Frequent Asked Question

Frequently Asked Questions (FAQ)

FAQ ini berisi Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh Calon Penulis kepada Pengelola Jurnal.

Tanya: Apakah masih ada Slot atau Kuota di Jurnal ?

Jawab: Dalam publikasi Jurnal tidak dikenal dengan namanya SLOT ataupun KUOTA. Develop hanya menerima artikel yang sesuai Kriteria Penulisan Ilmiah dan Kriteria dari Develop.

Tanya: Mohon diberi informasi lengkap jurnalnya kak?

Jawab: Berikut kami bagikan informasi lengkapnya ya kak/bapak/ibu.
Terbit: Maret dan September
Jumlah maksimal tiap terbitan 5 artikel jurnal
Bahasa Jurnal menggunakan bahasa indonesia dengan abstrak yang pertama bahasa inggris dan abstrak kedua bahasa indonesia
Terdapat biaya publikasi sebesar 500rb (SINTA 5)

Apabila nanti telah submit mohon untuk Bapak/Ibu/Kakak konfirmasi ke nomor WA saya untuk langsung diproses pengecekan dokumen mulai dari isi, kelayakan hingga template ke jurnal editor kami. Atas perhatiannya terima kasih.
Mengenai LOA untuk saat ini akan diberikan setelah review selesai. Untuk proses review sesuai urutan pada OJS untuk estimasi berapa lama juga tergantung banyaknya jurnal yang masuk pada review. sebagai informasi jurnal yang masuk akan kami cek trlebih dahulu mengenai isi, berdasarkan template dan author guideline atau tidak, hinga kesesuaian scopenya kak. jadi seperti itu yang dapat kami sampaikan. Terima kasih.

Tanya: Apakah masih bisa Submit Artikel?

Jawab: Tidak ada batasan waktu SUBMIT artikel, sepanjang waktu penulis diperkenankan untuk SUBMIT artikel. tetapi untuk terbit harus dilakukan proses Review terlebih dahulu sesuai dengan antrian dan ketentuan.

Tanya: Saya tidak tahu cara submit? mohon dipandu kak. (catatan: untuk video youtube ini menggunakan contoh ekspektra dan kurang lebih sama caranya)

Jawab: Untuk tata cara submit bisa diikuti pada panduan berikut: https://youtu.be/4Ji0qsGw5F8


Tanya: Scope apa saja yang dapat di terima Jurnal Develop?

Jawab: Untuk scope Develop meliputi Ekonomi pembangunan, Ekonomi

 

Tanya: Apakah masih bisa Submit artikel di Bulan Maret atau September untuk diterbitkan.

Jawab: Tidak ada batasan waktu dan tidak ada DEADLINE untuk SUBMIT atau mengirimkan artikel, kapan saja diperbolehkan. Untuk terbit di periode FEBRUARI atau AGUSTUS harus melalui REVIEW terlebih dahulu dan prosesn antri panjang untuk pemeriksaan.


Tanya : Biasanya berapa lama proses review hingga diterimanya paper tersebut?

Jawab : Jika Paper sudah disubmit ke sistem OJS Develop, maka proses pemeriksaan menurut antrian yang berada di OJS. Pengelola Jurnal PASTI akan memberikan informasi melalui email penulis tentang status Paper tersebut jika sudah sampai pada antrian penulis. Karena banyaknya paper yang masuk, maka proses informasi ke penulis 1 sd sd 6 Bulan.

 

Tanya : Bagaimana cara untuk mendapatkan Letter of Acceptance?

Jawab : caranya adalah dengan mengirimkan artikel, dan artikel sudah melalui proses Review, kemudian dinyatakan ACCEPTED oleh EDITOR. Karena ini sistemnya sudah online maka jika EDITOR sudah merubah status menjadi ACCEPTED, maka di Akun Penulis juka Sudah berubah menjadi ACCEPTED. Kemudian nantinya LoA akan diberikanoleh Pengelola Jurnal.

 

Tanya : Berapa Biaya Publikasi?

Jawab : Biaya Publikasi silahkan cek pada pertanyaan ke dua.


Tanya : Apakah Artikel jika direview bisa di REJECT:

Jawab : BISA. jika hasil perbaikan penulis tidak sesuai dengan apa yang diinginkan REVIEWER maka EDITOR akan me REJECT artikel tersebut.