Diksi, Pengimajian, dan Tipografi pada Puisi “Terengah-Engah dalam Tabung dan Selang” Oleh Peri Sandi Huizache

  • Nofansyah syah Universitas Diponegoro, Fakultas Ilmu budaya
  • Redyanto Noor Universitas Diponegoro
Abstract views: 42 , PDF downloads: 32
Keywords: Puisi, Diksi, Pengimajian, Tipografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dari diksi, pengimajian, dan tipografi pada puisi yang berjudul Terengah-Engah dalam Tabung dan Selang karya Peri Sandi Huizache. Peneliti menggunakan satu judul puisi dari dua puluh dua judul puisi pada kumpulan puisi esai Mata Luka Sengkon Karta karena bertemakan kemanusiaan dan keadilan yang menjadi fenomena dan realita di negara saat ini. Data dalam pada penelitian kali ini didapatkan dari Kumpulan Puisi Esai Mata Luka Sengkon Karta Karya Peri Sandi Huizache, sedangkan sumber data berupa salah satu puisi dari kumpulan puisi esai tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berarti fakta dan data yang telah dikumpulkan oleh peneliti berbentuk kata atau gambar. Data berupa kata, frasa, dan kalimat yang berkaitan dengan pembahasan pada penelitian dikumpulkan dengan teknik simak catat setelah melalui pembacaan tertutup terhadap objek penelitian. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara teknik pustaka dan juga mencari, mengumpulkan, membaca, dan mempelajari bagian-bagian teks yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas, yaitu mengenai kemanusiaan dan keadilan.Hasil penelitian ini menunjukkan diksi, imaji, dan tipografi dari pada puisi tersebut. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa pada puisi yang berjudul Terengah-Engah dalam Tabung dan Selang karya Peri Sandi Huizache memiliki diksi yang beragam dan pengimajian yang kuat.

References

Fahlevi, & Igbal. (2018). Analisisstruktur Fisik Dan Struktur Batin Puisi Senja Di Pelabuhan Kecil Karya Chairil Anwar. Medan: Universitas Muhammadiyah.
Intan, T., & Prayoga, E. A. (2021). Strategi Kebertahanan Perempuan Lajang dalam Novel Cincin Separuh Hati Karya Netty Virgiantini. Jurnal Online FONEMA Vol 4, Nomor 1, 1-17.
Pradopo, R. (2003). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pradopo, R. (2018). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Suci1, N. A., Nensilianti, & Faisal. (2021). Misery And Faithfulness In. PHONOLOGIE: Journal of Language and Literature Vol.1, No.2, 138-146.
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Teeuw. (2003). Sastera dan Ilmu Sastera. Bandung: Pustaka Jaya.
Uizche, P. S. (2013). Mata Luka Sengkon Karta : Kumpulan Puisi Esai. Jakarta: PT. Jurnal Sajak Indonesia.
Waluyo, H. J. (1987). Teori dan Apresiasi Puisi. Surakarta: Erlangga.
Waluyo, H. J. (2002). Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.
Published
2022-05-27
How to Cite
syah, N., & Redyanto Noor. (2022). Diksi, Pengimajian, dan Tipografi pada Puisi “Terengah-Engah dalam Tabung dan Selang” Oleh Peri Sandi Huizache. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 101-110. https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.4488
Section
Articles