Representasi Perempuan yang Tercermin dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila Salikha Chudori

  • Siti Rabiatul Akhirah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • David Setiadi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Firdaus Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Abstract views: 242 , pdf downloads: 246
Keywords: perempuan, kritik sastra feminis, ideologi personal, aktivis perempuan, novel

Abstract

Novel Laut Bercerita merupakan novel yang mengangkat isu feminis. Novel yang memiliki latar belakang sejarah reformasi Indonesia tahun 1998 ini memperlihatkan dua sudut pandang yang melibatkan dua generasi yang terpisah dalam perjalanan hidup tokohnya. Sudut  pandang tersebut salah satunya menyoroti tokoh perempuan dalam menggambarkan peristiwa sejarah dan perspektif yang berbeda dalam memahami dan menghargai pengalaman perempuan dalam konteks sosial dan politik di Indonesia. Penelitian penting dilakukan untuk melihat ideologi personal perempuan yang tercermin dalam novel Laut Bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan ideologi personal perempuan yang terdapat dalam novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori dengan menggunakan pendekatan kritik sastra feminis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif-kualitatif. Hasil dari penelitan ini terdapat representasi ideologi personal perempuan berupa kepemimpinan perempuan dan familialime yang tercermin dari tokoh perempuan pada novel Laut Bercerita. Tokoh-tokoh perempuan tersebut adalah Kinan, Asmara, Ibu dan Anjani. Tokoh-tokoh perempuan dalam cerita digambarkan melakukan negosiasi dalam menyuarakan kesetaraan dan pemberdayaan perempuan dengan menunjukkan adanya kepemimpinan perempuan. Selain itu, tokoh-tokoh perempuan dalam cerita dijadikan sebuah model atau prototipe perempuan yang secara normatif berterima dengan kebudayaan yang mapan. Hal ini dapat disebut sebagai ideologi familialisme yang menggambarkan individu perempuan sebagai perempuan/ibu, perempuan/istri, dan perempuan/anak.

Author Biographies

David Setiadi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Asep Firdaus, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

ARYANTO, D. E. 2020. Feminisme Eksistensialisme dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori. Kadera Bahasa, 12, 121-128.

CHUDORI, L. S. 2017. Laut Bercerita, Jakarta, Kepustakaan Populer Gramedia.

CITRA, D., FIRDAUS, A. & SUPARMAN, F. 2021. Representasi Ketidakadilan Terhadap Perempuan Dalam Tiga Cerita Pendek Karya Asma Nadia. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 4, 59-69.

DAMONO, S. D. 2015. Trilogi Soekram, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

MUYASSAROH 2021. DOMINASI IDEOLOGI FAMILIALISME TERHADAP DISKRIMINASI PEREMPUAN PADA NOVEL-NOVEL INDONESIA. SALINGKA, 18, 185-201.

QUATRO, M. 2013. Notasi, Jakarta, Gagas Media.

SETIADI, D. 2015. Aroma Tubuh Gadis Pantai: Eksploitasi Perempuan dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer.

SETIADI, D., PRIYATNA, A. & RAHAYU, L. M. 2023. The Portrayal of Women in the Works of Sugiarti Siswadi as the Manifestation of Lekra and Gerwani Ideology. Pertanika Journal of Social Science and Humanities, 31, 527 - 543.

SUGIYONO 2022. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung, Alfabeta.

T, M. 2006. Sekuntum Nozomi: Buku Ketiga, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

UTAMI, A. 1998. Saman, Jakarta, Kepustakaan Polpuler Gramedia.

UTAMI, A. 2001. Larung, Jakarta, Kepustakaan Populer Gramedia.

WIYATMI 2017. Perempuan dan Bumi dalam Sastra: dari Kritik Sastra Feminis, Ekokritik, sampai Ekofeminis, Yogyakarta, Cantrik Pustaka.
Published
2023-11-02
How to Cite
Akhirah, S. R., Setiadi, D., & Firdaus, A. (2023). Representasi Perempuan yang Tercermin dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila Salikha Chudori. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 101-117. https://doi.org/10.25139/fn.v6i2.6518
Section
Articles