Pengaruh Visual Merchandising, Store Atmosphere dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying di KKV Tunjungan Plaza Surabaya

  • Nuzulul Elvina Putri Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Dian Ferriswara Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Andry Herawati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 987 , Full Text downloads: 341
Keywords: E-WOM, E-Service Quality, Keputusan Penggunaan

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi di dunia sudah semakin cepat. Penggunaan teknologi dalam transaksi keuangan yang semakin berkembang pesat membuat tren pembayaran digital sudah mulai dikenal. Kini pembayaran menggunakan kartu (cashless) dan dompet digital (e-wallet) semakin marak di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-wom dan e-service quality terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA di Kabupaten Jombang secara simultan dan parsial. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berdomisili di Jombang dengan minimal berusia 17 tahun dan telah menggunakan e-wallet DANA minimal satu kali. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus moe, sehingga didapat sampel sebanyak 96 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, dokumentasi, dan kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-wom dan e-service quality secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA di Kabupaten Jombang.

 
Published
2024-04-04
How to Cite
Nuzulul Elvina Putri, Ferriswara, D., & Herawati, A. (2024). Pengaruh Visual Merchandising, Store Atmosphere dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying di KKV Tunjungan Plaza Surabaya. Soetomo Administrasi Bisnis, 2(1), 111 - 124. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/8122
Section
Naskah