Relevansi Hipotesis Pemantau dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Project Based Learning di SMP Berbasis Luring

  • Desty Ayu Agustin Universitas Muhammadiyah Malang
  • Gigit Mujianto Universitas Muhammadiyah Malang
Abstract views: 222 , pdf downloads: 233
Keywords: bahasa kedua, hipotesis, pjbl, psikolinguistik

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang karakteristik hipotesis pemantau pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model project based learning di SMP/MTs berbasis luring. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui atau mendeskripsikan dengan menganalisis pemerolehan Bahasa kedua tentang aspek hipotesis pemantau dan aspek pelaksanaan project based learning sesuai dengan proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis video PPG Universitas Muhammadiyah Malang 2022dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikolinguistik untuk mendekati permasalahan pemerolehan Bahasa kedua terkait hipotesis pemantau. Karakteristik hipotesis pemantau mencakup beberapa aspek yang dapat membantu optimalisasi belajar yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik. Diantaranya yaitu pengoreksi dan penyunting Bahasa, kefasihan berbicara, pemerolehan bahasa kedua, dan juga pengucapan atau gaya bahasa. Pelaksanaan project based learning memiliki beberapa komponen sebagai struktur proses belajar mengajar. Komponen tersebut terdiri dari penentuan pertanyaan dasar atau proyek, perencanaan desain proyek, penyusunan jadwal proyek, penyelesaian proyek dengan monitoring, pengujian hasil proyek, dan juga evaluasi. Relevansi karakteristik hipotesis pemantau pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan pemerolehan Bahasa kedua memerlukan adaptasi komunikasi, latihan terus- menerus, dan stimulus dari guru.

References

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408–415.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor Ghalia Indonesia.

Jalaluddin, J. (2016). Model-model pembelajaran dan implementasi dalam RPP. Media Mutiara Lentera

Muliawati, H. (2014). Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua Bagi Orang Asing Melalui Proses Attitude dan Aptitude. Deiksis Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).

Nurlaila, N. (2021). Konsep Pemerolehan Bahasa dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 12(1), 47-64.

Setiyadi, A. C., & Salim, M. S. U. (2013). Pemerolehan bahasa kedua menurut Stephen Krashen. At-Ta'dib, 8(2).

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2020). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(2).

Syaprizal, M. P. (2019). Proses pemerolehan bahasa pada anak. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 1(2), 75-86.

https://youtu.be/WkuceM7W5Ew

https://youtu.be/WED1SkMotvU

Published
2023-05-11
How to Cite
Agustin, D. A., & Mujianto, G. (2023). Relevansi Hipotesis Pemantau dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Project Based Learning di SMP Berbasis Luring. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 88-100. https://doi.org/10.25139/fn.v6i1.6107
Section
Articles