Aspek Semiotik dan Nilai Pendidikan Karakter pada Lirik Tembang Dolanan Karya Sunan Giri
Abstract
Dalam Penelitian ini, Peneliti memilih meneleliti tembang dolanan karya Sunan Giri terdapat banyak nila-nilai pendidikan yang diajarkannya, Namun untuk saat ini tembang dolanan karya wali songo dan juga Karya Sunan Giri kurang dikenal dikalangan remaja, remaja saat ini malah lebih mengenal lagu-lagu pop, dangdut dan rege yang diciptakan dan dinyanyian oleh para penyanyi lirik-liriknya yang membuat mereka tertarik untuk mempelajarinya dan menghafalkanya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aspek semiotik dalam teks lirik tembang dolanan karya Sunan Giri dan Nilai pendidikan karakter karya Sunan Giri dengan Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sehingga dalam hasil penelitian ini dipaparkan teks tembang dolanan karya Sunan Giri dengan mengunakn teori aspek semiotik dan Nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian ini diharapkan memberi manfaat pemahaman dan menjadi bahan pengembangan yang lebih baik tentang aspek semiotik dan nilai pendidikan karakter yang ada di masyarakat melalui artefak dan legenda dari sunan Ampel dengan sunan Bungkul.Bermanfaat untuk memberikan pengajaran di Sekolah mengenai kesastraan.Bermanfaat bagi masyarakat untuk memahami dan mewariskan artefak dan legenda kepada anak cucunya.
References
Endraswara, Suwardi. 2005.Tradisi Lisan Jawa : Warisan Abadi Budaya Leluhur. Yogyakarta : Narasi
Bakri, 2017. sejarah Sunan Giri dan Pemerintahan Gersik Selayang Pandang. Yayasan Makam Sunan Giri
Wellek, Rene dan Austin Warren. 1995. Teori Kesusastraan (Terjemahan oleh Budianta). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Tinarbuko, Sumbo. 2008. Semiotik Komunikasi Visual. Jakarta: Jalasutras
Jurnal Ilmiah Fonema by http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/pbs is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.