PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI SEMANGAT KERJA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PASURUAN

  • Rudy Kurniawan Universitas Dr. Soetomo
  • Bambang Raditya Purnomo Universitas Dr. Soetomo
Abstrak views: 78 , PDF (English) downloads: 87

Abstrak

Langkah serta gaya kepemimpinan yang digunakan seorang pemimpin organisasi sangat mempengaruhi kinerja bawahannya, oleh karena itu kekuatan sumber daya manusia seoarang pemimpin menjadi variabel yang penting dalam menentukan sistem organisasi serta perilaku bawahannya dalam menjalankan kewajibanya masing-masing. Di dalam penelitian ini membahas tentang pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai melalui semangat kerja di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pasuran.

Penelitian ini megambil responden di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan yang mempunyai populasi sebanyak 53 orang, dan sekaligus sebagai sampel dalam penelitian. Dari hasil penelitian di ketahui bahwa terdapat pengaruh variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional (X1) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,046, variabel Motivasi Kerja (X2) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05 dengan demikinan simpulkan bahwa terdapat hubungan secara langsung antara variabel (X1) dan (X2) terhadap (Z). Terdapat pengaruh variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional (X1) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003, variabel Motivasi Kerja (X2) peroleh nilai signifikansi sebesar 0,015 dan variabel Semangat Kerja (Z) sebesar 0,016 lebih kecil dari 0,05 maka dapat di simpulkan bahwa variabel (X1), (X2) dan (Z) berpengaruh secara langsung terhadap variabel Kinerja Pegawai (Y). Terdapat pengaruh variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional (X1) dan Motivasi Kerja (X2) mempunyai nilai lebih kecil dibandingkan dengan pengaruh variabel Gaya Kepemimpinan Transformasional  (X1) dan Motivasi Kerja (X2) melalui variabel Semangat Kerja (Z) dengan demikian dapat di simpulkan bahwa (X1) dan (X2) melalui variabel (Z) mempunyai pengaruh terhadap varialel (Y).

Referensi

Arifin, Syamsul, “Leadership Ilmu dan Seni Kepemimpinan”, Mitra Wacana Media, Jakarta, 2014.

Azwar, Saifuddin, “Sikap Manusia, Teori, dan Pengukurannya”, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2015.

Febriani, R dan Nurtjahjanti, H, “Hubungan keadilan organisasi dalam merit pay engan semangat kerja karyawan PT. (Persero) Angkasa Pura I kantor cabang bandara Ahmad Yani Semarang”, Semarang, 2016.

Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”, Badan Penerbit Undip, Semarang. 2013.

Hasibuan, Malayu S.P, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta, 2015.

Hardiansyah, Haris, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, Salemba Humanika, Jakarta 2013. Ilyas, Yaslis, “Kinerja Teori, Penilaian dan Penelitian”, Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan

FKMUI, Depok, 2014.

Kartono, Kartini, “Pemimpin dan Kepemimpinan. Apakah Pemimpin Abnormal Itu?”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2013.

Mangkunegara, P.A, “Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan”, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2015.

Moeheriono, “Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2014.

Mujiatun, Siti, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan di Yayasan Pendidikan Sinar Husni”, Vol. 11, No. 01, April 2015.

Nawawi, Hadari, “Manajemen Strategik Non Profit Bidang Pemerintahan”, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2013.

Nitisemito, S. Alex, “Metodelogi Penelitian Kesehatan”, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2014. Riberu, J, “Dasar-Dasar Kepemimpinan”, CV. Pedoman Ilmu Jaya, Jakarta, 2015.

Rivai, Veithzal dan Mulyadi, Deddy, “Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi”, PT.Raja

Grafindo Persada, Jakarta, 2015.

R.M, Ojokuku, et al, “Impact of Leadership Style on Organizational Performance: A Case Study of Nigerian Banks”, Vol. 1 No. 4, 2014.

Sedarmayanti, “Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi danManajemen Pegawai Negeri Sipil”, PT. Refika Aditama, Bandung, 2015.

Sudaryono, “Leadership: Teori dari Praktek Kepemimpinan”, Lentera Ilmu Cendekia, Jakarta, 2014.

Sugiyono, “Metode Penelitian Bisnis”, ALFABETA, Bandung, 2013.

Sujarweni, Wiratna. V dan Endrayanto, Poly, “Statistika Untuk Penelitian”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2014.

Sutrisno, Edy, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Prenada Media Group, Jakarta, 2015.

Suwanto, dan Donni, Juni Priansa, “Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Publik dan Bisnis”, ALFABETA, Bandung, 2013.

Thoha, Miftah, “Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya”, Rajawaku Pers, Jakarta, 2018.

Tohardi, Ahmad, “Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia”, Universitas Tanjung Pura, Mandar Maju, Bandung, 2014.

Umam, Khoirul, “Perilaku Organisasi”. CV Pustaka Setia, Bandung, 2013. Veithzal, Rivai dan Sagala, Jauvani, “Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan”, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta, 2013.

Wilson, Bangun, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Erlangga, Bandung, 2014. Wirawan, “Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian”,

Salemba Empat, Jakarta, 2013.

Diterbitkan
2023-09-28
Bagian
Articles