Kesantunan Berbahasa pada Kajian Diskusi “Buat Apa Menulis” di Rayon Bahasa Avicenna (Prinsip Kesantunan Leech)

  • Al Fatih Rijal Pratama UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Bagus Wahyu Setyawan UIN Sayyid Ali Rahmatullah
Abstract views: 886 , pdf downloads: 758
Keywords: Kesantunan berbahasa, Kajian diskusi, Prinsip kesantunan

Abstract

Abstrak. Dalam penelitian ini, mengkaji tentang analisis kesantunan berbahasa pada kajian diskusi “Buat Apa Menulis” di Rayon Bahasa Avicenna dengan prinsip kesantunan Leech. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep kesantunan bahasa menurut prinsip Leech, yang berupa, maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatian. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif  dengan berusaha  mengungkap kesantunan berbahasa pada kajian diskusi “Buat Apa Menulis” di Rayon Bahasa Avicenna dengan menggunakan prinsip kesantunan Leech. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, catat dan rekam. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis induktif untuk menemukan hasil penelitian dengan mengatagorikan hal-hal khusus yang telah ditemukan untuk diarahkan ke kategori umum. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat; (1) bagi pendidik dan calon pendidik, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan dalam proses pendidikan, (2) bagi mahasiswa penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber rujukan dalam penelitian, dan (3) bagi penelitian lain, penelitian ini bisa digunakan untuk perbandingan atau referensi bagi peneliti yang relevan.

References

Dari, A. W., W, D. E. C., & Sugiyati, S. (2017). 3 1,2,3. 10–21.

Ihsan, W. P. dan N. (2019). Kekearasan Bahasa Di Media Daring Nasional. Deepublish.

Kristina, A. (2020). Belajar Mudah Metode Penelitian Kualitatif. Rumah Media.

Maksim, K., & Geoffrey, M. (n.d.). KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PANTUN SEUMAPA. 1, 636–648.

Niyas Naeni, M. Bayu Firmansyah, T. R. (2021). Maksim Sopan Santun Dalam Pemanfaatan Media Kemitraan Vidio Youtube Pada Podcast Deddy Cobuzer Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Digital. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional, 01, 189–200.

Pramujiono, A. (2020). Kesantunan Berbahasa dan Pendidikan Karakter yang Humanis. Indocamp.

Prespektif, D., & Majemuk, K. (2016). Sosial Dan Sekaligus Menjadi. 16(2), 58–73.

Rahardi, K. (2005). Pragmatik Kesantunan Imeratif Bahasa Indonesia. PT. Gelora Akasara Pratama.

Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik Kesantunan Imperarif Bahasa Indonesia. Erlangga.

Sugiyono. (2013). Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahidah, Y. L. (2017). MENURUT LEECH PADA TUTURAN BERBAHASA ARAB GURU PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA TAHUNAJARAN 2016 / 2017 ( KAJIAN PRAGMATIK ). 2017.

Wijayanti, I. D. A. D. W. I. (2020). No Title.

Yaakob, N., Mohd Kiram, N., Kamarudin, K., & Zainon Hamzah, Z. (2011). Kesopanan berbahasa dalam aktiviti Program Latihan Khidmat Negara (PLKN). Journal of Human Capital Development, 4(1), 53–76.

Published
2022-09-10
How to Cite
Al Fatih Rijal Pratama, & Setyawan, B. W. (2022). Kesantunan Berbahasa pada Kajian Diskusi “Buat Apa Menulis” di Rayon Bahasa Avicenna (Prinsip Kesantunan Leech). Jurnal Ilmiah FONEMA, 5(2), 82-103. https://doi.org/10.25139/fn.v5i2.4644
Section
Articles