Sikap Nasabah dan Kinerja Atribut Produk Mobile Banking
Studi Pengguna Mobile Banking di Kota Surabaya


Abstrak
Mobile Banking sebagai salah satu bentuk layanan sistem informasi perbankan, yang dapat menjadi solusi terbaik untuk nasabah dengan tingkat kesibukkan yang tinggi. Banyaknya keluhan nasabah terkait aplikasi layanan mobile banking, maka penelitian ini penting dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis atribut-atribut apa saja yang mempengaruhi sikap nasabah terhadap penggunaan layanan Mobile Banking, serta bagaimana kinerja atribut Mobile Banking. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, diperoleh 100 responden pengguna mobile banking. Metode analisis data menggunakan Model Multiatribut Fishbein dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan sikap konsumen terhadap atribut Mobile Banking secara keseluruhan adalah positif, yakni dengan nilai 218,81. Kinerja atribut Mobile Banking dianalisis dengan Importance Performance Analysis, menunjukkan hasil bahwa atribut yang perlu diprioritaskan untuk ditingkatkan kinerjanya yaitu atribut yang termasuk dalam kuadran I (Prioritas Utama): Website Mobile Banking dan kemudahan Mobile Banking dioperasikan saat bertransaksi.
Referensi
Budiati, P. L. (2010). Analisis Sikap Pembaca Terhadap Atribut Surat Kabar Harian Banjarmasin Post Di Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 11(2), 117–124.
Churchill, G. A. (2005). Dasar-Dasar Riset Pemasaran (4th ed.). Erlangga.
Indonesia, B. R. (2010). Sejarah Bank BRI. https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Rakyat_Indonesia%0A%0A
Kotler, P., & Keller, L. K. (2016). Marketing Management. In Journal of Marketing (15th ed., Vol. 37, Issue 1). Prentice Hall International Inc. https://doi.org/10.2307/1250781
Riswandi, B. A. (2005). Aspek Hukum Internet Banking. Raja Grafindo Persada,.
Sangaji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. ANDI.
Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2010). Consumer behavior. 10th edition (10th ed.). Pearson Prentice Hall.
Siadari, K., & Lutfi, A. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Penggunaan BNI Mobile Banking Studi Kasu BNI Cabang Harmoni. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5(02), 155–160.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta, CV.
Sunyoto, D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. CAPS.
Susanta. (2008). Sikap : Konsep dan Pengukuran. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 94–106.
Suseno, R. (2019). The attitude and real customer’s behavior using mobile banking in Bank Jatim Pare. The Attitude and Real Customer’s Behavior Using Mobile Banking in Banking Jatim Pare, 3(3), 303–318. https://doi.org/10.18860/mec-j.v3i3.6271
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi Offset.
Tsang, M. M., Ho, S.-C., & Liang, L.-P. (2004). Consumer Attitudes Toward Mobile Advertising: An Empirical Study Melody. International Journal of Electronic Commerce / Spring, 8(3), 65–78. https://doi.org/10.1007/BF03050251
Turban, E. et al. (2004). Electronic Commerce. Prentice Hall International Inc.
Widyawati, D. M., & Moeliono, N. N. K. (2018). Customer Attitude Toward Using Mobile Banking Di Indonesia Customer Attitude Towards Using Mobile Banking in Indonesia. E- Proceeding of Management, 5(2), 2553–2560.
Wulandari, N. P., Novandriani, N., & Moeliono, K. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Layanan Mobile Banking Di Bandung. Bisnis Dan Iptek, 139–149.
Yola, M., & Budianto, D. (2013). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (Ipa). Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12(12), 301–309. https://doi.org/10.25077/josi.v12.n1.p301-309.2013
Yustitia, A. (2009). Atribut Kepuasan Konsumen Produk Minuman Ringan Coca Cola Di Kota Bandarlampung. Jurnal Teknologi Dan Industri Hasil Pertanian, 14(1), 46–54. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.