Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity dan Dampaknya Pada Minat Beli Produk Merek Pobosoccer
![](https://i.ibb.co/4sq7yLG/ico2.png)
![](https://i.ibb.co/8zQW6X2/ico3.png)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing terhadap brand equity dan dampaknya pada minat beli produk merek Pobosoccer. PopuIasi pada peniIitian ini adaIah pengikut aktif media sosial Pobosoccer yang pernah membeIi produk Pobosoccer yang dimana jumlahnya tidak diketahui. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 respon. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian struktur model pertama menunjukan bahwa nilai Koefesien Beta variabelentertainment sebesar 0.159, customization sebesar 0,190, interaction sebesar 0.300, trendiness sebesar 0.181, dan word of mouth sebesar 0.189 yang dimana masing-masing variabel tersebut memiliki nilai signifikansi < 0.05 yang artinya entertainment, customization, interaction, trendiness, dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel brand equity. Sedangkan Hasil penelitian pada struktur model kedua menunjukkan koefesien Beta variabel entertainment sebesar 0.158, customization sebesar 0.147, interaction sebesar 0.168, trendiness sebesar 0.138, word of mouth 0.238, dan brand equity 0.189 yang dimana masing-masing variabel memiliki nilai signifikansi < 0.05 yang artinya variabel eksogen berpengaruh pada variabel endogen yaitu minat beli.
Referensi
Akram, & Kumar. (2017). A Study on Positive and Negative Effects of Social Media on Society. International Journal of Computer Sciences and Engineering, 5(10).
Angkie, N. S., & Tanoto, S. R. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity Pada Brand Fashion Zara, H&M, Pull&Bear, dan Stradivarius di Surabaya. AGORA, 7(1).
Chen, S.-C., & Lin, C.-P. (2019). Understanding The Effect of Social Media Marketing Activities: The Mediation of Social Identification, Perceived Value, and Satisfaction. Technological Forecasting & Social Change. 140, 22-32.
Dahmiri (2020) Pengaruh sosial media marketing dan brand equity terhadap minat beli. Kinerja-Jurnal Ekonomi dan Manajemen. pISSN: 1907-3011 - eISSN: 2528-1127
Durianto, & Liana. (2004). Analisis Efektivitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumen Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan.
Durianto, Darmadi, Sugiarto, & Sitinjak. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utamas.
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social Media Marketing Efforts of Luxury Brands: Influence on Brand Equity and Consumer Behavior. Journal of Business Research.
Gunelius, S. (2011). 30 Minute Social Media Marketing. United States: McGraw Hill.
Haliyani, F. P. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Starbucks Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Vol 7, No 1.
Irawan, A. W., Yusufianto, A., Agustina, D., & Dean, R. (2020). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Retrieved from https://apjii.or.id
Jacobson, J., Gruzd, A., & Garcia, A. H. (2020). Social Media Marketing: Who is watching the watchers? Journal of Retailing and Customer Services. 53, 101774.
Kemp, S. (2021). Digital 2021: Indonesia. Retrieved from Data Reportal: https://datareportal.com/
Kim, A., & Ko, E. (2012). Do Social Media Marketing Activities Enchance Customer Equity? An Empirical Study of Luxury Fashion Brand. Journal of Business Research, 65, 1480-1486.
Kotler, & Keller. (2013). Manajemen Pemasaran (12 ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2017). Marketing 4.0. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. United States: Pearson.
Mahardika, E. D., & Hendrawan, D. (2017). Analisis Pengaruh Dimensi Social Media Marketing Efforts Terhadap Brand Equity Pada Mie Setan di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis, 6(1).
Priatni, S. B., Hutriana, T., & Hindarwati, E. N. (2019). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variable Intervening pada Martha Tilaar Salon Day Spa. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan, 5, 145-155.
Nam, et al. (2011) Brand Equity, Brand Loyalty, and Consumer Satisfaction”. Annals of Tourism Research, Vol.38 No. 3. 2011. p. 1009-1030.
Radhitama, J. I. (2018). Analisis Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Equity Sebagai Variabel Mediasi Pada Akun Instagram @gojekindonesia (Studi Pada Konsumen GO-JEK di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Vol 6, No 2.
Raharjo, S. T., & Semuel, H. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi pada Lazada. Jurnal Strategi Pemasaran Vol 5 No 2
Robul; Hrinchenko; Zalubinska;. (2019). Social Media Marketing Influence on Brand Equity and Impact on Intention to Buy in Fashion Marketing. Economic Innovations , 21(1), 70.
Ratana., M (2018) Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Studi Komunikasi dan Media Volume 22 No. 01. Edisi Juni hal 13 – 28
Sarwono, J. (2012). Path Analysis dengan SPSS: Teori, Aplikasi, Prosedur Analisis untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2010). Consumer Behavior. Global Edition. Pearson Higher Education, London, 12(2), 113-120.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sunyoto, D (2011). Riset Bisnis dengan Analisis Jalur SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.
Syaeful, J. N., & Sulaiman. (2018). Pengaruh Upaya Pemasaran Media Sosial terhadap Tanggapan Konsumen yang dimediasi Ekuitas Merek pada pengguna produk Miniso di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(4), 29-37.
Tardin, M., Braga, L. D., & Pelissari, A. S. (2020). Social Media Marketing Communication: Effects on Brand Equity and on Consumer's Purchase Intention. International Journal for Innovation Education and Research.
Taprial, V., & Kanwar, P. (2012). Understanding social media. United States: Ventus Publishing
Yudiataatmaja, F. (2017). Analisis Jalur: Perhitungan Manual dan Aplikasi Komputer Statistik. Depok: Rajawali Pers.
Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.