Pengaruh Edukasi Dengan Media Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi


Abstract
Abstrak: Dan hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2015 tentang hubungan seksual pranikah, bahwa persentase wanita yang setuju untuk melakukan hubungan seksual pranikah sangat rendah dibandingkan dengan pria, hanya 1% responden wanita dan 4% responden menyatakan mereka dapat melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Edi (2019) bermain ular tangga sebagai media pendidikan seksualitas remaja, ditemukan adanya peningkatan pengetahuan dan sikap pada remaja dengan menggunakan metode permainan ular tangga untuk meningkatkan kesehatan reproduksi pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan dengan media ular tangga terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi. Metode penelitian dengan literature review, diawali dengan mencari jurnal terkait pengaruh edukasi dengan media ular tangga terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi menggunakan perpustakaan online. Termasuk Google Scholar dan Science Direct, menggunakan teknik membandingkan dan kontras sehingga Anda dapat melihat perbedaan dan persamaan dalam artikel jurnal. Hasil tinjauan pustaka dan 32 artikel jurnal menunjukkan bahwa jurnal telah dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Dari hasil penelitian dan 7 artikel jurnal yang membahas variabel pengetahuan, terdapat 5 jurnal yang memiliki hubungan dimana metode ular tangga berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Kemudian ada 2 jurnal yang berhubungan dengan sikap remedial tentang kesehatan reproduksi dengan metodologi pengukuran ibu tentang kesehatan reproduksi. Kesimpulan dalam tinjauan pustaka ini adalah metode bermain tangga dapat menekankan pengetahuan dan sikap remaja terhadap kesehatan reproduksi.
Kata kunci: Pengetahuan dan Sikap, Media Ular Tangga, Kesehatan Reproduksi
Abstract: And the results of the 2015 Indonesian Demographic and Health Survey (SDKI) regarding premarital sexual relations, that the percentage of women agreeing to premarital sexual relations is very low compared to men, only 1% of female respondents and 4% of respondens said they can have sexual intercourse before marriage. According to research conducted by Edi (2019) playing snakes and ladders as a medium for educating adolescent sexuality, it was found that there was an increase in knowledge and attitudes in adolescents by using the ladder snake game method to improve reproductive health in adolescents. This study aims to determine the effect of education with snake and ladder media on adolescent knowledge and attitude about reproductive health. Research method with literature review, starting by looking for journals related to the effect of education with snake and ladder media on adolescent knowledge and attitude about reproductive health using online libraries. Including Google Scholar and Science Direct, using compare and contrast techniques so that you can see the differences and similarities in journal articles. The results of the literature review and 32 journal articles show that journal have been selected based on inclusion and exclusion criteria. Shwos the results and 7 journal articles discussing knowledge variables, there are 5 journals that have a relationship where the snake and ladder method has an effect on increasing knowledge of adolescents about reproductive health. Then there are 2 journals that relate to remedial attitudes about reproductive health with the methodology of measuring matens about reproductive health. Conclusion in thi s literature review is the method of ladder playing can emphasize the knowledge and attitudes of the youth towards the health of the reproduction
Keywords: Knowledge and Attitudes, Snake and Ladder Media, Health Reproduction
References
Azizah, H. A. N., Amelia, C. R., & Dewi, M. (2018). Perbedaan Pengaruh Metode Simulation Game (SIG) dengan Audio Visual terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Putri di SMK Negeri 1 Pujon. Journal Of Issues In Midwifery, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.21776/ub.joim.2018.002.02.1
Edi, E., & Taufik, M. (2019). Permainan Ular Tangga Sebagai Media Edukasi Seksualitas Remaja. Jurnal Endurance, 4(2), 442. https://doi.org/10.22216/jen.v4i2.4280
Handayani, S., Monika, R., & Priska Pipit. (2019). Efektivitas Penkes Dengan Metode Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Dampak Perkawinan Anak Di SMPN 2 Gunungkidul Yogyakarta. Caring : Jurnal Keperawatan, 8(2), 68–76.
Indah, W., Eka, P., & Bengkulu, P. K. (2019). Development of Snakes and Ladders As Media Health Promotion Improved Knowledge of Adolescent Health Reproductive. 3(1), 52–57.Irmawati. (2018). Jurnal Kesehatan Masyarakat J-Kesmas Jurnal Kesehatan Masyarakat. 4(1), 43–47.
Kurniawati, D., Rohmana, D. Y., &Juliningrum, P. P. (2017). Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan dan Sikap Dalam Menghadapi Menarche Pada Siswi SDN Pringgowirawan 01 Sumberbaru Kabupaten Jember. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, 5(1)
Lisanda, F. P., Yudianti, I., & Mansur, H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Video Dan Ular Tangga Terhadap Tingkat Pengetahuan KesehatanReproduksi Siswa Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 8(1), 23–35.
Maarif, S. (2017). Pengaruh pendidikan kesehatan reproduksi dengan media permaianan ular tangga terhadap pengetahuan dan sikap siswa SMP di Selo Boyolali. Jurnal Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–17.
Martina, E., Redjeki, S., Mutiara, S., Farmasi, F., & S, P. S. (2019). Penerapan Metode Permainan Ular Tangga dalam Peningkatan Pengetahuan HIV / AIDS dan Narkoba pada Remaja di Rusun Tanah Tinggi , Jakarta Application of Snakes and Ladders Game for Improving Knowledge HIV / AIDS and Drugs among Adolescents in Tanah Tinggi R. Jurnal Panrita Abdi, 3(2), 144–151.
Notoatmodjo.S. (2012). Metodeologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Nurbaya, S., & Simon, M. (2019). Pengaruh Penerapan Pendidikan Seks (Media Ular Tangga) Terhadap Kemampuan Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Jalanan Di Kampung Savana Kota Makassar. Journal of Islamic Nursing, 4(2), 60. https://doi.org/10.24252/join.v4i2.10203Othman, S., Zin, K. S., Mohd Mydin, F. H., &
Jenn, N. C. (2019). Knowledge, utilization and barriers to primary care services for sexual and reproductive health among adolescents in secondary schools in selangor, Malaysia. Malaysian Family Physician, 14(1), 10–17.
Ratnasari, D., & Na’mah, L. U. (2019). Peer education untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri umur 10-12tahun tentang menarche dengan media ular tangga di desa sidoharum sempor kebumen. Proceeding of The URECOL, 883–891.Sains, J. (2017). JURNAL STIKNA. 01(02), 148–157.
Seif, S. A., Kohi, T. W., & Moshiro, C. S. (2019). Sexual and reproductive health communication intervention for caretakers of adolescents: A quasiexperimental study in Unguja- Zanzibar. Reproductive Health, 16(1), 1–13.https://doi.org/10.1186/s12978-019-0756-z
Yusuf, S., Dwi, A., & Rusman, P. (2020). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga KESPRO Terhadap Pengetahuan Remaja dalam Upaya Pencegahan Seks Pranikah di SMA NEGERI 1 PAREPARE. Manusia Dan Kesehatan, 3(2), 230–238.
Zakaria, M., Xu, J., Karim, F., & Cheng, F. (2019). Reproductive health communication between mother and adolescent daughter in Bangladesh: a cross-sectional study. Reproductive Health, 16(1), 114. https://doi.org/10.1186/s12978-019-0778-6