Kualitas Pelayanan Publik: Antara Implementasi Kebijakan Dan Budaya Organisasi (Studi Kasus Di Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan)




Abstract
Abstrak
Penelitian ini menganalisis tentang implementasi kebijakan dan budaya organisasi pada kualitas pelayanan publik di Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. Penulisan ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode survei sebagai alat. Sedangkan untuk pengumpulan data, penulis menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah responden adalah 400. Selain itu, untuk menganalisis data, penulis menerapkan persamaan regresi linier berganda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan menjawab hipotesis penelitian. Penelitian ini mengungkapkan fakta bahwa ada hubungan antara kebijakan dan organisasi budaya pada kualitas pelayanan publik. Melalui penelitian ini, penulis menemukan hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan antara implementasi kebijakan dan budaya organisasi terhadap kualitas layanan publik.
Public Service Quality: Between The Implementation Of Organizational Policies And Culture (Case Study In Pamulang Sub-District, South Tangerang)
Abstract
This reseacrh analyzed about the implementation of policies and organizational culture on the quality of public services at Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. The writes used the method of descriptive quantitative method with survey method as the tool. While for collection data, the writer used cluster sampling technique with the number of respondents was 400. Moreover, for analyzing the data, the writer applied the multiple linear regression equation. The aim of this reseacrh was to find and to answer the hypothesis of the research. This reseach revealed the fact that there was a relationship between the polices and culture organization on the quality of public service. Through this research, the writer finds the result that that there is significant influence between the implementation of policy and organizational culture on the quality of public services.
References
Agus Dwiyanto, 2005, Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Gajah Mada, Yogyakarta
Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: CV. Alfabeta
Chatab, Nevizond, 2007. Profil Budaya Organisasi, Mendiagnosis Budaya dan Merangsang Perubahannya. Bandung : ALABETA, cv.
Donald R. Brown and Donald F. Harvey, An Experiential Approach to Organization Development, Seventh Edition (Delhi : Pearson Education Inc., 2006) p.463) Daft, Richard L. (2007). Organization Theory and Design (9th ed.).
Bulevard Farida Jasfar. 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, Cetakan Pertama. Penerbit Ghalia Indonesia
Mc.Shane, Steve. L. & Von Glinov, Marry Ann. 2005. Organizationnal Behavior. Tirth Edition. Mc Graw-Hill
Ndraha, Taliziduhu. 2003. Kybernology (Ilmu Pemerintahan Baru) Jilid1. PT Rineka Cipta: Jakarta
Ratminto, Atik Septi Winarsih (2005) Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Robbbins dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi, Buku 1 dan 2. Jakarta : Salemba Empat
Suwandi, Made. 2002. Pokok-pokok Pikiran Konsepsi Dasar Otonomi Daerah Indonesia.
Forum Kebijakan, Program MAP-UGM, 19 April 2002, Yogyakarta
Suwito,Harjo.2015. Pengaruh implementasi kebijakan terhadap kualitas pelayanan administrasi kepegawaian di lingkungan Sekjen Kemenag. Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jakarta
Sobirin, Achmad. 2007. Budaya Organisasi, Pengertian, Makna dan aplikasinya dalam kehidupan organisasi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN
Suharto, Edi. 2008. Kebijakan sosial sebagai Kebijakan publik. Bandung:Alfabeta
Syafiie, Inu Kencana. 2003. Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia.PT Refika Aditama: Bandung
Tjiptono, Fandy dan Gregorius, Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: ANDI
Wahab, Solichin Abdul. 2004. Analisis Kebijaksanaan: dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Sinar Grafika
Winarno, Budi. 2008. kebijakan publik Teori dan Proses. Yogyakarta: Media Pressindo
Wirawan. 2007. Budaya dan iklim organisasi: Teori aplikasi dan penelitian. Jakarta: Salemba Empat