PENGARUH BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E – WALLET


Abstrak
Penelitian berikut mempunyai tujuan guna mengetahui pengaruh brand image dan promosi terhadap keputusan penggunaan e- wallet pada mahasiswa universitas Dr. Soetomo Surabaya baik secara simultan dan parsial dan juga mengetahui variabel yang dominan terhadap keputusan penggunaan e – wallet. Penelitian berikut merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian kausal. Populasi pada penelitian berikut yakni seluruh mahasiswa universitas Dr. Soetomo yang mempunyai aplikasi dan pernah melakukan transaksi menggunakan , jumlah sampel sebanyak 96 responden yang telah disebarkan melalui kuesioner. Penelitian berikut memakai teknik random sampling untuk mengumpulkan respondennya serta menggunakan rumus unknown populations dalam menentukan sampel sebab jumlah populasi penelitian berikut tak diketahui. Selanjutnya, data analisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji simultan, uji parsial, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian berikut memperlihatkan bahwasanya brand image dan promosi mempengaruhi baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan penggunaan e – wallet serta promosi ialah variabel yang dominan mempengaruhi keputusan penggunaan e – wallet.
Referensi
Aaker, David., & Biel, Alexander. (2013). Brand Equity and Advertising: Advertising’Role Building Strong Brands.Michigan: Psycology Press.
Bank Sentral Republik Indonesia, Peraturan Bank Indonesia. No 20/6/PBI/2018 tentang Uang Elektornik, BAB I, Pasal 1, 2018.
Kotler Philip dan Gary Armstrong, (2012). Principle Of Marketing, Person Education,Inc. New Jersey : Prentice Hall.
____________, (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall ,twelfth Edition, England : Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip & Keller, Lane (2012). Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published.
____________, (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Noor Juliansyah, (2011). Metodologi penelitian, (Jakarta:Prenadamedia group).
Schiffman, L.G, & Kanuk,L.L. (2010). Customer Behavior. (10th ed). New jersey, Pearson Prentice Hall.
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.
Tjiptono, Fandy, (2010). Strategi Pemasaran. Edisi 3 . Penerbit Andi. Yogyakarta.
____________,(2015).Strategi Pemasaran. Edisi 4. Penerbit Andi. Yogyakarta.
E – jurnal , Tesis dan Temuan ilmiah :
Maunaza, Afianka, (2012). “Pengaruh Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Maskapai Penerbangan Lion Air sebagai Low Cost Carrier)”, Jakarta: Skripsi Universitas Indonesia.
Nurits Nadia K. (2019). “Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Uang Elektronik Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Pujadi, Bambang. (2010). “Studi tentang Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli Melalui Sikap terhadap Merek (Kasus Pada Merek Pasta Gigi Ciptadent di Semarang”, Vol.9, No.1, ISSN: 1412 – 8527.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.