Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Sukabumi

  • Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Abstract views: 645 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 472

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah metode pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran menulis puisi serta hasil menulis sebelum dan setelah implementasi. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Negeri 1 Sukabumi tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Prosedur penelitiannya dilakukan dengan tiga tahapan yaitu pelaksanaan tes awal menulis puisi, implementasi discovery learning dan tes akhir menulis puisi. Purposive sampling digunakan sebagai teknik pemngambilan sampel dengan berdasarkan karakteristik dan rekomendasi guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia. Sampel yang dipilih yaitu siswa kelas VIII 5. Hasilnya penelitian ini menunjukan bahwa implementasi discovery learning dalam pembelajaran dapat dilaksanakan dengan tahapan, yaitu: pendahuluan pembelajaran dengan penyampaian tujuan pembelajaran menulis puisi; pembentukan kelompok belajar; pemberian stimulus teks puisi yang difasilitasi oleh guru; mengdeintifikasi permasalahan mengenai proses kreatif menulis puisi; mengumpulkan data dari berbagai sumber mengenai proses kreatif menulis puisi; mengolah data yang diperoleh dengan bimbingan guru melalui penciptaan teks puis; menyampaikan hasil diskusinya, dan menyimpulkan proses penulisan kreatif menulis puisi. Adapun hasil menulisnya terdapat kenaikan yang signifikan dari rata-rata tes awal sebesar 76 menjadi 82.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
D, B. (2008). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Person Education.
Gloriani, Y. (2014). Pengkajian Puisi Melalui Pemahaman Nilai-Nilai Estetika Dan Etika UntukMembangun Karakter Siswa. Metasastra, Volume 3.
Nurhadi. (2017). Handbook of Writing: Panduan Lengkap Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Pradopo, R. (2012). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sani, K. dan. (2014). Strategi-Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Model penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisna, D. (2016). Pengajaran Sastra Dengan Konsep Integralistik Sebagai Media Revolusi Mental Generasi Masa. Bandung: UPI.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis: : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2020-11-26
How to Cite
, , & . (2020). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Sukabumi. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 113-126. https://doi.org/10.25139/fn.v3i2.2823
Section
Articles