PENGARUH INFORMATION OVERLOAD TERHADAP INTENTION TO MAKE UNUSUAL PURCHASES MELALUI PERCEIVED SEVERITY PADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Telkom University
  • Universitas TELKOM
Abstrak views: 384 , Full Text (PDF) downloads: 698

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh information overload terhadap intention to make unusual purchases melalui perceived severity pada masyarakat Kota Bandung selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausalitas. Pengambilan sampel menggunaan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling kepada 100 responden masyarakat Kota Bandung dengan jumlah populasi sebanyak 2.510.103,00 orang. Analisis data penelitian menggunakan tenik analisis deskriptif dan path analysis. Kesimpulan penelitian menunjukkan variabel information overload dan perceived severity masuk dalam kategori sangat tinggi dan variabel intention to make unusual purchases masuk dalam kategori tinggi. Selain itu, variabel information overload berpengaruh signifikan terhadap perceived severity sebesar 46,92%. Information overload berpengaruh signifikan terhadap intention to make unusual purchases sebesar 6,25%. Perceived severity berpengaruh signifikan terhadap intention to make unusual purchases sebesar 19,80%. Information overload berpengaruh secara tidak langsung terhadap intention to make unusual purchases melalui perceived severity sebesar 30,48%.

Referensi

Bandung, B. P. (2020). Jumlah Penduduk (Jiwa), 2018-2020. (Diakses tanggal 20 Desember 2020, dari: https://bandungkota.bps.go.id/indicator/12/32/1/jumlah-penduduk.html).

COVID-19, P. I. (2021, Januari 5). Total Kasus Terkonfirmasi. Retrieved from https://covid19.bandung.go.id/

Gantina, T. S. (2020, September 10). Hoaks atau Fakta: Beredar Pesan Berantai Sebut Bandung Kota Zona Hitam Virus Corona. (Diakses tanggal 14 Oktober 2020, dari Pikiranrakyat: https://tasikmalaya.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-06731628/fixriaupesisir.pikiran-rakyat.com?page=2).

Haryanto, A. (2020, Maret 6). Dipercaya Tangkal Corona, Jahe Merah dan Temu Lawak Langka di Cimahi. (Diakses tanggal 14 Oktober 2020, dari: https://daerah.sindonews.com/artikel/jabar/19846/dipercaya-tangkal-corona-jahe-merah-dan-temu-lawak-langka-di-cimahi).

Jati, A.S. (2020, April 2). Pandemi Corona, Penjualan Hand Sanitizer di E-commerce Meningkat 500%. (Diakses tanggal 14 Oktober 2020, dari detik: https://inet.detik.com/business/d-4961921/pandemi-corona-penjualan-hand-sanitizer-di-ecommerce-meningkat-500).

Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta:Graha Ilmu

Kencana, M. R. (2020, Agustus 13). 5 Produk yang Paling Banyak Dicari Konsumen Selama Pandemi Covid-19. (Diakses tanggal 20 Desember 2020, dari Liputan6: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4330099/5-produk-yang-paling-banyak-dicari-konsumen-selama-pandemi-covid-19).

Laato, S. I. (2020). Unusual purchasing behavior during the early stages of the COVID-19. ScienceDirect, 1-12.

News, G. (2020). Coronavirus (COVID-19). Google News. (Diakses tanggal 14 Oktober 2020, dari https://news.google.com/covid19/map?hl=en-ID&gl=ID&ceid=ID%3Aen).

Pamungkas, W. W. (2020, Oktober 7). Pandemi Covid-19 Bikin Stres, RSJ Jabar Siapkan Layanan Konsultasi KJOL. (Diakses tanggal 14 Oktober 2020, https://bandung.bisnis.com/read/20201007/549/1302001/pandemi-covid-19-bikin-stres-rsj-jabar-siapkan-layanan-konsultasi-kjol).

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Alfabeta

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer: Bandung

Ranawati, N. K. (2020, November 23). Positivity Rate Tinggi, Epidemiolog Minta Kota Bandung Terus Tes Masif. (Diakses tanggal 29 November 2020, dari https://ayobandung.com/read/2020/11/23/155890/positivity-rate-tinggi-epidemiolog-minta-kota-bandung-terus-tes-masif).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan
2021-08-15
Bagian
Articles