PENGARUH TEKANAN AKADEMIK, KESEMPATAN KECURANGAN AKADEMIK DAN RASIONALISASI KECURANGAN AKADEMIK TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA

  • Achmad Zubairi Universitas Dr Soetomo Surabaya
Abstract views: 392 , PDF Journal downloads: 377
Keywords: Tekanan, Peluang, Rasionalisasi

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh tekanan, kesempatan dan rasionalisasi pada
mahasiswa terhadap perilaku kecurangan akademik. Kecurangan akademik bukanlah hal
baru dalam dunia pendidikan, khususnya di Indonesia. Kecurangan akademik adalah
perilaku tidak jujur yang dilakukan secara sadar oleh mahasiswa untuk kepentingan dirinya
sendiri dan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan,
kesempatan dan rasionalisasi terhadap perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa
Universitas Dr. Soetomo Surabaya secara simultan dan parsial.
Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Dr.
Soetomo Surabaya. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang dibuat
menggunakan google form, kemudian kuesioner disebarkan melalui aplikasi whatsapp
kepada responden yaitu sebanyak 50 responden. Penentuan sampel dalam penelitian ini
menggunakan metode purposive sampling, dimana penentuan sampel dibatasi pada orangorang tertentu saja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
regresi linier berganda, dengan bantuan komputer menggunakan program SPSS versi 23.
Berdasarkan pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa tekanan, peluang dan
rasionalisasi perilaku kecurangan akademik di kalangan mahasiswa Universitas Dr.
Soetomo secara simultan berpengaruh. Sementara itu, sebagian tidak berpengaruh.

References

Ainissyifa, H. (2012). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam.

–26.

Amin, I. D. M. C. M. & M. (2019). Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi Dengan Menggunakan Konsep Fraud Triangle. E-Jra, vol.08 no., 136–147.

Ariani, R., Pusporini, A. Y., & Priono, H. (2017). Fraud Triangle Pada Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Pada SMK Negeri 10 Surabaya). Jurnal Mebis (Manajemen Dan Bisnis), 3(2), 26–37. https://doi.org/10.33005/mebis.v3i2.33

Aulia, F. (2015). Faktor-Faktor yang Terkait dengan Kecurangan Akademik pada Mahasiswa. Jurnal RAP UNP, 6(1), 23–32. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6647

Deliana, Abdurrahman, & Nursiah. (2017). Perilaku Kecurangan Akademik (Academic Fraud) Mahasiswa Akuntansi pada Perguruan Tinggi Negeri di Sumatera Utara. Proceedings: Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainable Business Practice, 1995, 772–779.

Dewi, K. N. A., Sulindawati, N. L. G. E., & Sujana, E. (2017). Pendidikan dan non pendidikan di universitas pendidikan ganesha dengan konsep “ fraud triangle .” E-Journal S1 AK Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2).

Diaz Priantara, Ak, SE, MSi, CICA, C. C. C. (2013). Fraud Auditing & Investigation. Mitra Wacana Media.

Dr. Marzuki, M. A. (2015). Pendidikan Karakter Islam (N. L. Nusroh (ed.); 1st ed.). AMZAH.

Drs..Toto Syatori Nasehudin dan Drs,Nanang Gozali, M. A. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif.

Fitriani, A. dan Z. B. (2012). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi: Dimensi Fraud Triangle. Akuntansi Multiparadigma, 3 no 2, 242–254.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS

Universitas Diponegoro.

Marliani, M., & Jogi, Y. (2015). Persepsi Pengaruh Fraud Triangle Terhadap Pencurian Kas. Journal Business Accounting Review, 3, 21–30.

Motifasari, E. (2019). Pengaruh Dimensi Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa (studi pada mahasiswa prodi akuntansi di perguruan tinggi kota malang). 1–60.

Motifasari, E., Maslichah, & Mawardi, M. C. (2019). Pengaruh Dimensi Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi di Perguruan Tinggi Kota Malang). E-Jra, 08(08), 66–85.

http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/4251 Mulyadi, M. (2011). PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA

PEMIKIRAN DASAR MENGGABUNGKANNYA. 15(1), 127–138.

Nur sayidah,Aminullah Assagaf, S. J. H. dan M. (2019). Akuntansi Forensik Dan Audit Investigatif (1st ed.). Zifatama Jawara.

Prof.dr.Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Purnamasari, D. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecurangan akademik pada mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1), 13–21. file:///D:/My Documents/Downloads/2581-Article Text- 5082-1-10-20131203.pdf

Rahmanta, Ray, dan S. I. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecurangan (fraud) Di Sektor Pendidikan Kota Semarang. 3(3), 387–398.

Rianie, N. (2018). PENDEKATAN DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM (

Sebuah Perbandingan dalam Konsep Teori Pendidikan Islam dan Barat ). 1(2), 105–117.

Saidina, D. ananda, Nurhidayati, H., & Mawardi, m. C. (n.d.). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Kecurangan Akademik Dalam Perspektif Fraud Triangle Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang. 25–38.

Sayidah, N. (2018). Metodologi Penelitian (edisi 1).

Sayyid, A. (2015). Pemeriksaan Fraud Dalam Akuntansi Forensik Dan Audit Investigatif. Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(2), 137–162. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v13i2.395

Suprajadi, L. (2009). Teori Kecurangan, Fraud Awareness dan Metodologi untuk Mendeteksi Kecurangan Pelaporan Keuangan. 13(2), 52–58. https://doi.org/10.26593/be.v13i2.722.%p

Surtika, D., Rispantyo, & Kristianto, D. (2017). Pengaruh Dimensi Fraud Triangle (Tekanan, Kesempatan Dan Rasionalisasi) Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi Vol. 13 No 4 Desember 2017: 464

– 472, 13(February), 464–472.

Syahid, A. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG

ISLAMI Elihami Elihami Abdullah Syahid A . Pendahuluan Pendidikan Agama Islam sebagai suatu proses ikhtiyariyah mengandung ciri dan watak khusus , yaitu proses penanaman ,. 2, 79–96.

Wahyuni, W., & Budiwitjaksono, G. S. (2017). Fraud Triangle Sebagai Pendeteksi Kecurangan Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi, 21(1), 47. https://doi.org/10.24912/ja.v21i1.133

Walid, M. (2011). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN

TINGGI AGAMA ISLAM ( Studi tentang Pendidikan Karakter Berbasis Ulul albab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ). 1(April), 115–156.

Widianto, A., & Sari, Y. P. (2017). Deteksi Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa D Iii Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal Dengan Modelfraud Triangle. Jurnal AKSI (Akuntansi Dan Sistem Informasi), 1(1), 29–37. https://doi.org/10.32486/aksi.v1i1.93

Widiastuti, M. dwi. (2019). Pengaruh Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik. 1–28.

Published
2023-06-19
How to Cite
Achmad Zubairi. (2023). PENGARUH TEKANAN AKADEMIK, KESEMPATAN KECURANGAN AKADEMIK DAN RASIONALISASI KECURANGAN AKADEMIK TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA. Soetomo Accounting Review, 1(3), 297-314. https://doi.org/10.25139/sacr.v1i3.6481
Section
Articles