PENGARUH INFORMATION OVERLOAD TERHADAP INTENTION TO MAKE UNUSUAL PURCHASES MELALUI PERCEIVED SEVERITY PADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG SELAMA PANDEMI COVID-19


Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh information overload terhadap intention to make unusual purchases melalui perceived severity pada masyarakat Kota Bandung selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausalitas. Pengambilan sampel menggunaan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling kepada 100 responden masyarakat Kota Bandung dengan jumlah populasi sebanyak 2.510.103,00 orang. Analisis data penelitian menggunakan tenik analisis deskriptif dan path analysis. Kesimpulan penelitian menunjukkan variabel information overload dan perceived severity masuk dalam kategori sangat tinggi dan variabel intention to make unusual purchases masuk dalam kategori tinggi. Selain itu, variabel information overload berpengaruh signifikan terhadap perceived severity sebesar 46,92%. Information overload berpengaruh signifikan terhadap intention to make unusual purchases sebesar 6,25%. Perceived severity berpengaruh signifikan terhadap intention to make unusual purchases sebesar 19,80%. Information overload berpengaruh secara tidak langsung terhadap intention to make unusual purchases melalui perceived severity sebesar 30,48%.
Referensi
Bandung, B. P. (2020). Jumlah Penduduk (Jiwa), 2018-2020. (Diakses tanggal 20 Desember 2020, dari: https://bandungkota.bps.go.id/indicator/12/32/1/jumlah-penduduk.html).
COVID-19, P. I. (2021, Januari 5). Total Kasus Terkonfirmasi. Retrieved from https://covid19.bandung.go.id/
Gantina, T. S. (2020, September 10). Hoaks atau Fakta: Beredar Pesan Berantai Sebut Bandung Kota Zona Hitam Virus Corona. (Diakses tanggal 14 Oktober 2020, dari Pikiranrakyat: https://tasikmalaya.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-06731628/fixriaupesisir.pikiran-rakyat.com?page=2).
Haryanto, A. (2020, Maret 6). Dipercaya Tangkal Corona, Jahe Merah dan Temu Lawak Langka di Cimahi. (Diakses tanggal 14 Oktober 2020, dari: https://daerah.sindonews.com/artikel/jabar/19846/dipercaya-tangkal-corona-jahe-merah-dan-temu-lawak-langka-di-cimahi).
Jati, A.S. (2020, April 2). Pandemi Corona, Penjualan Hand Sanitizer di E-commerce Meningkat 500%. (Diakses tanggal 14 Oktober 2020, dari detik: https://inet.detik.com/business/d-4961921/pandemi-corona-penjualan-hand-sanitizer-di-ecommerce-meningkat-500).
Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta:Graha Ilmu
Kencana, M. R. (2020, Agustus 13). 5 Produk yang Paling Banyak Dicari Konsumen Selama Pandemi Covid-19. (Diakses tanggal 20 Desember 2020, dari Liputan6: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4330099/5-produk-yang-paling-banyak-dicari-konsumen-selama-pandemi-covid-19).
Laato, S. I. (2020). Unusual purchasing behavior during the early stages of the COVID-19. ScienceDirect, 1-12.
News, G. (2020). Coronavirus (COVID-19). Google News. (Diakses tanggal 14 Oktober 2020, dari https://news.google.com/covid19/map?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen).
Pamungkas, W. W. (2020, Oktober 7). Pandemi Covid-19 Bikin Stres, RSJ Jabar Siapkan Layanan Konsultasi KJOL. (Diakses tanggal 14 Oktober 2020, https://bandung.bisnis.com/read/20201007/549/1302001/pandemi-covid-19-bikin-stres-rsj-jabar-siapkan-layanan-konsultasi-kjol).
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Alfabeta
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer: Bandung
Ranawati, N. K. (2020, November 23). Positivity Rate Tinggi, Epidemiolog Minta Kota Bandung Terus Tes Masif. (Diakses tanggal 29 November 2020, dari https://ayobandung.com/read/2020/11/23/155890/positivity-rate-tinggi-epidemiolog-minta-kota-bandung-terus-tes-masif).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.