Efektivitas Pelayanan Berbasis Budaya Lokal Malang sebagai Bentuk Inovasi Untuk Meningkatkan Pemungutan Pajak

  • Yudit Perdananto Universitas Dr Soetomo
  • Sedarmayanti Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 25 , Full Text downloads: 14
Keywords: Pelayanan Berbasis Budaya, Efektifitas, Faktor Penghambat, Faktor Pendukung

Abstract

Penelitian ini menganalisis efektivitas program inovatif yang diterapkan oleh Samsat Malang dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap pembayaran pajak kendaraan bermotor. Program-program seperti "Samsat Quote," "Rujak Limpung," "Podcast Berbahasa Malangan," "Lapor Ker," "Bakso Bakar," pertunjukan wayang, dan "Forum Bumdes" mengintegrasikan budaya lokal dan teknologi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi di Malang dan sekitarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program ini efektif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembayaran pajak. Pendekatan berbasis budaya lokal dan teknologi digital terbukti meningkatkan efektivitas pelayanan publik dan pemungutan pajak, serta memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah. Keberhasilan inovasi ini diakui secara nasional, dengan Samsat Malang meraih penghargaan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2021. Kesimpulannya, program-program inovatif Samsat Malang telah berhasil meningkatkan efektivitas pelayanan publik dan pemungutan pajak melalui pendekatan yang relevan dengan kebutuhan dan karakteristik lokal masyarakat. Integrasi budaya lokal dan teknologi modern tidak hanya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak, tetapi juga memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah.

