The Effect of CSR, Brand Attitude, and Perceived Value on Purchase Intention at Uniqlo

  • Vicky Alvian universitas esa unggul
  • Anak Agung Ketut Diatmika Faculty of Economy and Business, Esa Unggul University Jakarta Indonesia
Abstrak views: 172 , PDF Journal (English) downloads: 134

Abstrak

Banyaknya perusahaan fast fashion yang ada di Indonesia membuat persaingan yang sangat ketat dalam suatu bisnis, hal ini menekankan peran corporate social responsibility yang dilakukan oleh pemilik perusahaan dengan tujuan promosi berkelanjutan guna memperoleh brand attitude, perceived value, dan purchase intention. Corporate social responsibility yang diterima dengan baik merupakan faktor yang berkontribusi dalam menciptakan brand attitude yang juga memiliki pengaruh terhadap perceived value dan purchase intention. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh corporate social responsibility, brand attitude, dan perceived value terhadap purchase intention. Penelitian ini dilakukan di Jakarta dengan desain penelitian deskriptif kausalitas dengan pendekatan metode kuantitatif dan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dari 231 responden yang pernah mengunjungi store Uniqlo. Model konseptual dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa corporate social responsibility dapat meningkatkan brand attitude. Kemudian, brand attitude dapat meningkatkan perceived value dan purchase intention. Lebih lanjut, perceived value dapat meningkatkan purchase intention. Kontribusi dari penelitian ini dapat memberikan wawasan kepada pemilik perusahaan fast fashion untuk mengembangkan bisnis, serta dapat merencanakan dan menerapkan strategi pemasaran sehingga terbentuk sikap merek dan penilaian yang baik konsumen guna terciptanya niat pembelian pada produk uniqlo.

Diterbitkan
2024-02-28
Bagian
Articles