Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee Di Kota Surabaya

  • Sarwani Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Farida Sofiana Rohmah Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstrak views: 751 , Full Text (PDF) (English) downloads: 1720
Kata Kunci: Kepercayaan, Kemudahan Transaksi, Keputusan Pembelian Online

Abstrak

ABSTRAK

      Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kepercayaan dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian online pada marketplace Shopee di kota Surabaya baik secara simultan dan parsial serta untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap keputusan pembelian online. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Shopee yang pernah melakukan pembelian produk di kota Surabaya, jumlah sampel sebanyak 100 responden yang telah disebarkan melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan pendekatan simple random sampling dalam menentukan sampel karena jumlah populasi penelitian ini tidak diketahui. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji simultan, uji parsial, serta uji koefisien determinasi. Data diolah secara statistik dengan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan dan kemudahan transaksi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian online pada marketplace Shopee di kota Surabaya,serta kepercayaan dan kemudahan transaksi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian online pada marketplace Shopee di kota Surabaya. Variabel kepercayaan merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian online pada marketplace Shopee di kota Surabaya.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Referensi

Ardyanto, D. (2015). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan menggunakan E-commerce terhadap keputusan pembelian online (Survei Pada Konsumen www. petersaysdenim. com). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1).
Ayu Lestari, Niken. (2018). Pengaruh kepercayaan dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian secara online pada situs Mataharimall. com. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(1).
Fandiyanto, R., Sularso, R. A., & Irawan, B. (2018). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Ketanggapan, Harga dan Reputasi Perusahaan terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Danbo Secara Online. GROWTH, 15(1), 54-71.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31-42.
Jogianto. (2007). Sistem Infotmasi Keperilakuan (Revisi ed.). Yogyakatra: Andi offset.
Kotler, P., & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran (13 ed. Vol. 1). Jakarta: Erlangga.
__________. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 3. Jakarta: Erlangga.
Nazarudin, H., dan Pela, Y. (2016). Pengaruh Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs D'bc Network Orifline. Vol. 2, No. 2, 112-134.
Nurmadina. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus pada Konsumen Fashion Online di Kota Makassar). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar,
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi (1 ed.). Yogyakarta: Andi.
Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora, 5(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhari, Y. (2008). Keputusan membeli secara online dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dinamik, 13(2).
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: CV, Andi.
Turban, E. D. K., Jae Lee,Ting Peng, and Decorrah C. (2010). Elecronic Commerce (6 ed.). New Jersey: Pearson.
Tri Lestari, Indah. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Belanja Online (Studi Pada Pengguna Tokopedia). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(2).
Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada mahasiswa universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 12-26.
https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Diterbitkan
2022-12-28
Bagian
Articles