PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN PEMAHAMAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Atambua)

  • Vita Reseli Maria Nono Universitas Dr Soetomo Surabaya
  • Alvy Mulyaning Tyas Universitas Dr Soetomo Surabaya
Abstrak views: 1321 , PDF Journal (English) downloads: 842

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan Pemahaman Wajib Pajak secara simultan dan parsial Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Penelian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh didapatkan melalui penyebaran kuesoner kepada wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Atambua yaitu sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2 ), uji simultan (F) dan uji parsial (t) dengan bantuan program SPSS for windows versi 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel independen memiliki pengaruh yang
signifikan positif terhadap variabel dependen. Secara parsial, variabel Sosialisasi Perpajakan (X1) dan Pemahaman Wajib Pajak (X2) berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Y). Secara simultan, variabel Sosialisasi Perpajakan (X1) dan Pemahaman Wajib Pajak (X2) berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Y).

Referensi

Adi, M. D. (2018). Pengaruh Pemahaman Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Pada Wajib Pajak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Purba, Biatar Pandapotan. 2016. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Pelayanan Fiskus Sebagai Variabel Moderating Di Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Kembangan. Media Akuntansi Perpajakan Vol.1 No.2

Andriani, Y., & Herianti, E. (2015). Pengaruh Sosialisasi Pajak, Pemahaman Perpajakan, Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak MKM (Studi empiris UMKM di Pasar Tanah Abang, Jakarta Tahun 2013- Agustus 2015). Universitas Muhammadiyah Surakarta, 487-496.

Fikriningrum, W. K., & Syafruddin, M. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kewajiban Membayar Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Candisari). 1, 1-15.

Lim, S. A., & Indrawati, L. (2018). Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Jawa Timur, Indonesia. BIP's Jurnal Bisnis Perspektif, 10(2), 88-108.

Monalisa, M., & Alma, C. (2020). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Pengetahuan Perpajakan, Dan Sanksi Pajakterhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pemilik Usaha Mikro Dan Kecil.

Pristiawati, A. (2021). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pelayanan Kesadaran Wajib Pajak, Dan Pemahaman Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19.

Priyanti, E. S. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan pemilik usaha kecil menengah untuk membayar pajak penghasilan pada kota bangkinang skripsi

Putri, M. R. (2016). Pengaruh Kesadaran Perpajakan Dan Pemeriksaan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Menyampaikan SPT Tahunan.

Putu, L., & Cahyani, G. (2019). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Pengaruh Tarif Pajak Pemahaman Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia Artiryani, D. (2019). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Sosialisasi Perpaj Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan UMKM Universitas

Sumatera Utara

Mardiasmo. (2016). Perpajakan, Edisi Revisi 2016. Yogyakarta CV Andi Offet. Aulia, Y. (2019). Dalan Gengganan Revolusi Industri 4.0. Direktorat Jenderal Pajak https://www.pajak.go.id/id/artikel/dalam-gengganas-revolusi

industri-40. Diakses 14 Oktober 2011

Ananda, Pasca Rizki Dwi, dick (2015). Pegaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatihan Wajib Pajak. 6(2), 1-7. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Fidel. (2010). Cara Mudah dan Praktis Memahami Masalah-Mazalah Perpajakan Jakarta: Muara Kencana

Fauzi, A Kertahadi, Mirza. M. (2016), (2016). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Tarif Pajak dan Asas Keadilan Terhadap Kepatuhan Pajak (Stadi Pada Wajib Pajak UMKM yang berada di Wilayah Kerja KPP

Pratama Batu). Jurnal Perpajakan vol.8 No.1. 8(1), 2016.

Julianti, M. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak orang pribadi untuk membayar pajak dengan kondisi keuangan dan preferensi wajib pajak sebagai variabel moderating. Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 793-807.

Ajzen, L. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behaviorand Human Decision Processes, vol. 50 No.2. 50(2), 1991.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitarif Kuwaitif dan R&D. Edisi Revisi Bandung. Alfabera (Vol. 1, Issue 1).

Rahayu Siti Kumia (2017). Perpajakan Konsep Dan Aspek Formal. Bandung.

Rekayasa Sain

Sumarsan, Thomas. 2015. Perpajakan Indonesia. Edisi 4. Jakarta. PT Indeks.

Tri, W. (2016). Pengaruh pemahaman wajib pajak, tarif pajak, mekanisme pembayaran pajak dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak umkm bidang mebel di Surakarta. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2016.

Waluyo (2010). Perpajakan Indonesia. Edisi Kesembilan Jakarta. Salemba 4. Sulis Darmanto. (2018). Pengaruh Sosialisasi, Pemahaman Wajib Pajak Atas PP No.46 Tahun 2013 dan Implementasi Self Assessment System Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Makassar Utara. 46, 2018.

Santoso, Wahyu. (2008). Analisis Resiko Ketidakpatuhan Wajib Pajak Sebagai Dasar Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak. 5(1), 2008.

(Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan, 2007)

(Pemerintah Republik Indonesia). (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah In UU No. 20 Tahun 2008 (Issue 1, pp. 1-31).

Diterbitkan
2023-09-25
Bagian
Articles