References

Adipitoyo, S. (2006). Modhel Pamulangan Multikultural Basa Jawi: Pandhangan saking Siswa ingkang Nyinau Basa Jawi ing Jawa Timur. Kongres Bahasa Jawa IV.
Adiyanta, F. S. (2020). Fleksibilitas Pajak sebagai Instrumen Kebijaksanaan Fiskal untuk Mengantisipasi Krisis Ekonomi sebagai Akibat Dampak Pandemi Covid-19. Administrative Law and Governance Journal, 3(1). https://doi.org/10.14710/alj.v3i1.162-181
Almeida, F., & Espinheira, E. (2021). Large-Scale Agile Frameworks: A Comparative Review. Journal of Applied Sciences, Management and Engineering Technology, 2(1). https://doi.org/10.31284/j.jasmet.2021.v2i1.1832
Andreansyah, F., & Farina, K. (2022). Analisis Pengaruh Insentif Pajak, Sanksi Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Jesya, 5(2). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.796
Beecham, S., Clear, T., Lal, R., & Noll, J. (2021). Do scaling agile frameworks address global software development risks? An empirical study. Journal of Systems and Software, 171. https://doi.org/10.1016/j.jss.2020.110823
Beshi, T. D., & Kaur, R. (2020). Public Trust in Local Government: Explaining the Role of Good Governance Practices. Public Organization Review, 20(2). https://doi.org/10.1007/s11115-019-00444-6
Buku Kinerja BAPENDA JATIM, (2024)
Conboy, K., & Carroll, N. (2019). Implementing Large-Scale) Agile Frameworks: Challenges and Recommendations. In IEEE Software (Vol. 36, Issue 2). https://doi.org/10.1109/MS.2018.2884865
Fatimah, S., & Hidayati, A. N. (2022). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab (Studi Kasus pada Konsumen Alma Gallery Shop Tulungagung). Ekonomika, 6.
Firdaus, Nurlina, & Nursamsir. (2023). PENERAPAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) DALAM MENINGKATKAN DIGITALISASI PELAYANAN PUBLIK. JURNAL PERSPEKTIF ADMINISTRASI DAN BISNIS, 4(1). https://doi.org/10.38062/jpab.v4i1.447
Gustavsson, T., Berntzen, M., & Stray, V. (2022). Changes to team autonomy in large-scale software development: a multiple case study of Scaled Agile Framework (SAFe) implementations. International Journal of Information Systems and Project Management, 10(1). https://doi.org/10.12821/ijispm100102
Habibie, D. K. (2019). CITIZEN-CENTRIC E-GOVERMENTPELAYANAN PUBLIK. Jurnal Kebijakan Publik, 10(1). https://doi.org/10.31258/jkp.10.1.p.1-8
Hopp, W. J., & Van Oyen, M. P. (2004). Agile workforce evaluation: A framework for cross-training and coordination. IIE Transactions (Institute of Industrial Engineers), 36(10). https://doi.org/10.1080/07408170490487759
Kustanto, M., & Sholihah, F. (2020). Reserve Brain Drain sebagai Alternatif Mengatasi Kemiskinan. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 16(1). https://doi.org/10.33658/jl.v16i1.164
Kustiawan, M., Fitriana, F., & Alfatah, A. (2022). Pengaruh Efektivitas Pemungutan Pajak dan Pengelolaan Kas Daerah Terhadap Peningkatan Pendapatan Berserta Dampak Terhadap Keuangan. Jurnal Syntax Transformation, 3(03). https://doi.org/10.46799/jst.v3i3.527
Mastanah. (2022). Pendidikan Kohesi Sosial Dalam Al-Quran Dan Implementasinya Pada Pendidikan Kontemporer. In Disertasi.
Murniyati Yanur. (2023). Etika Birokrasi Dalam Meberikan Pelayanan Publik. Wacana: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Interdisiplin, 10(1). https://doi.org/10.37304/wacana.v10i1.9583
Mutaqien, D. A. (2021). TINJAUAN HUKUM TERHADAP EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA SAMSAT KABUPATEN TULUNGAGUNG. Mizan: Jurnal Ilmu Hukum, 10(2). https://doi.org/10.32503/mizan.v10i2.2105
Nggilu, F., Sabijono, H., & Tirayoh, V. (2016). Pengaruh Pajak Daerah Dan Retriusi Daerah Terhadap Kemandirian Keuangan Daerah Pada Pemerintah Kabupaten/Kota Di Provinsi Gorontalo. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4).
Nugraha, M. C. (2022). Investigasi Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Servqual dan Kano. Jurnal Teknologi. https://doi.org/10.35134/jitekin.v12i1.67
Nuryananda, P. F., Rikza, A., Utami, W. A., & Anggresta, P. (2022). Melampaui Pahlawan Devisa: Peran Aktor Negara dan Non-Negara Menyasar Permasalahan Finansial PMI Perempuan di Taiwan. Jurnal Hubungan Internasional, 15(2). https://doi.org/10.20473/jhi.v15i2.36080
Putra, N. T., & Jati, I. K. (2018). Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi Pengaruh Profitabilitas pada Penghindaran Pajak. E-Jurnal Akuntansi. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v25.i02.p16
Putra, R. E. (2019). ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK HOTEL, PAJAK RESTORAN DAN PAJAK HIBURAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA BATAM TAHUN 2014-2018. Measurement : Jurnal Akuntansi, 13(2). https://doi.org/10.33373/mja.v13i2.2079
Riska Chyntia Dewi, & Suparno Suparno. (2022). MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE MELALUI PELAYANAN PUBLIK. Jurnal Media Administrasi, 7(1). https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67
Sedarmayanti, S., & Rahadian, N. (2018). Hubungan Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15(1). https://doi.org/10.31113/jia.v15i1.133
Sedarmayanti. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.
Sedarmayanti. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sedarmayanti. (2009). Good Governance (Kepemerintahan yang Baik): Bagian Kedua Membangun Sistem Manajemen Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas. Bandung: Mandar Maju.
Sedarmayanti. (2016). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.
Sedarmayanti, Haryanto, H. (2017). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja tenaga kependidikan fakultas kedokteran Universitas Padjadjaran. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 61.
Sihotang, J. S. (2023). Good Governance dalam Pelayanan Publik. Trending: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 1(2).
Titania, M. Y. (2023). KUALITAS DAN KEPATUHAN PELAYANAN PUBLIK OLEH PEMERINTAH DI INDONESIA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4160
Uludağ, Ö., Putta, A., Paasivaara, M., & Matthes, F. (2021). Evolution of the Agile Scaling Frameworks. Lecture Notes in Business Information Processing, 419 LNBIP. https://doi.org/10.1007/978-3-030-78098-2_8
Yasa, I. N. P., Martadinata, I. P. H., & Astawa, I. G. P. B. (2020). PERAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DAN NILAI KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK: SEBUAH KAJIAN EKSPERIMEN. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2019.v3.i2.4082
Yasa, I. N. P., & Prayudi, M. A. (2019). Nilai-nilai etika berbasis kearifan lokal dan perilaku kepatuhan perpajakan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(2). https://doi.org/10.24914/jeb.v22i2.2527
Zaitul, Z., Ilona, D., & Novianti, N. (2023). Good Governance in Rural Local Administration. Administrative Sciences, 13(1). https://doi.org/10.3390/admsci13010019
Zega, Y. (2018). Analisis Penerapan Etika Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(2). https://doi.org/10.36778/jesya.v1i2.24
Zerbian, T., & de Luis Romero, E. (2023). The role of cities in good governance for food security: lessons from Madrid’s urban food strategy. Territory, Politics, Governance, 11(4). https://doi.org/10.1080/21622671.2021.1873174
Published
2025-03-16
How to Cite
Perdananto, Y., & Sedarmayanti. (2025). Efektivitas Pelayanan Berbasis Budaya Lokal Malang sebagai Bentuk Inovasi Untuk Meningkatkan Pemungutan Pajak. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 2(2), 405 - 416. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/9365
Section
Article

Most read articles by the same author(s)