Pengelolaan Limbah Organik Produk Komposter Dan Kondisi Sarana Sanitasi Dasar Di Rumah Makan Padang

  • Rahmi Amir Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Kasmawati Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
  • Makhrajani Majid Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Pare-Pare
Abstract views: 249 , PDF downloads: 125
Keywords: htc

Abstract

Abstrak : Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa mahkluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia untuk dapat terurai. Sampah organik bisa dikatakan sebagai sampah bisa di olah kembali menjadi suatu yang bermanfaat bila dikelola dengan tepat. Tetapi sampah bila tidak dikelola dengan benar akan menimbulkan penyakit dan bau yang kurang sedap hasil dari pembusukan sampah organik yang cepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan limbah organik di Rumah Makan Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti mengidentifikasi melalui wawancara langsung, di mana sampel dalam penelitian ini sebanyak 1 rumah makan padang di Kota Parepare. Hasil penelitian diperoleh dari pengelolaan limbah organik di Rumah Makan Padang pada minggu pertama perubahan yang terjadi pada tekstur, aroma dan warna ialah Kasar, berbau, kecoklatan dan pada minggu ke dua menjadi remah, tidak berbau dan berwarna hitam.

Kata kunci :  Pengelolaan limbah, komposter, Sarana sanitasi

Abstract : Organic waste is waste originating from the remains of living things that are easily biodegradable without the processof human intervention to decompose. Organic waste can be reprocessed into something useful if it is properly managed. Will cause disease and unpleasant odors as a result of the rapid dekomposition of organic waste. The purpose of this study was to determine the management of organic waste in padang restaurant. The method used in this research is desciptive qualitative. Researchers identified through direct interviews, where the sample in this study were 1 padang restaurant in the city of parepare. The results of the study were obtained from the management of organic waste in padang restaurants in the first week the changes in texture, aroma and color were coarse, smelly, brown and in the second week they became crumbly, odorless and black.

Keywords : Waste Management, Composter Products, Sanitation Facilitie

References

Alex, S. (n.d.). Sukses Mengolah Sampah Organik Mejadi Pupuk Organik. 41-46.

Alex, S;. (n.d.). Sukses Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik. Yoyakarta:Pustaka Baru Press 3-4.

Dewilda, Yommi; Aziz, Rizki; Fauzi, Mhd;. 2019. Kajian potensi daur ulang sampah makanan restoran di Kota Padang. IV (2), 482-487.

F.L, Sahwan;. 2004. Efektifitas pengomposan sampah kota dengan menggunakan Komposter skala rumah tangga.

Migusnawati ; Tazar, Nurzarrah; Almasdi. 2019. Pengelolaan limbah organik dikelompok tani pondok sakato jorong sutijo,nagari koto gadang,kecamatan IV koto, kabupaten agam. 1 (1).

Mr, Farm. 2019. Cara Membuat Komposter Pupuk Organik. https://mitalom.com/cara-mudah-membuat-komposter-alat-pembuat-kompos-sederhana-menggunakan-ember/.

Murni, Yuniwati; Frendy, Iskarima; Adiningsih, Padulemba. (n.d.). Optimasi Kondisi Proses Pembuatan Kompos dari Sampah Organik dengan Cara Fermentasi Menggunakan EM4.

Nur, Thoyib; Noor, Rizali Ahmad; Elma, Muthia;. 2016. Pembuatan pupuk organik cair dari sampah organik rumah tangga dengan penambahan bioktivator EM4. 5, 2.

Rahmadi R;. 2019. Mengganggu kesehatan sampah juga merusak lingkungan.

Rahmawanti, Novi; Dony, Novrian;. 2014. Pembuatan pupuk organik berbahan sampah organik rumah tangga dengan penambahan aktivator EM4 Di daerah kayu tangi.39,17.

Sahil, Jailan; Irawati Al Muhdar, Mimien Henie. 2016. Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate. Jurnal BIO-edukasi, 4.

Sri, Subekti. 2019. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga 3R Berbasis Masyarakat Pendahuluan, Available at: http://www.scribd.com/doc/19229978/tulisan-bektihadini .

Wahyono, Sri;. 2001. Pengelolaan Sampah Organik Dan Aspek Sanitasi.

Yudhi, Kartikawan. (n.d.). Pengelolaan Persampahan. Yogyakarta : Jurnal Lingkungan Hidup , 200.

Published
2021-06-30