Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Penerapan Digitalisasi System Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda Surabaya

  • Dian Hari Purnomo Universitas Dr. Soetomo
  • Slamet Riyadi Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 392 , PDF downloads: 428

Abstract

Pelayanan publik yang berkualitas menjadi bagian dari tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), dan hal itu membutuhkan proses penyelenggaraan birokrasi yang baik dalam pelayanan barang dan jasa publik (public good and services). Bea Cukai terus berupaya untuk melakukan digitalisasi di semua lini, tak terkecuali dalam kegiatan penyelesaian dokumen impor barang yang merupakan kewajiban para pengguna jasa melalui aplikasi Customs & Excise Information System and Automation (CEISA). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Penerapan Digitalisasi System  Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda Surabaya. Dengan jumlah responden sebanyak 155 konsumen menggunakan sensus sampling.

Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Importir Atau Pengguna Jasa Pada Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Juanda Surabaya Melalui Penerapan Digitalisasi System. Pengujian asumsi dilakukan dengan menggunakan analisis model path (analisis jalur) melalui bantuan program AMOS versi 23. Berdasarkan pengujian model asumsi yang disajikan dalam tabel 5.7 menyatakan bahwa Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan nilai estimate regrresion wights 0,7888503, standart error 0,0687363, critical ratio (t-tabel) 11,4764802lalu nilai signifikansi probability (P-value) 0,000  0,05. Berdasarkan pengujian model asumsi yang disajikan dalam tabel 5.7 menyatakan bahwa Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan nilai estimate regrresion wights 0,0527673, standart error 0,1342303, critical ratio (t-tabel) 3,3931107lalu nilai signifikansi probability (P-value) 0,0269423  0,05. Berdasarkan pengujian model asumsi yang disajikan dalam tabel 5.7 menyatakan bahwa Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan nilai estimate regrresion wights 1,0606302, standart error 0,1702967, critical ratio (t-tabel) 6,2281324lalu nilai signifikansi probability (P-value) 0,000  0,05.

References

Aditya, 2011 . Manajemen Pemasaran. Bogor: Ghalia. Indonesia

Altje Tumbel. 2016. Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Bank BTPN Mitra Usaha Rakyat Cabang Amurang Kabupaten Minahasa Selatan.Jurnal LPPM Bidang EkoSosbudKum.Volume 3 Nomor 1.

Arikunto, 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta Asmirawati Ismail (2018) Jurnal ISSN Vol.11 No.6 Tahun 2018 Layanan Sistem Perijinan

Perdagangan Online Inatrade Di Kementerian Perdagangan Bachri, 2010. Manajemen Pemasaran I. PT. Graha Ilmu. Bandung

Bank Indonesia, 2016. Peraturan Dan Petunjuk Teknik Pelaksanaan Perbankan Indonesia.

Jakarta. Bank Indonesia. Jakarta

Bramson. 2005. Marketing Mix. BPFE, Yogyakarta

Buchari 2007. Manajemen Pemasaran. Bandung. Penerbit Alvabeta, CV Fandy Tjiptono.2008. Strategi Pemasaran: Edisi 3. Yogyakarta : Andi Offset.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra (2015) Manajemen Pemasaran Esensi dan Aplikasi.

Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Umum

Fandy Tjiptono 2011. Dasar- Dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Umum Freddy Rangkuti. 2009. Measuring Customer Satisfaction, Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama. Fombrun, C.J. (2016) “Reputation: Realizing Value from the Corporate Image”, Harvard Business

School Press, Boston.

Foster dan Cadogan,2010. Marketing Mix, Strategi, And Analisis. Jakarta :Penerbit Erlangga (Terjemahan)

Gilbert dkk, 2004

Ebert, R.J., Ronald J., Grifin, Ricky W.,2003, Introducing of Business, 6th Edition, Prentice Hall.

Inc. New York

Griffin 2007. Customer Loyalty.Jakarta: Erlangga

Griffin 2012. Customer Loyalty.Cetakan III. Jakarta: Erlangga

Gujarati, D. 2004. Ekonometrika Dasar. Sumarno Zain. Penerjemah. Jakarta:PT Erlangga.

Ghozali. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan (2008:83

Hurriyati 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Penerbit. PT. Bumi Aksara. Jakarta Jasfar. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta . PT. Grasindo Media. Jakarta

Jerry dan Wally. 2013. Pemasaran. Alih Bahasa Imam Nurmawan. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Kontan, 2017. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. Penerbit Andi: Yogyakarta

Kotler, Philip (2005), Manajemen Pemasaran, Buku IV Cetakan Ketiga .Alih Bahasa Imam Nurmawan. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Imam Nurmawan. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Philip, Alih Bahasa A.B. Susanto.2005. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian.Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Keller, Kevin Lane. 2008. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Lovelock, C & Writz, J. 2007. Service Marketing: People, Technology, Strategy (6th ed

Lupiyoadi dan Hamdani,2006 Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta Penerbit Salemba Empat Muhammad Ariefian Isnan (2013) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Online Reservation Ticket

Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang) Jurnal Manajemen Vol 5 No. 1 Tahun 2013

Muhamad Yasir Arafat, Febriana Damayanti (2017) Jurnal Manajemen Dan Akutansi Volume. 5 Nomor 1 Halam 177-187 Februari 20179 ISSN- 2248-9909. Pengaruh Penerbitan SIUJPT UP-PTSP Terhadap Kepuasan Pengusaha Bidang Ransportasi Pada Wilayah Jakarta Utara

Mujiharjo, 2006 Manajemen Pemasaran Dari Teori Ke Praktek. PT. Grasindo Media. Jakarta Ratih Hurriyati, 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Penerbit. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Rizki Afrika (2019) Jurnal ISSN Vol.10 No.4 Tahun 2019 Pengaruh Penerapan E-Spt Ppn Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-SPT PPN (Studi Kasus Pada Pengusaha Kena Pajak Di Kpp Pratama Palembang Ilir Barat

Saladin, Djaslim dan Oesman, Yevis, Marty. 2012. Intisari Pemasaran. Edisi Kedua. : Medan: Media IPTEK

Samarwan, 2011. Perilaku konsumen, Cet. Ke-1, Edisi 2, Bogor: Ghalia. Indonesia.

Scott Robinette and Claire Brand, 2011. Prinsip-prinsip Pemasaran., Jilid Kedua. Edisi Ketujuh.: Jakarta: Erlangga

Siti Monalisa dan Erma Suryani (2018) Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Dengan Menggunakan Sistem Dinamik. e-Jurnal Manajemen Dan Bisnis Volume 9 Nomor 5 Mei 2018 Halaman 57-59 ISSN-2402-2018

Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukesi (2021) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR PELAYANAN PERIZINAN

TERPADU (KPPT) KOTA MOJOKERTO. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Vol 1 Nomor 2. 132-147

Sulastiyono. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta . PT. Salemba Empat Jakarta

Sumarwan, dkk . 2010. Manajemen Pemasaran Dan Strategi. Penerbit. PT. Bumi Aksara. Jakarta Tunggal. R. 2008. Manajemen Pemasaran. Jogja : Graha Ilmu

Vanessa, 2007. Manajemen Pemasaran. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Vinny Ribka Bolang, James D.D Massie, dan Agus Supandi Soegoto (2017) Peran Pelayanan Teller Dan Costumer Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bank BRI Unit Karombasan Cabang Manado Jurnal ISSN Vol.16 No.15 Tahun 2017

Zainuddin. 2008. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Edisi Pertama. Jakarta: PT Gramedia.

Pustaka Utama

Zeithaml, Parasuraman dan Berry (2009, p.26 Manajemen Pemasaran, Analisis dan Strategi.

Cetakan I Jakarta . PT. Grasindo Media. Jakarta

Zulian Yamit. 2013. Strategi Pemasaran. Penerbit. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Published
2022-11-24
Section
Articles