Analisis Quality of Service Jaringan Internet Berbasis Wireless Local Area Network Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Menggunakan Wireshark (Studi Kasus : PT. Lintang Media Infotama)
Abstract
Layanan jaringan internet yang ada di perusahaan PT. Lintang Media Infotama membutuhkan kestabilan dan kelancaran untuk jaringan internetnya. Kebutuhan tersebut harus didukung perbaikan dan analisa yang tepat sehingga dalam layanannya internet yang ada dalam bisnisnya bisa terjaga untuk meningkatkan kualitas layanan yang ada. Jaringan internet yang berada di pusat dan di pelanggan yang berlangganan di perusahaan harus bisa memenuhi untuk standart yang memenuhi karena pada pusat jaringan internet sangat penting untuk menjaga layanan di pelanggan dan memberikan fasilitas yang digunakan untuk pegawai perusahaan mengolah jaringan internet untuk pelanggan. Sedangkan di pelanggan jaringan internet harus bisa stabil dan lancar agar pelanggan percaya dengan kualitas layanan dalam hal jaringan internet yang disediakan PT.Lintang Media Infotama. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kualitas performa jaringan yang ada di pusat perusahaan dan di pelanggan yang berlangganan di perusahaan PT. Lintang Media Infotama dan memeberikan rekomendasi sebagai perbaikan performa jaringan yang ada untuk meningkatkan kualitas layanannya. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan metode Quality of Service untuk mengetahui performa jaringan yang ada di pusat maupun pelanggan. Untuk jaringannya menggunakan Wireless Local Area Network sebagai media pengukuran jaringan dan menggunakan aplikasi wireshark untuk mendapatkan data pengukuran yang nantinya akan dihitung dengan parameter Quality of service yaitu throughput, packet loss, delay dan jitter. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil Memuaskan dan Kurang Memuaskan. Untuk di pusat perusahaan dan pelanggan pertama, pelanggan kedua, pelanggan ketiga, pelanggan keempat memperoleh hasil Memuaskan. Berdasarkan analisa hasil dan perhitungan dari parameter metode quality of Service bahwa disimpulkan hasilnya memperoleh nilai 3,75 dan memiliki indeks 3 yang artinya jaringan tersebut dikategori Quality of Service memperoleh hasil Memuaskan. Sedangkan hasil dari pelanggan kelima yaitu Kurang Memuaskan. Berdasarkan analisa hasil dan perhitungan bahwa disimpulkan hasilnya memperoleh nilai 2.5 dan memiliki indeks 2 yang artinya jaringan tersebut dikategori Quality of Service memperoleh hasil Kurang Memuaskan. Maka diberikan rekomendasi untuk perusahaan yaitu Melakukan Perbaikan Infrastruktur Jaringan, Melakukan Monitoring Redaman Internet dan Melakukan Monitoring Trafic Jaringan Internet. Untuk meningkatkan kualitas layanan yang berada di pusat perusahaan dan pelanggan.
References
[2] A. Amaluddin and M. H. Ramdani, “Perancangan Jaringan Internet Service Provider Untuk Desa-Desa Di Kabupaten Sumedang,” J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, no. January, pp. 1–10, 2019.
[3] R. Faishal Bari, A. Solehudin, and N. Heryana, “Analisis Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Berbasis Wireless Local Area Network pada Layanan Indihome,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, no. July, pp. 320–335, 2022, [Online]. Available: https://zenodo.org/record/6820184
[4] Y. Saragih and U. Latifa, “Analisis Quality of Service ( QoS ) Jaringan Wi-Fi Untuk Sistem Pendeteksi Kebocoran LPG Menggunakan WireShark,” vol. 11, no. 2, pp. 154–165, 2021, doi: 10.22441/incomtech.v11i2.11000.
[5] M. Rusdan, “Analisis Quality of Service ( QoS ) Pada Jaringan Wireless ( Studi Kasus : Analisis Quality of Service ( QoS ) Pada Jaringan Wireless ( Studi Kasus : Universitas Widyatama ),” no. December 2017, 2020.
[6] M. Hasbi and N. R. Saputra, “ANALISIS QUALITY OF SERVICE ( QOS ) JARINGAN INTERNET KANTOR PUSAT KING BUKOPIN DENGAN MENGGUNAKAN WIRESHARK,” vol. 12, no. 1, pp. 17–23, 2021.
[7] K. Rofik, “Analisis Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Berbasis Wireless LAN pada Layanan Indihome,” Jur. Tek. Inform. Fak. Tek. Univ. Halu Oleo, vol. 3, no. 2, pp. 49–58, 2021, [Online]. Available: http://repository.unsada.ac.id/2265/%0Ahttp://repository.unsada.ac.id/2265/3/BAB II.pdf
[8] E. B. Wagiu, A. Butar-butar, and J. I. Sihotang, “Analisis QoS (Quality of Service) Pada Jaringan Internet (Studi Kasus: Universitas Advent Indonesia),” TeIKa, vol. 9, no. 01, pp. 31–41, 2019, doi: 10.36342/teika.v9i01.789.
[9] A. Budiman, M. F. Duskarnaen, and H. Ajie, “ANALISIS QUALITY OF SERVICE ( QOS ) PADA JARINGAN INTERNET SMK NEGERI 7 JAKARTA”.
[10] R. Pratama, J. D. Irawan, M. Orisa, and F. T. Industri, “ANALISIS QUALITY OF SERVICE SISTEM MANAJEMEN BANDWIDTH PADA JARINGAN LABORATORIUM TEKNIK INFORMATIKA ITN MALANG,” vol. 6, no. 1, pp. 196–204, 2022.