Peran Assessment Center dalam Menilai Soft Competency di Kepolisian Daerah Jawa Timur

  • Herman priyanto Universitas Dr. Soetomo
  • Dian Ferriswara Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 24 , Full Text downloads: 11
Keywords: Kata Kunci: Assessment center, Polda Jawa Timur, Soft Competency

Abstract

Assessment Center digunakan untuk melakukan penilaian berbasis kompetensi untuk menjamin kualitas, objektivitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam pembinaan karier Pegawai Negeri di Kepolisian Negara Republik Indonesia Salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh sebuah organisasi adalah penilaian prestasi kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data, antara lain Karo SDM Polda Jawa Timur, Kabagbinkar, Assessor dan Assesse. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menguraikan bahwa assessment center terbukti berperan penting dalam menilai soft competency di Polda Jawa Timur dan pelaksanaan assessment center di Polda Jawa Timur berdampak positif signifikan bagi assesse dalam hal pengembangan pribadi dan profesional

 

References

Aasheim, C. L., Li, L., & Williams, S. (2009). Knowledge and skill requirements for entry-level information technology workers: A comparison of industry and academia. Journal of information systems education, 20(3), 349-356.
Adams, J. S. (1965). Inequity in social exchange. In L. Berkowitz (Ed.), Advances in Experimental Social Psychology (Vol. 2, pp. 267-299). Academic Press.
Douglas, 1966, Leadership and Motivation, Cambridge, MA: Addison-Wessley.
George Terry, 2009, Dasar-Dasar Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta.
Hafied, Hamzah. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Tinjauan Motivasi, Kompetensi, Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Kinerja. Kretakupapriant, Makasar
Heri, E. I. (2019). Tantangan Pengembangan SDM Polri di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu Kepolisian, 13(2), 16.
ILO (International Labour Organization). 2021. Pengantar Program Pembelajaran Studi Independen MBKM Soft Competencies – GNIK. Jakarta
Kautz, T., Heckman, J. J., Diris, R., Ter Weel, B., & Borghans, L. (2014). Fostering and measuring skills: Improving cognitive and non-cognitive skills to promote lifetime success.
Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50(4), 370-396.
Robles, M.M. (2012). Executive perceptions of the top 10 soft skills needed in today’s workplace. Business Communication Quarterly
Shalahuddin, A., & Marpaung, B. P. (2014). Pengaruh Kompensasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Perantara. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 7, 53-64.
Shuayto, N. (2012). The case for soft-skills development in MBA programs. Global
Published
2025-03-16
How to Cite
Herman priyanto, & Ferriswara, D. (2025). Peran Assessment Center dalam Menilai Soft Competency di Kepolisian Daerah Jawa Timur. Soetomo Magister Ilmu Administrasi, 2(2), 535 - 542. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/9753
Section
Article