Implementasi Program Indonesia Pintar pada Jenjang Sekolah Dasar di SDN Siwalankerto 1 Surabaya


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Program Indonesia Pintar di jenjang sekolah dasar, khususnya di SDN Siwalankerto 1 Surabaya. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, konteks penelitian deskriptif kualitatif bersumber dari hasil wawancara secara langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan, yang bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, dilakukan analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teori yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan teori Meter dan Van Horn. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Standar dan sasaran kebijakan, terlihat dari siswa yang putus sekolah belum sepenuhnya bisa melanjutkan sekolah dan jadwal penerimaan PIP tidak sesuai standar serta implementor kurang tepat sasaran; (b) Sumber daya, dilihat dari kurangnya sumber daya manusia yang ahli, sehingga harus ada pelatihan kembali untuk penugasannya; (c) Hubungan antar organisasi masih kurang dan tidak menyeluruh; (d) Sikap implementor yang harus diperhatikan tidak tersedianya fasilitas untuk menunjang pelaksanaan program PIP; (e) Karakteristik agen pelaksana harus diperhatikan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya dan standar yang belum sesuai yaitu kurang tepat sasaran; serta (f) Kondisi sosial, ekonomi dan politik terlihat dari kecemburuan sosial yang terjadi antar masyarakat. Saran yang diperlukan yaitu diadakannya sosialisasi yang menyeluruh dan intensif baik dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya maupun SDN Siwalankerto 1 khususnya kepada wali murid. Petugas PIP dianjurkan dapat memberikan informasi dan komunikasi mengenai mekanisme penetapan sasaran PIP, serta diadakannya monitoring dari pendataan penerima dana PIP.
Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Program Indonesia Pintar, Sekolah Dasar