Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee Di Kota Surabaya


Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kepercayaan dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian online pada marketplace Shopee di kota Surabaya baik secara simultan dan parsial serta untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap keputusan pembelian online. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Shopee yang pernah melakukan pembelian produk di kota Surabaya, jumlah sampel sebanyak 100 responden yang telah disebarkan melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan pendekatan simple random sampling dalam menentukan sampel karena jumlah populasi penelitian ini tidak diketahui. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji simultan, uji parsial, serta uji koefisien determinasi. Data diolah secara statistik dengan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan dan kemudahan transaksi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian online pada marketplace Shopee di kota Surabaya,serta kepercayaan dan kemudahan transaksi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian online pada marketplace Shopee di kota Surabaya. Variabel kepercayaan merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian online pada marketplace Shopee di kota Surabaya.
Referensi
Ayu Lestari, Niken. (2018). Pengaruh kepercayaan dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian secara online pada situs Mataharimall. com. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(1).
Fandiyanto, R., Sularso, R. A., & Irawan, B. (2018). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Ketanggapan, Harga dan Reputasi Perusahaan terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Danbo Secara Online. GROWTH, 15(1), 54-71.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31-42.
Jogianto. (2007). Sistem Infotmasi Keperilakuan (Revisi ed.). Yogyakatra: Andi offset.
Kotler, P., & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran (13 ed. Vol. 1). Jakarta: Erlangga.
__________. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 3. Jakarta: Erlangga.
Nazarudin, H., dan Pela, Y. (2016). Pengaruh Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs D'bc Network Orifline. Vol. 2, No. 2, 112-134.
Nurmadina. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus pada Konsumen Fashion Online di Kota Makassar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar,
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi (1 ed.). Yogyakarta: Andi.
Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora, 5(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhari, Y. (2008). Keputusan membeli secara online dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dinamik, 13(2).
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: CV, Andi.
Turban, E. D. K., Jae Lee,Ting Peng, and Decorrah C. (2010). Elecronic Commerce (6 ed.). New Jersey: Pearson.
Tri Lestari, Indah. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Belanja Online (Studi Pada Pengguna Tokopedia). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(2).
Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada mahasiswa universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 12-26.
https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.