TINJAUAN PERILAKU KONSUMSI DARI PERSPEKTIF NILAI–NILAI BUDAYA LOKAL KABUPATEN BANGKALAN MADURA

Ruski Ruski, Octaviana Arisinta, Aldila Septiana

Abstract


Pada dasarnya manusia adalah homo economicus, kata ini berasal dari bahasa latin yang artinya manusia ekonomi. Homo economicus merupakan sosok manusia yang rasional dan berkebebasan dalam menentukan pilihan-pilihan yang ada untuk mencapai tujuan tertentu. Sehingga dalam setiap perilakunya manusia harus lebih bersifat rasional dalam memilih sumber daya yang ada. Perilaku konsumsi juga dipengaruhi oleh nilai-nilai budaya lokal yang ada dalam lingkungan keluarga. Keluarga memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan anak, karena sebagian besar kehidupan anak berada di tengah keluarganya. Pendidikan yang diberikan orang tua seharusnya memberikan dasar bagi pengetahuan anak.

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif studi evaluasi. Penelitian ini dilakukan dengan mengevaluasi bagaimana perilaku konsumsi dari perspektif nilai-nilai budaya lokal Kabupaten Bangkalan Madura. Proses evaluasi dimaksudkan untuk menguraikan dan memahami dinamika internal berjalannya suatu program. Penelitian lebih difokuskan pada perilaku konsumsi dari perspektif nilai-nilai budaya lokal Kabupaten Bangkalan Madura.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinjauan perilaku konsumsi perspektif nilai-nilai budaya lokal Kabupaten Bangkalan Madura budaya yang ada di Madura khususnya di Kabupaten Bangkalan masih sangatlah kental dan dengan pola pikir masyarakat yang masih tradisional, walaupun terdapat beberapa nilai yang mengalami pergeseran berkaitan dengan kemajuan teknologi dan sarana transportasi. Budaya lokal memiliki identitas yang cukup beragam tergantung dari daerah masing-masing. Selain itu, bukti lain yaitu perilaku sosial para pemudik yang muncul dalam menyambut lebaran sebagai suatu “tradisi kultural keagamaan” hampir dapat dipastikan bersifat konsumtif. Sikap dan perilaku sosial ini muncul begitu saja tanpa yang bersangkutan menyadari bahwa hal itu merupakan produk dari suatu rekontruksi sosial-budaya yang semakin berkembang.

 

Kata Kunci: Perilaku Konsumsi, Nilai-nilai Budaya Lokal, Kabupaten Bangkalan

Full Text:

PDF

References


Case, K.E. & R.C. Fair. 2007. Prinsip-prinsip Ekonomi (Wibi Hardani & Devri Barnadi, Ed.) (Jilid 1 Edisi 8). Jakarta: Erlangga.

Cooper, D.R. & Schindler, P.S. 2003. Business Research Methods (Eight Edition). New York: Mc Graw-Hill/Irwin.

Emzir. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Engel, J.F, R.D. Blackwell, & P.W. Miniard. 1995. Perilaku Konsumen (Jilid 1 Edisi Keenam). Tangerang: Binarupa Aksara.

, R.D. Blackwell, & P.W. Miniard. 1995. Perilaku Konsumen (Jilid 2 Edisi Keenam). Tangerang: Binarupa Aksara.

Hawkins, D.I, Mothersbaugh, D.L, and Best R.J. 2007. Consumer Behavior: Mulding Marketing Strategy, 10ed, USA: Mc Graw Hill.

Jenks, Chris. 2013. Culture: Studi Kebudayaan (Edisi Kedua). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jumiati. 2010. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Internalitas Kegiatan Promosi, dan Pengalaman Belajar Bidang Studi Ekonomi terhadap Rasionalitas dalam Berkonsumsi Peserta Didik SMA Negeri se-Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs-UM.

Kotler, P. & G. Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

. & G. Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12 Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Lestari, P.P. 2010. Faktor-faktor yang Memengaruhi Rasionalitas Ekonomi Siswa SMA di Malang Raya. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs-UM.

Malhotra, N.K. 2010. Marketing Research: An Applied Orientation (Sixth Edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Mangkunegara, A.P. 2009. Perilaku Konsumen (Edisi Revisi). Bandung: PT Refika Aditama.

Miller, R. LeRoy. & A.D. Stafford. 2010. Economic Education for Consumers (4e). USA: South-Western Cengage Learning.

Case, K.E. & R.C. Fair. 2007. Prinsip-prinsip Ekonomi (Wibi Hardani & Devri Barnadi, Ed.) (Jilid 1 Edisi 8). Jakarta: Erlangga.

Emzir. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Engel, J.F, R.D. Blackwell, & P.W. Miniard. 1995. Perilaku Konsumen (Jilid 1 Edisi Keenam). Tangerang: Binarupa Aksara.

, R.D. Blackwell, & P.W. Miniard. 1995. Perilaku Konsumen (Jilid 2 Edisi Keenam). Tangerang: Binarupa Aksara

Jenks, Chris. 2013. Culture: Studi Kebudayaan (Edisi Kedua). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jumiati. 2010. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Internalitas Kegiatan Promosi, dan Pengalaman Belajar Bidang Studi Ekonomi terhadap Rasionalitas dalam Berkonsumsi Peserta Didik SMA Negeri se-Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs-UM.

Kotler, P. & G. Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

. & G. Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12 Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Lestari, P.P. 2010. Faktor-faktor yang Memengaruhi Rasionalitas Ekonomi Siswa SMA di Malang Raya. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs-UM.

Miller, R. LeRoy. & A.D. Stafford. 2010. Economic Education for Consumers (4e). USA: South-Western Cengage Learning.

Peter, J.P. & Olson, J.C. 1996. Consumer Behavior. Jakarta: Erlangga

Peter, J.P. & Olson, J.C. 1996. Consumer Behavior. Jakarta: Erlangga.

Purwati, A. 2010. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Persepsi Siswa atas Lingkungannya terhadap Perilaku Konsumsi yang Diintermediasi oleh Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA se Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs-UM.

Rohman, Abdur. 2016. Teori Kebocoran (Jilid 1). Surabaya: Pustaka Radja.

Schiffman, L. G. & L. L. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen (Edisi Ketujuh). Jakarta: PT Indeks.

. & L. L. Kanuk. 2010. Consumer Behavior (Tenth Edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Septiana, Aldila, 2013. Pengaruh Economics Literacy terhadap Perilaku Konsumsi yang Dimediasi oleh Nilai-nilai Budaya Lokal dan Promosi pada Siswa SMA Negeri Se Kota Pamekasan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Setiadi, N.J. 2008. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Soeharno. 2009. Teori Ekonomi Mikro. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Solomon, M.R. 2004. Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (Sixth Edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Sumarwan, U. 2014. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Edisi Kedua). Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunarto. 2003. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Amus.

Suprapti, Ni W.S. 2009. Perilaku Konsumen: Pemahaman Dasar dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran. Denpasar-Bali: Udayana University Press.

Suryani, T. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran (Edisi Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tambunan, R. 2001. Remaja dan Perilaku Konsumtif. (Online). (www.asmakmalaikat.com, diakses 19 Maret 2016).

Wahyono, H. 2001. Pengaruh Perilaku Ekonomi Kepala Keluarga Terhadap Intensitas Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs-UM.

Wardana, L.W. 2011. Perilaku Konsumen (Chamdan Purnama, Ed.). Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo Press.

Wiyata, A. Latief. 2013. Mencari Madura. Jakarta: Bidik-Phronesis Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/dev.v1i2.383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Develop ISSN : 2580-1767, Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNITOMO,