Bahasa Inggris

  • Isyanty Khairunnisa Tanjungpura University
  • Heriyadi Economic and Busines, Tanjungpura University, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Nur Afifah Economic and Busines, Tanjungpura University, Pontianak, Kalimantan Barat
Abstrak views: 86 , PDF Journal (English) downloads: 61

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara materialism dan store atmosphere terhadap compulsive buying dimana fashion interest menjadi variabel mediasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan metode survei. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Kosshe Boutique Pontianak yang pernah melakukan pembelian minimal 2 kali selama 6 bulan terakhir dan berjenis kelamin wanita, dengan sampel berjumlah 200 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling berupa purposive sampling. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model dengan alat bantu aplikasi statistik SmartPls versi 3.9.3. Hasil analisis data menunjukkan, materialism berpengaruh signifikan terhadap compulsive buying, store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap compulsive buying, materialism berpengaruh signifikan terhadap fashion interest, store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap fashion interest dan fashion interest tidak signifikan terhadap compulsive buying. Hasil uji peran mediasi tidak signifikan.

Kata Kunci: Materialism, Store Atmosphere, Fashion Interest, Compulsive Buying

Diterbitkan
2024-02-28
Bagian
Articles