Inovasi Pelayanan Sertifikasi Benih pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur


Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi layanan publik Unit Pelaksana Teknis Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPT. PSBTPH) Provinsi Jawa Timur, khususnya sistem sertifikasi benih secara online. Penelitian ini menggunakan teori E.M. Rogers & Shoemaker serta mempertimbangkan berbagai faktor yang melatarbelakanginya. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah meningkatkan efisiensi pelayanan UPT. PSBTPH Provinsi Jatim terhadap produsen benih di Jawa Timur, sehingga dapat tercapai tujuan sertifikasi yaitu memelihara kemurnian dan mutu benih varietas unggul, serta menjamin ketersediaan benih secara berkelanjutan bagi para petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan UPT. PSBTPH Provinsi Jatim melalui sertifikasi benih secara online telah mempercepat proses administrasi. Inovasi ini juga memudahkan petugas layanan dan membantu petani produsen, karena mereka tidak perlu datang ke Surabaya untuk mengurus administrasi sertifikasi benih. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, pihak UPT. PSBTPH Provinsi Jatim masih mampu mengatasi tantangan tersebut.
Kata Kunci: Inovasi Pelayanan Publik, Sertifikasi Benih, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan