Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Penerapan Digitalisasi System Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda Surabaya


Abstract
Pelayanan publik yang berkualitas menjadi bagian dari tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), dan hal itu membutuhkan proses penyelenggaraan birokrasi yang baik dalam pelayanan barang dan jasa publik (public good and services). Bea Cukai terus berupaya untuk melakukan digitalisasi di semua lini, tak terkecuali dalam kegiatan penyelesaian dokumen impor barang yang merupakan kewajiban para pengguna jasa melalui aplikasi Customs & Excise Information System and Automation (CEISA). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Penerapan Digitalisasi System Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda Surabaya. Dengan jumlah responden sebanyak 155 konsumen menggunakan sensus sampling.
Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Importir Atau Pengguna Jasa Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda Surabaya Melalui Penerapan Digitalisasi System. Pengujian asumsi dilakukan dengan menggunakan analisis model path (analisis jalur) melalui bantuan program AMOS versi 23. Berdasarkan pengujian model asumsi yang disajikan dalam tabel 5.7 menyatakan bahwa Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan nilai estimate regrresion wights 0,7888503, standart error 0,0687363, critical ratio (t-tabel) 11,4764802lalu nilai signifikansi probability (P-value) 0,000 0,05. Berdasarkan pengujian model asumsi yang disajikan dalam tabel 5.7 menyatakan bahwa Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan nilai estimate regrresion wights 0,0527673, standart error 0,1342303, critical ratio (t-tabel) 3,3931107lalu nilai signifikansi probability (P-value) 0,0269423 0,05. Berdasarkan pengujian model asumsi yang disajikan dalam tabel 5.7 menyatakan bahwa Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan nilai estimate regrresion wights 1,0606302, standart error 0,1702967, critical ratio (t-tabel) 6,2281324lalu nilai signifikansi probability (P-value) 0,000 0,05.
References
Aditya, 2011 . Manajemen Pemasaran. Bogor: Ghalia. Indonesia
Altje Tumbel. 2016. Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Bank BTPN Mitra Usaha Rakyat Cabang Amurang Kabupaten Minahasa Selatan.Jurnal LPPM Bidang EkoSosbudKum.Volume 3 Nomor 1.
Arikunto, 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta Asmirawati Ismail (2018) Jurnal ISSN Vol.11 No.6 Tahun 2018 Layanan Sistem Perijinan
Perdagangan Online Inatrade Di Kementerian Perdagangan Bachri, 2010. Manajemen Pemasaran I. PT. Graha Ilmu. Bandung
Bank Indonesia, 2016. Peraturan Dan Petunjuk Teknik Pelaksanaan Perbankan Indonesia.
Jakarta. Bank Indonesia. Jakarta
Bramson. 2005. Marketing Mix. BPFE, Yogyakarta
Buchari 2007. Manajemen Pemasaran. Bandung. Penerbit Alvabeta, CV Fandy Tjiptono.2008. Strategi Pemasaran: Edisi 3. Yogyakarta : Andi Offset.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra (2015) Manajemen Pemasaran Esensi dan Aplikasi.
Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Umum
Fandy Tjiptono 2011. Dasar- Dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Umum Freddy Rangkuti. 2009. Measuring Customer Satisfaction, Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama. Fombrun, C.J. (2016) “Reputation: Realizing Value from the Corporate Image”, Harvard Business
School Press, Boston.
Foster dan Cadogan,2010. Marketing Mix, Strategi, And Analisis. Jakarta :Penerbit Erlangga (Terjemahan)
Gilbert dkk, 2004
Ebert, R.J., Ronald J., Grifin, Ricky W.,2003, Introducing of Business, 6th Edition, Prentice Hall.
Inc. New York
Griffin 2007. Customer Loyalty.Jakarta: Erlangga
Griffin 2012. Customer Loyalty.Cetakan III. Jakarta: Erlangga
Gujarati, D. 2004. Ekonometrika Dasar. Sumarno Zain. Penerjemah. Jakarta:PT Erlangga.
