PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI MOTIVASI KERJA (STUDI KASUS PADA BIRO ADMINISTRASI PEMBANGUNAN PROVINSI JAWA TIMUR)

  • Dimitra Izzati Putri Universitas Dr. Soetomo
  • Eddy Yunus Universitas Dr. Soetomo
Abstrak views: 160 , PDF (English) downloads: 132

Abstrak

Kinerja pegawai merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya perusahaan untuk mencapai tujuannya. Berdasarkan pembicaraan dengan narasumber dari beberapa pegawai di Biro Administrasi Pembangunan Provinsi Jawa Timur terdapat beberapa fenomena mengenai kinerja pegawai, karena masih adanya pegawai yang kurang memiliki tanggungjawab untuk menyelesaikan tugasnya sesuai dengan yang telah ditentukan oleh pimpinan. Hal ini dapat menurunkan produktivitas dalam pencapaian target dari program kerja yang sudah dirancang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai memelalui motivasi kerja. Jadi untuk responden pada penelitian ini berjumlah 59 pegawai. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi data dari HRD.  Metode analisis menggunakan metode SEM PLS. Software yang digunakan untuk mengolah data penelitian ini adalah WarpPls 6.0 Software.Hasil penelitian menunjukan bahwa variable Budaya Organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Kerja, Disiplin Kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Kerja, Budaya Organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Disiplin Kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Motivasi Kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Organisasi melalui Motivasi Kerja memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Disiplin Kerja melalui Motivasi Kerja memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai.

Referensi

Ahmad, d. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukamba.

Ansory, A. F. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Indomedia Pustaka. Chyntia, I. G. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja

Pegawai PT Multikarya Saranaperkasa Jakarta.

Dr. Meithiana Indrasari S.T, M. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Tinjauan dari Dimensi IklimOrganisasi , Kreatifitas Individu, dan Karakteristik Pekerjaan. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Kaswan. (2016). Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kinerja Sumber Daya Manusia. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiwien, R. d. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening pada Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Sinar Manajemen.

Yunus, E. (2022). The Influence of Leadership Style and Organizational Culture on Employee Performance Through Employee Satisfaction as An Intervening Variabel in PG GEMPOLKREP-PTPN X. Sinergi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 40-45.

Diterbitkan
2023-09-28
Bagian
Articles