Dinamika Kepentingan Dalam Program “Kampung Keren” (Kreatif Dan Independen) Sebagai Strategi Branding Kota Kediri


Abstrak
Branding merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat terelakkan dalam pengembangan wilayah perkotaan dan kependudukan. Kampung Keren adalah salah satu strategi branding yang dilakukan oleh pemerintah Kota Kediri dalam meningkatkan citra Kota Kediri. Tumbuhnya kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam mengelola wilayahnya menjadi tujuan utama dalam pelaksanaan Kampung Keren ini. Faktanya, adanya Kampung Keren ini belum bisa dijadikan sebagai program yang berhasil dijalankan dengan melihat perkembangan ekonomi dan sosial yang ada di Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dinamika kepentingan dalam pelaksanaan Kampung Keren sebagai strategi branding di Kota Kediri. Peneliti menggali informasi melalui pengelola 7 (tujuh) Kampung Keren di Kota Kediri dan mengumpulkan dokumentasi terkait Kampung Keren di instansi pemerintah serta melakukan observasi pada proses pelaksanaan Kampung Keren. Hasilnya, terdapat berbagai kendala yang dihadapi oleh masyarakat, pengelola serta pemerintah Kota Kediri dalam mengembangkan 6 titik Kampung Keren. Keterbatasan sumber daya baik manusia maupun kapital menjadi masalah utama dalam pelaksanaannya. Selain itu hasil yang lain terlihat adanya kepentingan politik melalui branding ini menjadi polemik itu sendiri. Adanya kepentingan yang berseberangan dari aktor-aktor yang terlibat menjadi hambatan tersendiri dalam pelaksanaannya. Ketidaksiapan ini menjadi kendala yang harus diselesaikan agara Kampung Keren ini bisa dijalankan dengan maksimal dan dapat meningkatkan upaya pengembangan wilayah perkotaan dan kependudukan melalui Branding di Kota Kediri.
Referensi
Anderson, E. W., Fornell, C., & Rust, R. T. (1997). Customer satisfaction, productivity, and profitability: Differences between goods and services. Marketing science, 16(2), 129-145.
de Oliveira Santos, G. E., & Giraldi, J. D. M. E. (2017). Reciprocal effect of tourist destinations on the strength of national tourism brands. Tourism Management, 61, 443-450.
Dokumen Kajian Kempung Keren Kota Kediri. 2023. Bappenas.
Dokumen statistic jumlah penduduk. 2023. BPS Kota Kediri.
Fedora, D. Sherly & Risca F. H. (2019). Analisis Pemangku Kepentingan (Stakeholder) pada Unit Hubungan Masyarakat dan Kesekretariatan PT Semen Padang. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan (JBAT), 2(1), 13.
Habib, M. A. F. (2021). Kajian teoritis pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kreatif. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 82-110.
Haryanto, S. (2012). Spektrum teori sosial dari klasik hingga postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Huda, A. B. N., & Askafi, E. (2021). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN KAMPUNG KEREN (KREATIF DAN INDEPENDEN) BERBASIS BUDAYA LOKAL SEBAGAI PROGRAM UNGGULAN PEMERINTAH KOTA KEDIRI MENUJU PARIWISATA PERKOTAAN. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 94-108.
Isdarmanto, I. (2020). Strategi Branding Pengembangan Industri Pariwisata 4.0 melalui Kompetitif Multimedia di Era Digital. Journal of Tourism and Creativity, 4(1), 1-20.
Kapferer, J. N. (2008). The new strategic brand management: Creating and sustaining brand equity long term. Kogan Page Publishers.
Katadata.co.id, 2023
Keller, K. L., & Aaker, D. A. (1992). The effects of sequential introduction of brand extensions. Journal of marketing research, 29(1), 35-50.
Kismartini, K., & Pujiyono, B. (2020). Collaborative management model tanjung lesung tourism in Pandeglang District, Banten Province, Indonesia. Geo Journal of Tourism and Geosites, 30, 868-874.
Makhasi, G. Y. M., & Sari, S. D. L. (2017). Strategi Branding Pariwisata Indonesia Untuk Pemasaran Mancanegara. ETTISAL: Journal of Communication, 2(2), 31-41.
Mohsin, M. (2016). Memahami Konflik Antaraktor dalam Implementasi Sistem Informasi Perguruan Tinggi: Perspektif Teori Stakeholder. Jurnal Ilmiah Multitek Indonesia, 10(2), 23-24.
Parahiyanti, C. R., Permatasar, A. R. W., & Dewi, F. K. (2022). TOURISM HOSPITALITY: STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA EDUKASI DAN KULINER PADA KELURAHAN KAMPUNG DALEM KOTA KEDIRI. Jurnal Graha Pengabdian, 4(3), 273-280.
Peña-Sánchez, A. R., Ruiz-Chico, J., Jiménez-García, M., & López-Sánchez, J. A. (2020). Tourism and the SDGs: An analysis of economic growth, decent employment, and gender equality in the European Union (2009–2018). Sustainability, 12(13), 5480.
Poloma, Margaret M. (2004). Sosiologi Kontemporer. Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah YASOGAMA. Cetakan ke 6. Yogyakarta: PT Raja Grafindo.
Rahmadani, R., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2018). Fungsi corporate social responsibility (CSR) dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Share: Social Work Journal, 8(2), 203-210.
Ritzer, George, dan Douglas J. Goodman. (2014). Teori Sosiologi : Dari Teori Klasik Hingga Perkembangan Mutakhir Teori Postmodern. 10 ed. Bantul: Kreasi Wacana.
Umar. (2017). “Pendekatan Social Exchange Perspekstif George C. Homans.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 1 (1): 97–111. https://doi.org/10.52266/tadjid.v1i1.5.
Utami, S. E., & Nugraha, Y. E. (2021). Pelatihan Manajemen Usaha UKM Sebagai Upaya Bangkit dari Pandemi Bagi Kelompok Perempuan Pengrajin Tenun Ikat di Kampoeng Tenun Alor Kota Kupang. Jurnal Abdimas Pariwisata, 2(2), 63-74.
Zanoletti, A., Cornelio, A., & Bontempi, E. (2021). A post-pandemic sustainable scenario: What actions can be pursued to increase the raw materials availability?. Environmental Research, 202, 111681.
Zeugner Roth, K. P., Diamantopoulos, A., & Montesinos, M. Á. (2008). Home country image, country brand equity and consumers’ product preferences: an empirical study. Management International Review, 48, 577-602.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Authors who publish with JIMPKS: Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.