa sehari-hari, kurangnya konsumsi obat-obatan diabetes, stres emosional yang mengakibatkan gangguan pada kontrol glukosa yang dapat mengarah kepada kekurangan kadar glukosa (hypoglicemi) atau kelebihan kadar glukosa (hyperglicemi)

Beberapa kejadian bencana di dunia seperti kejadian badai Katrina di Amerika, tsunami Fukushima di Jepang menunjukkan bahwa bencana alam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan stres pada korban bencana yang berhubungan dengan menurunnya kontrol terhadap glukosa dalam periode setahun setelah terjadi bencana. Tetapi ada juga penelitian yang tidak menemukan pengaruh yang signifikan bencana terhadap penderita DM.  Review jurnal ini memberi gambaran secara literatur tentang penelitian yang dilakukan untuk melihat pengaruh dari bencana alam terhadap penderita DM.

Keywords: Bencana, Diabetes Mellitus, Dampak bencana

Key word: Disaster, Diabetes Mellitus, Disaster Impact

References

Daftar Pustaka
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2018. Hasil Utama Riskesdas 2018. Kementrian Kesehatan. Jakarta. Diakses 21 Maret 2019. http://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf
Damayanti, S. 2015. Diabetes Mellitus & Penatalaksanaan Keperawatan. Nuha Medika. Yogyakarta
Departemen Kesehatan RI. 2007. Pedoman Teknis Penanggulangan Krisis Akibat Bencana. Jakarta.
Health Quality Ontario. Behaviorural interventions for type 2 diabetes: an evidence-based analysis. Ont Health Technol Assess Ser 2009; 9: 1-45.
Inui A, Kataoka H, Majima M, Takamiya S, Uemoto M, Yonenaga C, et al. Effect of the Kobe earthquake on stres and glycemic control in patients with diabetes mellitus. Arch Intern Med. 1998; 158:274-8. Available: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9472208 PMID 9472208
Ismail, S. Sastroasmoro, S. 1995. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis. Bagian Ilmu Kesehatan Anak FK UI. Jakarta.
Fonseca, V. Smith, H. Kuhadiya, N. Leger, SM. Yau, CL. Reynolds, K. Shi, L. Mc Duffee, R. Thethi, T. Kalararickal-John, J. 2009. Impact of Natural Disaster on Diabetes. Diabetes Care 32;9. September 2009. 1632-2638.
Kallo, V. Rottir, J.V. Derek, M.I. 2017. Hubungan Tingkat Stres dengan Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II di Rumah Sakit Pancaran Kasih Pancaran Kasih GMIM Manado. Diakses 21 Maret 2019.
Martam, Irma.S. 2009. Mengenali Trauma Pasca Bencana. Newaletter Pulih. Vol. 14.
Tyas, Maria D.C. 2016. Keperawatan Kegawatdaruratan Dan Manajemen Bencana. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Jakarta
Published
2020-12-31