PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SUASANA TOKO TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KOPERASI PONDOK PESANTREN NAFAKAH BATUPORO TIMUR KEDUNGDUNG SAMPANG

  • Moh. Zumri Universitas Dr Soetomo
  • Bambang Raditya Purnomo Universitas Dr Soetomo
Abstract views: 44 , PDF Journal downloads: 72
Keywords: Kualitas Pelayanan, Suasana Toko, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayamkepuasan kerja sebagai variabel intervening. Objek penelitian adalah konsumen Koperasi Pondok Pesantren Nafakah Batuporo Timur Kedungdung Sampang dengan jumlah sampel 115 orang. Metode yang digunakan  pada penelitian ini adalah motede penelitian kuantitatif. Teknik analisa yang digunakan adalah dengan tektik Partial Least Square (PLS) dengan uji validitas, uji reliabilitas, serta uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Koperasi Pondok Pesantren Nafakah Batuporo Timur Kedungdung Sampang. Suasana Toko berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Koperasi Pondok Pesantren Nafakah Batuporo Timur Kedungdung Sampang. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Koperasi Pondok Pesantren Nafakah Batuporo Timur Kedungdung Sampang.  Suasana Toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Koperasi Pondok Pesantren Nafakah Batuporo Timur Kedungdung Sampang. Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Koperasi Pondok Pesantren Nafakah Batuporo Timur Kedungdung Sampang. Kualitas Pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Koperasi Pondok Pesantren Nafakah Batuporo Timur Kedungdung Sampang. Suasana Toko berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Koperasi Pondok Pesantren Nafakah Batuporo Timur Kedungdung Sampang.

References

Andriani, R. 2020. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Rajawali Press.
Azwar, S. 2007. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. 2 ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ferrel, O.C. & Hartline, M.D. 2019. Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach. Boston: Cengage Learning.
Gasperz, J. 2019. Total Quality Management & Excellent Service Quality . Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia .
Ghozali, I. 2016. Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grönroos, C. 2017. The Nordic School of Service Marketing and Management. Cheltenham: Edward Elgar Publishing.
Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J. & & Anderson, R.E. 2014. Multivariate Data Analysis. Pearson Education Limited.
Hartono, R. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Toko Kalimas. 6(2).
Hsieh, Y.C. & Tsai, H.H. 2020. Exploring the impacts of customer experience on customer satisfaction and loyalty in medical tourism: A case of dental clinics in Taiwan. Journal of Hospitality and Tourism Management, 43: 93–102.
Ihza, A.M.D. & Shomad, R. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Inti Tani Utama Sambi. JMK: Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(1).
Indrasari, M, 2019, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Unitomo Press
Indrasari, M, 2019, The Effect of Products and Services Quality on Trust and Decission of Customer to Choose Banks, Procedings of the 1st Asian Conference on Humanities and Industry (ACHITS)
Indrasari, M, 2019, Pengaruh Keragaman Produk, Harga, Kualitas, Pelayanan Pada Decisión Buyer, Journal Ekonomi, Vol. 27, N0. 1, P. 36-47.
Julianti, E., Nuridja, R. & Meitriana, E. 2014. Analisis Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan Pada Ace Hardware Palembang Square Mall. Jurnal Manajemen Bisnis, 1(2): 143–158.
Kotler, P. & Armstrong, G. 2019. Principles of Marketing. Amerika Serikat: Pearson Education, Inc.
Laroche, M., Habibi, M.R. & Richard, M.-O. 2013. To be or not to be in social media: How brand loyalty is affected by social media? International Journal of Information Management, 33(1): 76–82.
Mullins, Walker & Boyd. 2020. Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach. New York: McGraw-Hill Education.
Nurmillatina, T. 2018. PENGARUH LOKASI, KUALITAS PELAYANAN, DAN SUASANA TOKO TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI INFINITO CULINARY BANDUNG. Bandung: Universitas Pasundan.
Peter, J.P. & Donnelly Jr., J.H. 2018. A Preface to Marketing Management. New York: McGraw-Hill Education.
Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rondonuwu, P.D. 2020. Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).
Shapiro, R.R. 2019. The Endangered Customer: 8 Steps to Guarantee Repeat Business. Massachusetts: Bibliomotion.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyono. 2019. Pemasaran Jasa Terpadu. Yogyakarta: Andi.
Syahroni, M.I. 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kafe Keibar (Studi Kasus Kafe Keibar Pamulang). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Tindar, R. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Jm Sukarami Palembang. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang.
Tjiptono. 2019. Pemasaran Jasa: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi Offset.
Utami, S. 2018. Strategi Pemasaran: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yunus, E., 2019, The Effectiveness Marketing Strategy For Ride-Sharing Transportation: Intersecting Social Media, Technology, And Innovation, Entrepreneurship and Sustainability Issues, 7(2), 1424-1434. http://doi.org/10.9770/jesi.2019.7.2(44)
Zeithhaml, V.A. & Bitner, M.J. 2018. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. New York: McGraw-Hill Education
Published
2023-12-20