Pengaruh Penanganan Pengaduan Masyarakat Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Mutu Pelayanan Pada Perusahaan Dengan Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (Kite) Di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai Jawa Timur I

  • Ainul Fuadi Mashuda Universitas Dr. Soetomo
  • SUKESI Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 37 , PDF downloads: 144

Abstract

Dalam meningkatkan mutu layanan di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur l yaitu untuk melaksanakan tugas dan fungsi pokoknya dengan baik. Dalam kegiatannya melakukan pelayanan terhadap pengguna jasa di bidang Kepabeanan dan Cukai khususnya terkait fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) dilakukan sesuai Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-4/BC/2019 yang merupakan Petunjuk Pelaksanaan dari Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesaia Nomor 160/PMK.04/2018 tentang Pembebasan Bea Masuk dan tidak dipungut Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan pajak penjualan atas Barang Mewah atas impor barang dan bahan untuk diolah, dirakit, atau dipasang pada barang lain dengan tujuan untuk diekspor. Masih ditemukannya beberapa pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat mengindikasikan  bahwa  Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai Jawa Timur l diharapkan dapat memberikan pelayanan secara lebih progresif. Tujuan penelitian ini untuk meganalisis Pengaruh Penanganan Pengaduan Masyarakat Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Mutu Pelayanan Pada Perusahaan Dengan Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai Jawa Timur I, dengan menggunakan sensus sampling sebanyak 100 responden sebagai data penelitian.

Hasil penelitian Penanganan Pengaduan Masyarakat Terhadap Kepuasan Perusahaan Dikawasan Berikat Di Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai Wilayah I Jatim Di Surabaya Melalui Mutu Pelayanan terjawab sesuai dengan hasil yang terdapat Penanganan Pengaduan Masyarakat terhadap mutu pelayanan dengan nilai estimate regrresion wights 0,6803065, standart error 0,0909231, critical ratio (t-tabel) 7,4822150 lalu nilai signifikansi probability (P-value) 0,000   0,05; Penanganan Pengaduan Masyarakat terhadap kepuasan perusahaan dengan nilai estimate regrresion wights 0,2352144, standart error 0,1025216, critical ratio (t-tabel) 2,2942905 lalu nilai signifikansi probability (P-value) 0,021   0,05; dan Mutu Pelayanan terhadap kepuasan dengan nilai estimate regrresion wights 0,7489596, standart error 0,1361172, critical ratio (t-tabel) 5,5023159 lalu nilai signifikansi probability (P-value) 0,000   0,05

References

Basu Swastha dan Handoko.1997.Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE. Basu Swastha. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Ygyakarta: Liberty.

Bimo Hastomo,2009.Pengaruh Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam Rizky Sukoharjo. Surakarta: STIE-AUB Surakarta.

Damodar Gujarati. 1999. Metode Kuantitatif. Yogyakarta: UPP AMP YKPN

David A.R. 2000. Marketing Organization Through the Channel, Wholesaling in Marketing Organization. New York: John Wiley & Sons, Inc. Djarwanto PS dan Pangestu Subagyo. 1997.

Statistik Induktif. Yogyakarta: BPFE. Engel. 1995. Perilaku Konsumen Jilid 2.Jakarta: Binarupa Aksara.

Eko Meiningsih Susilowati. 2010. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Membeli Sebagai Variabel Intervening Pada Kopkado AUB Surakarta. Surakarta: STIE-AUB Surakarta.

Fandy Tjiptono.2002. Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Andi Offset.

Imam Ghozali. 2005. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip Smg.

Juanim Anwar. 2004. Validitas dan Reliabilitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nur Indrianto dan Bambang Supomo. 1999. Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Philip Kotler. 1997. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat

Philip Kotler dan Gary Amstrong. 1997. Dasar- dasar Pemasaran Jilid I. (terjemahan). Jakarta: Prehalindo.

Philip Kotler dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. (terjemahan).

Jakarta: Penerbit Erlangga.

Philip Kotler dan Kevinlane Keller. 2007.Manajemen Pemasaran Edisi12. (terjemahan) Jakarta: Indeks.

Pride dan Ferell. 2000. Marketing Basic Concepts and Decisions, Miffilin Company.

Rudhi Sulistyanto, 2007. Pengaruh Penerapan Marketing Mix Terhadap Keputusan Membeli Pada Perusahaan Apotik Giri Husada Kabupaten Wonogiri. Surakarta: STIE-AUB Surakarta.

Sugiyono.2000. Metode Penelitian Bisnis.Bandung: CV. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sumarni dan Suprihanto. 2001. Pengantar Bisnis.Yogyakarta: Liberty.

Supranto.1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, untuk Menaikkan Pangsa Pasar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Uma Sekaran.2000. Metodologi Penelitian UntukBisnis. Jakarta: Salemba Empat. William. 2000. Fundamental of Marketing. Tokyo: Mc. Graw-Hill Book Company

Published
2022-11-24
Section
Articles