REALISASI PRINSIP KERJA SAMA (MAKSIM) DALAM PERCAKAPAN ANAK USIA PRASEKOLAH


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan prinsip kerja sama (maksim)) dan mendeskripsikan pelanggaran prinsip kerja sama (maksim) dalam percakapan anak usia prasekolah. Data penelitian ini dipoeroleh dari metode rekam, sedangkan metode yang digunakan untuk analisi data adalah deskriptif kualitatif. Hasil dan temuan penelitian menunjukkan bahwa realisasi prinsip kerja sama dalam percakapan anak usia prasekolah untuk prinsip kerja sama (maksim) kuantitas dari 50 percakapan sejumlah 30 percakapan (60%) sudah sesuai, sedangkan 20 percakapan (40%) belum sesauai. Untuk prinsip kerja sama (maksim) kualitas dari 50 percakapan sejumlah 32 percakapan (64%) sudah sesuai, sedangkan 18 percakapan (36%) belumsesuai. Untuk Prinsip kerja sama (maksim) relevansi dari 50 percakapan sejumlah 13 percakapan (26%) sesuai sedangkan 37 percakapan (74%) tidak sesuai. Adapun untuk maksim cara dari 50 percajapan sejumlah 15 percakapan (30%) sesuai sedangakan 35 percakapan (70%) tidak sesuai. Temuan penelitian prinsip kerja sama (maksim) dalam percakapan anak usia prasekolah adalah anak menunjukkan bahwa dalam berkomunikasi kurang mematuhi aturan kerja sama sehingga memberikan jawaban yag berlebih-lebihan, anak memberikan jawaban yang berbelit-belit, anak memberikan jawaban yang tidak relevan dengan masalah.
References
Bogdan and Taylor. 1975. Introduction to Qualitative research to The Social Science. Johnand Sons Inc: New York.
Givon,T.1979. On Understanding Grammar. New York: Academic Press.
Grice, H.P.1975. Logic and Conversation. New York: Academic Press.
Holmes, Janet. 1990. An Introduction to Sociolinguistics. Longman, London and New York.
Mey, Jacob L. 1994. Pragmatik An Introduction. Oxford and Cambridge Black-well.
Moleong, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Nasution. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Yogyakarta: UGM University Press.
Samsuri. 1991. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.
Sudaryanto. 1991. Metode Linguistik. Yogyakarta: UGM University Pess.
Suyono. 1990. Pragmatik Dasar-Dasar Pengajaran. Malang: YA3.
Yulianto, Bambang. 2001. Perkembangan Fonologis Tuturan Bahasa Indonesia Anak: Suatu Tinjauan Berdasarkan Fonologi Generatif, Desertasi UNM. Tidak Diterbitkan.
Yusuf, Syamsu. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jurnal Ilmiah Fonema by http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/pbs is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.