Pengaruh Keamanan, Persepsi Risiko, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Sikap Pembelian Online Shop Pada Aplikasi Lazada


Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keamanan, persepsi risiko, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap sikap pembelian online shop pada aplikasi Lazada (Studi pada pengguna aplikasi Lazada di Kota Malang). Penelitian ini bersifat kuantitatif dan data primer berupa pengisian kuesioner yang diambil dengan memakai rumus Machin dan Champbell sebanyak 106 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuisioner (angket) dengan mengumpulkan data melalui survei online kemudian diolah menggunakan analisis linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 20.00 for Windows Executed. Hasil penelitian ini menunjukan jika semua variabel yakni keamanan, persepsi risiko dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruhi positif terhadap sikap pembelian.
Referensi
Aliyah, S., Medyawati, H., & Yunanto, M. (2023). Determinan Minat Menggunakan Aplikasi Reksa Dana Bibit Pada Mahasiswa. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen. Https://Doi.Org/10.31937/Manajemen.V15i1.3119
Ansori, H., & Aljabar, M. (2023). Lazada Seenaknya Menuduh Toko Kami Melakukan Pelanggaran. Https://Mediakonsumen.Com/2023/02/26/Surat-Pembaca/Lazada-Seenaknya-Menuduh-Toko-Kami-Melakukan-Pelanggaran
Antin Rakhmawati. (2019). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. Sketsa Bisnis, 5(1). Https://Doi.Org/10.35891/Jsb.V5i1.1607
Antin Rakhmawati, Muhammad Nizar, & Kholid Murtadlo. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wwom) Dan Viral Marketing Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung. Sketsa Bisnis, 6(1), 13–21. Https://Doi.Org/10.35891/Jsb.V6i1.1584
Apjii. (2024). Survei Internet Apjii 2024. Https://Survei.Apjii.Or.Id/
Ardinia, T. (2012). Studi Tentang Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Resiko Terhadap Sikap Pada Belanja Online Dan Implikasinya Pada Minat Belanja Online Di D’shetwo Boutique. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Xi(1).
Astuti, D., Tp, F. S., & Abstraksi, M. M. (2010). Studi Mengenai Persepsi Resiko (Perceived Risk) Terhadap Minat Beli Online Shopping (Kasus Pada Toko Online Www.Kaskus.Com). In Jurnal Sains Pemasaran Indonesia: Vol. Ix (Issue 2).
Astuti, S., Wonua, A. R., & Titing, A. S. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Penggunaanterhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop. Journal Of Management And Social Sciences (Jimas)Journal Of Management And Social Sciences (Jimas), Vol.2.
Audria, N., & Batu, R. L. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Lazada. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 17(1), 35–47. Https://Doi.Org/10.32534/Jv.V17i1.2571
Bps. (2022a). Indikator Susenas September 2022. Https://Jambi.Bps.Go.Id/Id/News/2022/08/16/256/Inilah-Indikator-Yang-Dihasilkan-Susenas-September-2022.Html
Bps. (2022b). Statistik E-Commerce 2022. Https://Www.Bps.Go.Id/Id/Publication/2022/12/19/D215899e13b89e516caa7a44/Statistik-E-Commerce-2022.Html
Caron, J., & Markusen, J. R. (2016). 済無no Title No Title No Title. 1–23.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness , Perceived Ease Of Use , And User Acceptance Of Information Technology. January 2015. Https://Doi.Org/10.2307/249008
Fahmi, S. (2018). Pengaruh Persepsi Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Konsumen Dalam Melakukan Transaksi E-Commerce, Melalui Sikap Sebagai Variabel Intervening. Jamin : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(1). Https://Doi.Org/10.47201/Jamin.V1i1.21
Fazizah, A., Rakhmawati, A., & Husnah, D. N. (2024). Customer Satisfaction And Repurchase Intention In Terms Of E-Commerce Logistics Service Quality And Recovery Service. Sketsa Bisnis, 11(1), 1–23. Https://Doi.Org/10.35891/Jsb.V11i1.4150
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivarite Dengan Program Ibm Spss 25. Badan Penerbit Undip.
Ikhsan, M. (2021). Lazada Klarifikasi Soal Penipuan Cod Di Platformnya. Cnn Indonesia. Https://Www.Cnnindonesia.Com/Teknologi/20211022112754-206-710884/Lazada-Klarifikasi-Soal-Penipuan-Cod-Di-Platformnya
Iskandar, D., & Irfan Bahari Nasution, M. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Feb Umsu). Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 128–137.
Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Lazada Snk © 2019 Published By Umsu (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Feb Umsu), Https://Repofeb.Undip.Ac.Id/9208/5/12.%20s%20-%20daftar%20pustaka%20-. Jurnal Kewirausahaan, 1(1).
