KUALITAS PELAYANAN, INTIMACY, DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS MELALUI MINAT PADA BANK SYARIAH DI SURABAYA

  • Eddi Oktavianus
Abstrak views: 29 , PDF Journal (English) downloads: 16

Abstrak

Perkembangan industri perbankan Syariah di indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Indonesia, sebagai negara muslim terbesar didunia memiliki peran yang sangat penting untuk membangun perekonomian Syariah, lahirnya bank Syariah Indonesia merupakan hasil dari marger penggabungan tiga bank syariah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Bank BRI Syariah, Bank Mandiri Syariah, dan Bank BNI Syariah yang ditargetkan untuk menjadikan Indonesia sebagai pencapaian dan kemajuan untuk kekuatan ekonomi nasional. Bank Syariah harus mempunyai strategi yang tepat dalam mempertahankan loyalitas nasabah, salah satu cara dalam mempertahankan dan menarik nasabah baru yaitu dengan kualitas pelayanan, intimacy, dan brand  image. Tujuan dari penelitiian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan, intimacy, bagi hasil, loyalitas nasabah, dan minat menabung di bank syariah, Untuk  menguji dan menganalisis kualitas   pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah menabung di bank syariah. Untuk menguji dan menganalisis intimacy berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah menabung di bank syariah. Untuk menguji dan menganalisis brand image berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah menabung di bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunkan analisis regresi berganda. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu random sampling dengan sample 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Variable bebas dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan (X1), Kepercayaan (X2), sedangkan variable terikat (Y) adalah Kepuasan Nasabah. Hasil dari penelitian ini adalah  Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah,  Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dan  secara bersama-sama kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.

Referensi

Andreassen, T.W (2015), “Satisfaction, Loyalty and Reputation as Indicators of Customer Orientation in the Public Sector,” International Journal of Public SectorManagement,Vol. 7, No.2, pp.16-34.

Azwar, S (2017), Reliabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Sigma Alpha.

Aziz, Nasir (2016), “Image Pasar Swalayan dan Pengaruhnya terhadap Pembelian Produk Convinience di Kota Banda Aceh, “Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol.3, No.2, (April) hal.177-194

Dharmmesta, B.S (2018), “Loyalitas Pelanggan : Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti, “Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia,Vol. 14, No.3 hal. 73-88.

Herizon dan W. Maylina (2018), “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesetiaan terhadap Merek pada Konsumen Pasta Gigi Pepsodent di Surabaya,” Jurnal Ventura, Vol. 6 No. 1, April, hal. 98- 115.

Howard, John A (2017), “Consumer Behavior in Marketing Strategy”, Englewood Cliffs, Nj, Prentice-Hall
Kandampully, J and D. Suhartanto (2017), “Customer Loyalty in The Hotel Industry: The Role of Customer Satisfaction and Image,“ Journal of Contemporary Hospitality Management, 12/6, pp. 346 – 351.

Keller, Kevin L, (2017), “Conseptualizing, Measuring, and Managing Customer Based Brand Equality,”Journal of Marketing, (January), 1-22.

Kotler, Philip (2018), “Marketing Management”, Milenium Editions, PrenticeHallInc.

Kuncoro, M. (2017), Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi: Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis, Jakarta: Erlangga

Kartika Chandra, Aditya Surya Nanda, Erwan Aristyanto, Fritryani, Rena Febrita Sarie, Veronika Nugraheni Sri Lestari, Allen Pranata Putra, (2021) Statistik Mellenial Era Surabaya. PT. Escaf Sejahtera Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Diterbitkan
2024-04-30
Bagian
Articles