PENGARUH KEPEMIMPINAN MELAYANI, DISIPLIN KERJA, DAN TRANSPARANSI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD PROVINSI JAWA TIMUR


Abstrak
Kepemimpinan melayani adalah kepemimpinan yang mengutamakan pelayanan kepada pihak lain, baik kepada karyawan, perusahaan, pelanggan, maupun kepada masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan melayani, disiplin kerja, kepemimpinan melayani dimoderasi oleh transparansi, disiplin kerja dimoderasi oleh transparansi terhadap kinerja pegawai Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur sejumlah 131 pegawai. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini adalah sensus yaitu seluruh populasi diambil sebagai sampel sejumlah 131 pegawai. Kesimplan hasil penelitian adalah : (1) kepemimpinan melayani berpengaruh terhadap kinerja pegawai Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur ; (2) disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur ; (3) kepemimpinan melayani dimoderasi oleh transparansi berpengaruh terhadap kinerja pegawai Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur ; (4) disiplin kerja dimoderasi oleh transparansi berpengaruh terhadap kinerja pegawai Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur
Referensi
Anggraini, Gimin dan Trisnawati, 2016, Pengaruh Disiplin Dan Komitmen Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Asrindo Citraseni Satria Di Pekanbaru, Jurnal Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Riau.
Bahaudin, Rodhiyah dan Endang, 2016, Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Perum Perumnas Kantor Regional V Semarang), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Volume 5, Nomor 1, Universitas Brawijaya Malang.
Barbuto, John E. and Wheeler, Daniel W, 2006, Scale Development and Construct Clarification of Servant Leadership, Faculty Publications: Agricultural Leadership, Education & Communication Department, Paper 51.
Davis, K., 2010, Perilaku Dalam Organisasi. Erlangga, Jakarta.
Fahmi, Irham, 2010, Pengantar Manajemen, PT. Raja Grafindo, Jakarta. Greenleaf, R.K, 2002, Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate
Power and Greatness (25th anniversary ed), New York: Paulist Press.
Handoyo, Seger, 2010, Pengukuran servant leadership sebagai alternatif kepemimpinan di insitusi pendidikan tinggi pada masa perubahan Organisasi. Makara, Sosial Humaniora, 14(2),
Harwiki, Wiwik, 2016, The Impact Servant Leadership on Organization Culture, Organization commitment, Organization Citizenship Behaviour (OCB) and Empoyee Performance in Women Cooperative, Social and Behavioral Sciences 219 (2016).
Jitmau, Kalangi, Lambey, 2017, Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Fungsi Pemeriksaan Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Empiris Di Kabupaten Sorong), Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing “Goodwill”, Vol 8 No 1, Magister Akuntansi, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
Lantu, D, Erich. P, Augusman. R, 2007, Servant Leadership, Gradien Books. Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia
Perusahaan, Cetakan Ketujuh, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
McCann, J., Graves, D., & Cox, L, 2014, Servant leadership, employee satisfaction, and organizational performance in rural community hospitals. International Journal of Business and Management, 9(10).
Saputra, Darwanis dan Abdullah, 2014, Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Studi Pada Pemda Kabupaten Aceh Selatan), Jurnal Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 3, No. 2, Mei 2014.
Simanjuntak, Djoko dan Widiartanto, 2016, Pengaruh Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerjaterhadap Kinerja Karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IV Semarang, Profit, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Volume 5, Nomor 1, Universitas Brawijaya Malang.
Sumarsono, Hadi, 2009. Analisis kemandirian Otonaomi Daerah.. Jurnal Akuntansi Pemerintah Vol.1 No.1, 2009
Waliningsuci, Trias dan Al Musadieq, 2017, Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan, Profit, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 11, No 1, Universitas Brawijaya Malang.
Wert, J.S. and K. Jennings, 2004, The Serving Leader, PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.
Wibowo, 2011, Manajemen Kinerja, Edisi Ketiga, Rajagrafindo Persada, Jakarta. Wong, P.T., & Page, D, 2003, Servant leadership: An opponent-process model and The revised servant leadership profile, http://www.regent.edu/acad/global/publications/sl_proceedings/2003/won g_servant_leadership.