Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penanganan Komplain Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. First Media Di Sidoarjo

  • isro ani
  • Wahyu Jatmiko Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr Soetomo Surabaya
Abstrak views: 535 , Full Text (PDF) (English) downloads: 2995
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Penanganan Komplain, Loyalitas Pelanggan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan penanganan komplain terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian yang dilakukan menggunakan meotde penelitian kuantitatif kausal. Penelitian kausal digunakan untuk membuktikan hubungan antara sebab dan akibat dari beberapa variabel. Analisis data menggunakan analisis linear berganda, serta menggunakan uji statistik uji-T dan uji-F untuk pengujian hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan dan penanganan komplain tidak berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan penanganan komplain memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan untuk uji dominan tidak bisa dilakukan pengujian karena salah satu dari variabel penelitian tidak memiliki pengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan.

Referensi

Atep Adya Barata. (2003). Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah (2005), Metode Penelitian Kuantitatif, Edisi Pertama, PT. Grafindo Persada.
Buchari Alma (2006), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revis, Cetakan Keenam, Alfabeta, Bandung,
Christoper Lovelock, Jochen Wirtz, dan Jacky Mussry (2010), Pemasaran Jasa, Edisi ke 7, Erlangga.
Danang Sunyoto (2009), Uji KHI Kuadrat & Regresi Untuk Penelitian, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Fajar Laksana (2008), Manajemen Pemasaran (Pendekatan Praktis), Edisi Pertama, Cetakan ke 9, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono (2002), Strategi Bisnis, Edisi 1, Andi, Yogyakarta.

, (2009), Service Marketing, Esensi & Aplikasi, Edisi Pertama, Yogyakarta, Markenis.
, (2014), Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, Penelitian, Edisi Pertama, Andi, Yogyakarta.
, (2004) Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra (2012). Service, Quality Satisfaction.
Jogjakarta: Andi Offset.
Kamaruddin Sellang, Jamaluddin, Ahmad Mustanir (2019), Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik : Dimensi, Konsep, Indikator, Dan Implementasinya, Qiara Media, Surabaya.
Kasmir (2005) Pemasaran Jasa. Jakarta: Graya Grafindo Persada
Lusiah (2018), Loyalitas Pelanggan, Cetakan Pertama, Deepublish.
Muhtosim Arief (2006), Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Bayumedia Publishing, Malang.
Philip Kotler (2000) Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo
Sugiyono (2017), Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Edisi cetakan ke 9, Alfabeta Bandung.
Diterbitkan
2023-01-17
Bagian
Articles