Penerapan Sistem Dinamik dalam Intelligent Transport Systems (ITS) untuk Meningkatkan Efektifitas, Efisiensi dan Safety (Study Kasus Dinas Perhubungan Kota Surabaya)

Pamudi Pamudi, Erma Suryani

Abstract


Pertumbukan ekonomi yang sangat tinggi menimbulkan dampak perpindahan penduduk dari pedesaan ke perkotaan. Hal ini mengakibatkan pertumbuhan penduduk di perkotaan dalam 20 tahun terakhir rata-rata mencapai kisaran 3-5%. berdampak lebih tinggi dari pertumbuhan penduduk nasional yang rata-rata sebesar 2%. Perubahan tersebut ditandai dengan meningkatnya jumlah kendaraan, pendapatan, dan tenaga kerja. Kemudahan arus transportasi darat makin meningkat ketika terjadi konektivitas antara kondisi jalan raya dengan kendaraan. Konektivitas ini dapat terbangun melalui dukungan teknologi komunikasi (information and communication technology, ICT) yang dewasa ini sudah diterapkan oleh industri kendaraan.

Intelligent Transport Systems (ITS) mempunyai beberapa manfaat yang sangat menguntungkan bagi masyarakat : pertama mengurangi kecelakaan yang mengakibatkan cacat atau kematian, dan kerugaian materi yang tidak terhitung nilainya, kedua menaikkan produktifitas karena berkurangnya kemacetan jadi biaya untuk transprtasi bisa terkurangi, ketiga mengurangi kemacetan berimbas pada mengurangi pemakaian bahan bakar dan emisi gas yang mengakibatkan kerugian baik bagi manusia dan mengurangi polusi udara.

Diharapkan dari pendekatan system yang terbentuk  memberikan hasil untuk mengurangi kecelakaan mengurangi waktu tempuh yang lumayan lama dan padat dan mengurangi polusi terhadap lingkungan dikota Surabaya dengan banyaknya karbon dioksida yang terbuang, dan mengurangi pemakaian bahan bakar yang dipakai (efisien)..


Keywords


Inteligent Trasnportation System, System Dinamic, safety

References


Haryono Sukarto, Transportasi Perkotaan dan Lingkungan, Jurnal Teknik, Jakarta, 2006.

Morlok , Edward K., 1978, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi , Penerbit Erlangga

Bowersox, C. (1981). Introduction to Transportation. New York: Macmillan Publishing Co, Inc.

Steenbrink. 1974. Optimization of Transport Networks..

Papacostas. 1987. Fundamentals of Transportation Enginering. Prantice Hall. USA

Utomo Nasution (1997). Tata cara perencanaan geometrik jalan antar kota, (38), 1–54

Krakiwsky, E.J., P. Vaníc˘ ek and D.J. Szabo (1993). Further Development and Testing of Robustness Analysis. Contract Report, Geodetic Survey Division, Geomatics Canada, Ottawa.

Nowacki, G. (2012). Development and Standardization of Intelligent Transport Systems. International Journal on Marine Navigation and Safety of Sea Transportation, 6(3), 403–411.

Douglas, Clarkson. (2012). Business , Engineering and Science Dcabes 2012.

Binamarga. (1997). Tata cara perencanaan geometrik jalan antar kota, (38), 1–54.

Forrester, J. W. (2001). System Dynamics: the Foundation under Systems Thinking. Change, 1(3), 1–3.

Simonovic Slobodan, S. ahmad. (2009). A new method for spatial and temporal analysis of risk in water resources management. Journal of Hydroinformatics, 11(3–4), 320.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan & Pemodelan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ojsinf.v3i1.570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
-----------------------------------------------------------------------------
Supported & Indexed by :
 

     




COPYRIGHT NOTICE

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.