PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SDKr. MUTIARA KASIH

  • lidia farida Universitas Dr. Soetomo
  • suyanto
Abstrak views: 38 , pdf (English) downloads: 23

Abstrak

Kepemimpinan kepala sekolah merupakan indikator yang sangat penting untuk peningkatan kinerja guru dan harus meningkatkan mutu pendidikan hasil membangun hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Selain Gaya Kepemimpinan dari seorang Kepala Sekolah, lingkungan kerja dan motivasi kerja merupakan faktor yang mempengaruhi Kinerja Guru.

https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sbr/index

 

 

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kausalitas dengan pendekatan metode kuantitatif. Populasi sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru pada SDKr. Mutiara Kasih sebanyak 37 orang. Penelitian ini akan menggunakan teknik total sampling. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data yang bersifat kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang dipilih untuk menganalisis data dan menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah The Structural Equation Model (SEM). Untuk menjawab hipotesis digunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja berpengaruh signifikan

positif terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru pada SDKr. Mutiara Kasih. Serta Motivasi Kerja berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Kinerja Guru pada SDKr. Mutiara Kasih.

Referensi

Fahmi, I. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta.
Kartono, K. (2017). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal itu? Rajawali Pers.
Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.
Moekijat. (2010). Manajemen Kepegawaian Dan Hubungan Dalam Perusahaan (3rd ed.).
Murfi, A., Fathurrochman, I., Atika, & Jannana, N. S. (2020). Kepemimpinan Sekolah dalam Situasi Krisis Covid-19 di Indonesia. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 119–136. https://doi.org/10.14421/manageria.2020.51-07
Nawawi, H. H. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif (7th ed.). Gadjah Mada University Press.
Nitisemito, A. S. (2010). Manajemen personalia Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Keti). Ghalia Indonesia.
Rivai, V. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan (6th ed.). PT. Raja Grafindo Persada.
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2010). Manajemen (10th ed.). Erlangga.
Samsudin, S. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pustaka Setia
Sedarmayanti. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Refika Aditama.
Soetopo, I., Kusumaningtyas, A., & Andjarwati, T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Smk Negeri 1 Tambelangan Sampang. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 5(2).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R& D). IKAPI.
Sunyoto, D. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (1st ed.). CAPS (Center for AcademicPublishing Service).
Diterbitkan
2024-12-30
Bagian
Articles