Ghozali. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasan (2008:83
Hurriyati 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Penerbit. PT. Bumi Aksara. Jakarta Jasfar. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta . PT. Grasindo Media. Jakarta
Jerry dan Wally. 2013. Pemasaran. Alih Bahasa Imam Nurmawan. Jakarta : Penerbit Salemba Empat
Kontan, 2017. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. Penerbit Andi: Yogyakarta
Kotler, Philip (2005), Manajemen Pemasaran, Buku IV Cetakan Ketiga .Alih Bahasa Imam Nurmawan. Jakarta : Penerbit Salemba Empat
Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Imam Nurmawan. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Kotler, Philip, Alih Bahasa A.B. Susanto.2005. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian.Jakarta : Penerbit Salemba Empat
Keller, Kevin Lane. 2008. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Lovelock, C & Writz, J. 2007. Service Marketing: People, Technology, Strategy (6th ed
Lupiyoadi dan Hamdani,2006 Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta Penerbit Salemba Empat Muhammad Ariefian Isnan (2013) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Online Reservation Ticket
Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang) Jurnal Manajemen Vol 5 No. 1 Tahun 2013
Muhamad Yasir Arafat, Febriana Damayanti (2017) Jurnal Manajemen Dan Akutansi Volume. 5 Nomor 1 Halam 177-187 Februari 20179 ISSN- 2248-9909. Pengaruh Penerbitan SIUJPT UP-PTSP Terhadap Kepuasan Pengusaha Bidang Ransportasi Pada Wilayah Jakarta Utara
Mujiharjo, 2006 Manajemen Pemasaran Dari Teori Ke Praktek. PT. Grasindo Media. Jakarta Ratih Hurriyati, 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Penerbit. PT. Bumi Aksara. Jakarta
Rizki Afrika (2019) Jurnal ISSN Vol.10 No.4 Tahun 2019 Pengaruh Penerapan E-Spt Ppn Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-SPT PPN (Studi Kasus Pada Pengusaha Kena Pajak Di Kpp Pratama Palembang Ilir Barat
Saladin, Djaslim dan Oesman, Yevis, Marty. 2012. Intisari Pemasaran. Edisi Kedua. : Medan: Media IPTEK
Samarwan, 2011. Perilaku konsumen, Cet. Ke-1, Edisi 2, Bogor: Ghalia. Indonesia.
Scott Robinette and Claire Brand, 2011. Prinsip-prinsip Pemasaran., Jilid Kedua. Edisi Ketujuh.: Jakarta: Erlangga
Siti Monalisa dan Erma Suryani (2018) Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Dengan Menggunakan Sistem Dinamik. e-Jurnal Manajemen Dan Bisnis Volume 9 Nomor 5 Mei 2018 Halaman 57-59 ISSN-2402-2018
Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukesi (2021) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR PELAYANAN PERIZINAN
TERPADU (KPPT) KOTA MOJOKERTO. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Vol 1 Nomor 2. 132-147
Sulastiyono. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta . PT. Salemba Empat Jakarta
Sumarwan, dkk . 2010. Manajemen Pemasaran Dan Strategi. Penerbit. PT. Bumi Aksara. Jakarta Tunggal. R. 2008. Manajemen Pemasaran. Jogja : Graha Ilmu
Vanessa, 2007. Manajemen Pemasaran. PT. Bumi Aksara. Jakarta
Vinny Ribka Bolang, James D.D Massie, dan Agus Supandi Soegoto (2017) Peran Pelayanan Teller Dan Costumer Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bank BRI Unit Karombasan Cabang Manado Jurnal ISSN Vol.16 No.15 Tahun 2017
Zainuddin. 2008. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Edisi Pertama. Jakarta: PT Gramedia.
Pustaka Utama
Zeithaml, Parasuraman dan Berry (2009, p.26 Manajemen Pemasaran, Analisis dan Strategi.
Cetakan I Jakarta . PT. Grasindo Media. Jakarta
Zulian Yamit. 2013. Strategi Pemasaran. Penerbit. PT. Bumi Aksara. Jakarta