Game Edukasi Untuk Kepedulian Kelestarian Cagar Alam Berbasis Android

  • Aditya Rahmatullah Program Studi Teknik Informatika, Universitas Dr.Soetomo, Surabaya
  • Dwi Cahyono Program Studi Teknik Informatika, Universitas Dr.Soetomo, Surabaya
Abstract views: 94 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 85

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis mempunyai banyak cagar alam tersebar di seluruh wilayah. Beberapa cagar alam bahkan berbatasan dengan desa–desa yang padat penduduk. Karena itu, masyarakat bebas masuk ke dalam cagar alam dan melakukan kegiatan yang dapat membahayakan kelestarian cagar alam, seperti penggembalaan ternak, mengambil kayu dan membuang sampah sembarangan karena kurangnya kesadaran masyarakat akibat minimya pengetahuan tentang pentingnya menjaga kelestarian cagar alam. Pengetahuan dapat lebih mudah ditanamkan pada anak usia din antara umur 3-6 tahun karena berada pada masa pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat baik fisik maupun mental. Penelitian ini bertujuan sebagai pengenalan pengeteahuan secara menyenangkan untuk anak usia dini dengan Game Edukasi Peduli Kelestarian Cagar Alam berbasis Android. Proses development pada penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan Construct 2. Hasil akhir penelitian sejalan dengantujuan pembelajaran pengetahuan tentang pentingnya menjaga kelestarian cagar alam untuk masa depan,.didapatkan hasil atas jawaban dari kepuasan 30 responden yang telah memainkan game dengan presentasi diatas 80%. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil pengujian penerimaan secara terus menerus yang dilakukan dengan mengulang permainan sebanyak 3 kali yang hasilnya tetap atau meningkat.

 

Author Biographies

Aditya Rahmatullah, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Dr.Soetomo, Surabaya

 

 

Dwi Cahyono, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Dr.Soetomo, Surabaya

 

 

References

A. Susanto, "Persepsi Masyarakat Terhadap Cagar Alam Gunung Picis," Agritek, vol. 02, 2010.

A. P. N. Dian Wahyu Putra, "Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini," Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2016.

M. a. A. O. C. a. M. R. Kartikasari, "Efektivitas Game Edukasi Sebagai Media Sosialisasi Bagi Anak Usia Dini," Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA), 2018.

Supriyanto, Pengantar Teknologi Informasi, Jakarta: Salemba Infotek, 2007.

UNDANG-UNDANG NO. 5 TAHUN 1990 Tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati Dan Ekosistemnya.

R. L. Pandu Rukmi Utomo, "Perancangan Concept Art Game Berlatar Budaya Majapahit sebagai Media Komunikasi Budaya," JURNAL SAINS DAN SENI ITS, vol. 1, no. 1, pp. 1-1, 2012.

R. E. Ferdig, "Handbook of Research on Effective Electronic Gaming in Education," Learning Processes and Violent Video Games, vol. 2, no. L, pp. 876-892, 2009.

A. V. Vitianingsih, "Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini," Jurnal INFORM, vol. 1, no. 1, pp. 1-8, 2016.

S. P. Erdian Yudhistira Putra, "Implementasi Pelaksanaan Ujian Semester Berbasis Android Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Negeri 3 Kota Jambi," Jurnal Istoria, vol. 4, no. 1, pp. 32-41, 2020.

F. Ardiansyah, Pengenalan Dasar Android Programming, Depok: Birayana, 2011.

A. D. Hartanto, "Perancangan Game Multiplatform Menggunakan Scirra Construct 2 Dan HTML 5," Simposium Nasional RAPI XIII - 2014 FT UMS, vol. 13, no. E, pp. 91-98, 2014.

S. Mokhammad Ridoi, Cara Membuat Game Edukasi menggunakan Construct 2, 2018.

L. Taruno Bagus, Freemind Mind Mapping Software, Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka, 2009

I. Setiawan, Perancangan Software Embedded System Berbasis FSM, Semarang: Universitas Diponegoro, 2006

S. A. Wijaya, Fuzzy State Machine Untuk Menghasilkan Variasi Respon NPC (Non-Player Character) Pada Game, Surabaya: Institut Teknologi Surabaya, 2009

E. M. Y. S. M. S. Herman Thuan To Saurik, "Kepuasan Pemain terhadap Desain Rintangan pada Skenario Game Petualang," Seminar Nasional Informatika 2015, vol. 1, no. 1, pp. 156-164, 2015

R. Rouse, Game Design Theory and Practice, Plano Texas: Wordware Publishing Inc, 2000

N. Adi, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java, Yogyakarta: Andi, 2010

A. Z. F. Putri Ludvyah Ekawati, "Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android," Lintas Sistem Informasi dan Komputer, vol. 22, no. IV, pp. 5-30, 2015

R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioner’s Approach, Seventh Edition, New York: McGraw Hill, 2010

Published
2023-05-30
How to Cite
Rahmatullah, A., & Cahyono, D. (2023). Game Edukasi Untuk Kepedulian Kelestarian Cagar Alam Berbasis Android . Jurnal Ilmiah Terapan, Sains Dan Teknologi (JITSI), 1(1), 25-34. https://doi.org/10.25139/jitsi.v1i1.6066
Section
Articles