Persepsi Peserta Didik Terhadap Kekerasan Verbal oleh Guru di SMP se-Kota Madiun

  • Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
  • Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
Abstract views: 598 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 834

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran bentuk tuturan yang mengarah pada kekerasan verbal sudah sering ditemukan. Dampak kekerasan verbal bukan menjadi sesuatu yang tak perlu diperhitungkan. Meskipun kekerasan verbal tidak berdampak pada kerusakan fisik, tetapi berakibat pada luka psikis bagi korbannya. Oleh karena itu diharapkan dalam kegiatan pembelajaran tidak terjadi kekerasan baik itu kekerasan verbal maupun kekerasan fisik. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kekerasan yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik, mendeskripsikan faktor yang menyebabkan terjadinya kekerasan verbal, dan dampak yang diakibatkan oleh tindakan kekerasan verbal oleh guru terhadap peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan data penelitian ini berupa angket. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat diketahui bahwa bentuk kekerasan verbal yang dilakukan oleh guru bermacam-macam antara lain mengancam, memarahi, mengumpat, memaki, dan sebagainya. Faktor yang mempengaruhi kekerasan verbal tersebut berasal dari peserta didik dan guru, Faktor peserta didik yang paling banyak mempengaruhi terjadinya kekerasan verbal dalam pembelajaran.

Author Biographies

, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun

Pangkat: Asisten Ahli

, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun

References

Baryadi, I. Praptomo. 2012. Bahasa, Kekuasaan, dan Kekerasan. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Brendgen et.al.2006. Verbal abuse by the teacher during childhood and academic, behavioral, and emotional adjustment in young adulthood. E-Journal of The American of Pediatrics. Vol.117 No.5 May 1, 2006 pp. 1585-1598.

Eriyanti, Ribut Wahyu. 2011. Kekerasan Verbal dalam Pembelajaran di SMP Kota Malang. Program Pascasarjana UM: Disertasi.

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Parsons, Les. 2009. Bullied Teacher Bullied Student. Terjemahan G. Warong. Jakarta: Grasindo.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Menyibak Kurikulum 1984. Yogyakarta: Kanisius.

Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumarsono dan Paina Partana. 2004. Sosiolinguistik (Cetakan Kedua). Yogyakarta.: SABDA.

(www.kagama.harianbernas.com/berita-25752-Membongkar-Kekerasan-Verbal-dan-Menggagas-Komunikasi-yang-Humanis.html). Diakses 5 Desember 2016
Published
2019-11-21
How to Cite
, & . (2019). Persepsi Peserta Didik Terhadap Kekerasan Verbal oleh Guru di SMP se-Kota Madiun. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 81-98. https://doi.org/10.25139/fn.v2i2.1715
Section
Articles