Studi Pengaruh Pelayanan dan Harga terhadap Pembelian ShopeeFood di SMA Unggulan Amanatul Ummah
Studi di SMA Unggulan Amanatul Ummah


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian pada layanan ShopeeFood baik secara parsial ataupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode survei yang melibatkan siswa-siswi SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya sebagai responden yang berjumlah sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik ini menggunakan sampling incidental dan selanjutnya data dianalisis ini menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas pelayanan memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara harga memiliki pengaruh positif signifikan. Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,846, yang berarti 84,6% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan harga. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar ShopeeFood terus meningkatkan kualitas pelayanannya dan menetapkan strategi harga yang kompetitif untuk menarik lebih banyak konsumen.
Referensi
Bahwiyanti, Jaya, and Aprilia Susanti. “Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Dewi Mart Sultan Adam Banjarmasin.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, vol. 7, no. 3, 2021, pp. 355–67.
Cynthia, Debby, et al. “Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian.” Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, vol. 9, no. 1, 2022, pp. 104–12, https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.256.
Hasanah, Uslatun, and Dwi Dayanti Oktavia. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Shopeefood Di Kota Malang.” JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, vol. 5, no. 1, 2022, pp. 26–40,http://jurnal.stiekma.ac.id/index.php/JAMIN.
Hutagalung, M. I. (Mardiana), and K. (Kasmir) Kasmir. “Pengaruh Beban Kerja;Pengembangan Karier; Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Sekolah Tinggi Sandi Negara.” Indikator, vol. 1, no. 3, 2017, pp. 87–99, https://www.neliti.com/publications/353444/.
Indrasena, Rafi Wisnu, and Anindhyta Budiarti. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Food.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 2022, pp. 1–15.
Kanina, Ahmad Samer. SAUDI CAR DEALERSHIPS’ SERVICE QUALITY, CUSTOMER SATISFACTION, AND BEHAVIORAL INTENTIONS: A QUANTITATIVE CORRELATIONAL STUDY. 2020. University of Phoenix, https://www.proquest.com/openview/c6aafb26bd62189a16ef3f9a97e214bc/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750&diss=y.
Manoy, Tirta, Imarrye, et al. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Ake Maumbi.” Jurnal EMBA, vol. 9, no. 4, 2021, pp. 314–23.
Noor, Siti, and Ahmad Maulana. “Kualitas Pelayanan, Harga Dan Keputusan Pembelian Go-Food Di Kota Palembang.” Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 13, no. 2, 2023, pp. 133–46.
Primaputra, Rafif Zharif, and Budi Sudaryanto. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Promosi, Kepercayaan Konsumen, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee Food (Kasus Pada Pengguna Layanan Shopee Food Yang Berdomisili Di Kota Semarang).” Diponegoro Journal of Management, vol. 12, no. 1, 2023, pp. 1–12, http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr.
Rumagit, Meiny Febiola, et al. “The Influence of Ease of Use, Service Quality, and Promotion on Purchase Decisions Using Go-Food Services in Manado City.” 2176 Jurnal EMBA, vol. 10, no. 4, 2022, pp. 2176–85.
Utami, Ai Annisa, et al. “Analisis Strategi Penetapan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Ojek Online Pt Go-Jek Indonesia.” JABE (Journal of Applied Business and Economic), vol. 6, no. 2, 2020, pp. 137–56,https://doi.org/10.30998/jabe.v6i2.524.
Kotler, Philip & Gary Armstrong (2018), Principles of Marketing, Edisi 17, United States of America: Pearson Education
Angela, Ni Luh. 2024. Kemendag Ramal Transaksi E-Commerce di RI Tembus Rp533 Triliun. Diakses dari https://www.kemendag.go.id/berita/pojok-media/kemendag-ramal-transaksi-e-commerce-di-ri-tembus-rp533-triliun
Amstrong, K. d. (2018). principles of marketing. New Jersey: PEARSON.
Windrarto, B. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Di Pt. Lazizaa). Stie Malangkucecwara.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-17. Jakarta: Erlangga.
Johnson, A., & Smith, J. (2021). "The Influence of Service Quality on Purchase Decision: A Study on E-commerce Platforms." Journal of Consumer Behavior, 30(4), 112-125.
Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta.
Sekaran, U. (2022). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (8th ed.). Wiley.
Riyanto, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Pustaka Aksara Timur.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.