Analisis pengaruh budaya organisasi, gaya kepemimpinan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening terhadap kinerja pejabat imigrasi pada kantor imigrasi kelas i tpi tanjung perak

  • Universitas dr Soetomo
  • Universitas dr Soetomo
Abstract views: 688 , PDF downloads: 390

Abstract

This study aims to examine the analysis of organizational culture factors and leadership styles through job satisfaction as anintervening variable on the performance of Immigration Officer Employees at TPI Tanjung Perak Class I Immigration Office. Theanalysis technique used to analyze the effect of intervening variables is used the path analysis method, with several tests conducted,among others, validity test, reliability test, descriptive analysis, classic test which includes multicollinearity test, autocorrelation test,heteroscedasticity test and normality test. The population in this study were Immigration Officers at TPI Tanjung Perak Class IImmigration Offices by 245 people, the size of the sample based on the Slovin formula in this study was as many as 71 ImmigrationOfficials at the Tanjung I TPI Class I Immigration Office. The results of the path analysis prove that Organizational Culture has apositive and significant indirect effect on the Performance of Immigration Officers at the Class I Immigration Office of TPI TanjungPerak mediated by Job Satisfaction. This is evidenced from the results of the t-test where the t-count of 2.164 Organizational Cultureis greater than the t- table of 1.990. Meanwhile, Leadership Style has an indirect positive and significant effect on the Performance ofImmigration Officers at the Class I Immigration Office of TPI Tanjung Perak mediated by Job Satisfaction. This is evidenced by theresults of the t-test where the t- count of 2.103 Leadership Style is greater than the t-table of 1.990.

Keywords:  organizational   culture; leadership   style; job satisfaction; employee performance.

References

Aji, Muhammad dan Palupiningdyah. 2016. Pengaruh Servant Leadership Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Burnout Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal 5(3): 178-188.

Akbar, Evvien dan Nurhidayati. 2018. Peningkatan Kinerja Melalui Servant Leadership, Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Pada Dinas Pertanian Kabupaten Demak. EKOBIS. 19(1): 35-48.

Asikin, Iin. 2015. Pengaruh Kepercayaan Dan Penghargaan Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Tribun Jakarta Pusat. Journal of Applied Business and Economics 2(2): 161-172.

Damaryanthi, Anak Agung Intend dan Anak Agung Sagung Kartika Dewi. 2016. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasi, Dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Pegaw ai FEB”, E- Jurnal Manajemen Universitas Udayana 5(2): 790-820.

De Leon, M. V., Atienza, R. P., & Susilo, D. (2020). Influence of self-service technology (SST) service quality dimensions as a second-order factor on perceived value and customer satisfaction in a mobile banking application. Cogent Business & Management, 7(1), 1794241.

Fatchurahman, M. dan Herlan Pratikto. 2012. Kepercayaan Diri, Kematangan Emosi, Pola Asuh Orang Tua Demokratis dan Kenakalan Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia 1(2): 77-87

Fajriah, N., dan Darokah, M. 2016. Pengaruh Efikasi Diri Dan Persepsi Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Dengan Employee Engagement Sebagai Variabel Mediator Pada Karyawan BMT BIF Yogyakarta. Jurnal HUMANITAS 13(1): 37-49

Fratama,Annisa, Dandes Rifa dan Yunilma. 2016.Pengaruh Self Cofidence, Locus of Control, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Fakultas Ekonomi 2)1): 1-12.

Ghozali, Imam, Hengky Latan. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang

Gunawan, Budi. 2017. Pengaruh Servant Leadership, Kompensasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Di Kabupaten Lampung Tengah. Tesis. Program Pasca Sarjana Magister Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Penerbit PT Bumi Aksara. Jakarta.

Mangkunegara A.A Prabu, 2011. Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia. refika aditama: Bandung.

Mei, I., Dan Visantia. (2013). Pengaruh Efikasi Diri Dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Pemilik Toko Pakaian Di Pusat Grosir Metro Tanah Abang. Jurnal Manajemen.13(1): 1-16.

Mira, Wike Santa dan Meily Margaretha. 2012. Pengaruh Servant Leadership Terhadap Komitmen Organisasi Dan Organization Citizenship Behavior. Jurnal Manajemen 11(2): 189-206.

Musakabe, H. (2004). Mencari Kepemimpinan Sejati, di Tengah Krisis dan Reformasi.

Penerbit Citra Insan Pembaru.Jakarta.

Mustari. 2014. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Laksbang Pressindo.

Yogyakarta.

Nadir, Muhammad. 2016. Pengaruh servant leadership, karakteristik individu,Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional Dan Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.Jurnal Pendidikan PEPATUDZU 1(2): 38-50.

Northouse, Peter. G, 2013. Kepemimpinan: Teori dan Praktik. Edisi Keenam. Indeks. Jakarta.

_ _.. 2016. Leadership: Theory and Practice. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Parjiyana, Susantodan M Syafril Nusyirwan3. 2015. Effect of Job Satisfaction And Self Efficacy To The Performance Of Nurse RsjdDr. RM. Soedjarwadi Province Central Java. Buku Prosiding Konferensi Nasional Ke-2.

Ratnasari, Siwi Dyah dan Agus SalimAndriansyah. 2014. Effect of Self Confident and Self- Assessment for Performance with Social Skill as Moderating Variables. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) 16(11): 43-47.

Rivai, Veithzal dan Sagala. 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik, Raja Grafindo Persada.Jakarta.

Robbins SP, dan Judge. 2008. Perilaku Organisasi Buku 2, Salemba Empat. Jakarta. Sapengga, Stephen Eka. 2016. Pengaruh Servant Leadership Terhadap Kinerja Karyawan

Pada PT Daun Kencana Sakti Mojokerto. AGORA4(1):645-650.

Satria, Diana Dewi, Matin dan Maaruf. 2018. Pengaruh Kepercayaan Diri dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru SMP Swasta di Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 4(4): 30339.

Sebayang, Stevani dan. Jafar Sembiring. 2017. Pengaruh Self Esteem Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan StudiKasus Di PT. Finnet Indonesia. e-Proceeding of Management 4(1): 3356-345.

Septiadi, Sebastianus Alexander, Desak Ketut Sintaasih dan I Made Artha Wibawa. 2017. Pengaruh Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Pemediasi Komitmen Organisasional. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 6(8): 3103- 3132.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Bandung.

Sukesi (2013) Loyalitas Pelanggan Produk Terasi Rebon. Cetakan Pertama. Surabaya: Smartekindo.

Sukesi (2017) ‘ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR PELAYANAN

PERIZINAN TERPADU (KPPT) KOTA MOJOKERTO’, Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1(2), pp. 124–137.

Sutrisno, Edi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Susilo, D., Putranto, T. D., Neu, M. T. L. M., & Navarro, C. J. S. (2020). NAGEKEO WOMEN'S CULTURAL STRUGGLE AS A FLORES SUB-CULTURE AGAINST THE FLOW OF

CIVILIZATION'S PROGRESS. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 001-015.

Syam, Asrullah dan Amri. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek 5(1): 87-102.

Trompenaars dan Ed Voerman, 2010 Servant-Leadership Across Cultures, (New York: McGraw-Hill Companies.

Tolis, Mega Delfiana, Bakri Hasanuddin dan Wiri Wirastuti. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Parigi Kota. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako 3(1): 79-86.

Utaminingsih, Alifiulahtin. 2014. Perilaku Organisasi. UB Press.Malang.

Yukl, Gary, 2010, Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Kelima. PT. Indeks. Jakarta.

Published
2021-02-03
Section
Articles