Strategi Promosi dalam Bisnis oleh PT. BMW Astra Surabaya

  • Fadillah Ryan Aldarmawan Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Rusdi Hidayat FISIP Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Abstrak views: 335 , Full Text (PDF) (English) downloads: 1138
Kata Kunci: Strategi promosi, Faktor, Peluang, Tenaga Penjualan.

Abstrak

Strategi promosi dalam perusahaan pada dasarnya sangatlah penting, karena sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi di PT. BMW Astra Surabaya. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitafif, dengan cara pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi di BMW Astra Surabaya ialah datangnya dari sisi internal dan eksternal. Sisi internal ialah di gambarkan adanya kelebihan dan kelemahan kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan promosi, sedangkan eksternal di gambarkan dari adanya peluag dan ancaman. Strategi promosi yang dilakukan berupa: (1) iklan (advertising), (2) promosi penjualan (sales promotion) dengan memberikan cashback, hadiah, bahkan gratis bahan bakar selama 1 (satu) tahun, (3) penjualan perseorangan (personal selling), (4) hubungan masyarakat (public relation). Faktor internal menunjukkan skor kelebihan 2,18, sedangkan skor kekurangannya 1,54. Faktor eksternal menunjukkan skor peluangnya mencapai 0,70, lebih besar di bandingkan ancamannya. Strategi promosi yang efektif digunakan PT. BMW Astra Surabaya adalah personal selling, karena dapat berinteraksi langsung kepada konsumen. Hal tersebut bertujuan agar konsumen dapat tertarik untuk membeli sekaligus mengingat produk tersebut, yang dengan demikian dapat meningkatkan penjualan. Peluang besar yang dimiliki PT. BMW Astra Surabaya harus di manfaatkan sebaik mungkin. Salesman yang menjadi instrumen penting perusahaan terkait promosi, harus diberikan pelatihan dengan baik. Loyalitas seluruh karyawan juga diperlukan untuk menunjang strategi promosi perushaan dapat berjalan efektif.

Referensi

Amilia, Suri. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Vol. 6, No. 1.
Gunawan & Candra. 2018. Pengaruh Personal Selling, Celebrity Endorser, DanTrust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mi1 Global (Studi Kasuspada PT Mione Global Indonesia’MI1’. Jurnal Vol. 1 No. 1.
H. Wahyuni. 2019. Strategi promosi dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. HADJI KALLA CABANG GOWA. Universitas Negeri Makassar.
HM. Rahmayati. 2015. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi PemasaranUdang Beku PT.Mustika Mina Nusa Aurora Taraka. Kalimantan Utara, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep.
Karundeng, dkk. 2018. Analisis Saluran Distribusi Kayu (Studi Kasus di CV. Karya Abadi, Manado), Jurnal Vol. 6, No. 3.
Kotler & Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Korlet, dkk. 2009, Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Ed. Ke-12, Alih Bahasa oleh Benyamin Molan, Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Amstrong, Gary. 2010. Manajemen Pemasaran, ed. Ke-13, Jilid 2, Jakarta: Erlangga.
NST, Muhammad F. R. & Hanifa, Yasin. 2014. Pengaruh Promosi danHarga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia.
Nugraha, A. C & Nugraha, H. S. 2018. Pengaruh Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Agya Di Nasmoco Kaligawe Semarang. Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro.
Rangkuti & Freddy. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti & Freddy. 2018. Tekhnik membedah kasus bisnis Analisis SWOT cara perhitungan bobot, rating dan OCAI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Zulhendra & Ibrahim, M. 2018. Analisis Pelaksanaan Promosi Mobil Bekas Pada CV. SMS Mobilindo. Administrasi Bisnis.
Diterbitkan
2022-12-31
Bagian
Articles