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Andi.
Kanuk, & Sciffman. (2007). Perilaku Konsumen, Edisi Kedua. Pt. Indeks Gramedia.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. In Manajemen Pemasaran (Vol. 7, P. 1835).
Kusuma, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Website Tokopedia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Universitas Islam Indonesia). Journal Competency Of Business, 3(1), 65–79. Https://Doi.Org/10.47200/Jcob.V3i1.670
Ma’ruf, S. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kegunaan, Persepsi Risiko, Dan Kenyamanan Terhadap Sikap Konsumen Dalam Belanja Online (Studi Pada Toko Online Lazada.Com. Jurnal Fakultas Ekonomi, 3, 535–549.
Meidiyustiani, R., Fuji Oktaviani, R., Imelda, I., Ali Niazi, H., Iswati, H., & Andira Brabo, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Masyarakat Dalam Memperluas Jangkauan Pasar Menggunakan E-Commerce. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi Ipteks, 1(5). Https://Doi.Org/10.59407/Jpki2.V1i5.94
Muhammad, G. D., Trianasari, N., & Dharmoputra, S. (2022). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Menggunakan Aplikasi Belanja Online Lazada. 9(2).
Nadia Pratiwi, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Belanja Dan Sikap Menjadi Variabel Intervening Pada E-Commerce (Toko Online). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nizar, M., Iltiham, M. F., & Rakhmawati, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Digital Masyarakat Lokal Melalui Pendampingan Dan Pengembangan Transformasi Bisnis Digital. Abdimas Unwahas, 8(2). Https://Doi.Org/10.31942/Abd.V8i2.10021
Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi. Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2019.V27.I02.P04
Putri, C. I. D., & Sudiksa, I. B. (2018). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Niat Beli Online Pada Situs Lazada. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(7).
Rafik, A., & Suardhita, N. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Tokopedia Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Portofolio: Jurnal …, 2(1).
Rahmadi, H., & Malik, D. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia. Com Di Jakarta Pusat. Jurnal Reformasi Administrasi;Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 3(1), 126–145. Https://Ojs.Stiami.Ac.Id/Index.Php/Reformasi/Article/View/100
Rakhmawati, A., & Nizar, M. (2023). Analysis Of Small Business Performance In Terms Of Islamic Financial Literacy And Inclusion. Malia, 14(2), 269–285. Https://Jurnal.Yudharta.Ac.Id/V2/Index.Php/Malia/Article/View/4138
Rakhmawati, A., Rahardjo, K., Kusumawati, A., & Nizar, M. (2020). Pengaruh Strategic Orientation, Government Regulation Terhadap Green Supply Chain Management Dan Environmental Performance. Adbispreneur. Https://Doi.Org/10.24198/Adbispreneur.V4i3.19175
Ramaswamy, V., & Ozcan, K. (2016). Brand Value Co-Creation In A Digitalized World: An Integrative Framework And Research Implications. International Journal Of Research In Marketing. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijresmar.2015.07.001
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi Jilid Ii. Salemba Empat.
Rositasari, M. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Sikap Pembelian Produk.
Sari, N., Hindrayani, A., Noviani, L., & Risiko…|, P. P. (2023). Pengaruh Persepsi Risiko Konsumen Terhadap Minat Pembelian Online Di Marketplace Pada Mahasiswa Di Kota Surakarta. Jekpend: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 6(2).
Sarjita, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Pada Situs Olx. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 7(1).
Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Hansen, H. V. (2011). Consumer Behaviour. Prentice-Hall Inc.
Setyawati, T., Suseno, Y. D., & Triastity, R. (2014). Pengaruh Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli Produk Online Shop Dengan Norma Subjektif Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia.
Sheldy, Y. P., Sidanti, H., & Setiawan, H. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Kemudahan Penggunaan, Dan Keamanan Transaksi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Madiun). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (Simba) 5, September 2023, 1–14.
Steven, & Andrea. (2020). Cerita Korban Penipuan Di Lazada, Uang Jutaan Melayang. Detikinet. Https://Inet.Detik.Com/Security/D-5078857/Cerita-Korban-Penipuan-Di-Lazada-Uang-Jutaan-Melayang
Sularso, R. A. (2012). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Sikap Dan Niat Pembelian Online (Studi Pada Pembelian Batik Di Jawa Timur). Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 1(2). Https://Doi.Org/10.30588/Jmp.V1i2.72
Usman, F., Nursia, & Suryaningsih. (2023). Pengaruh Keamanan, Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Shopee (Studi Kasus Masyarakat Kota Tarakan). Cross-Border: Journal Of International Border Studies, Diplomacy, And International Relations.
Yusnidar, Samsir, & Restuti, S. (2014). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resikoterhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelianproduk Fashion Secara Online Di Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, 12.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.