udang vaname, pakan, probiotik Pengaruh Pemberian Probiotik Biolacto Dengan Dosis Berbeda Pada Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Berat Mutlak Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) DOC 30

  • Maga Aisyyah Universitas Dr. Soetomo
  • Didik Budiyanto Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 154 , PDF downloads: 137

Abstract

Udang vaname (Litopenaeus. vannamei) merupakan salah satu jenis udang yang sering dibudidayakan karena memiliki prospek serta profit yang menjanjikan. Salah satu factor yang memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan dalam budidaya adalah pakan. Pakan merupakan bagian paling besar dalam kegiatan budidaya. Tetapi untuk membantu dalam melangkapi nutrisi pada pakan, dilakukan pemberian zat tambahan berupa penambahan probiotik. Maksud dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik biolacto dengan dosis yang berbeda pada pakan buatan terhadap pertumbuhan berat mutlak udang vaname (Litopenaeus vannamei) DOC 30 Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan udang dengan tujuan megetahui dosis yang terbaik bagi pertumbuhan berat mutlak udang vaname. Udang vaname yang digunakan yaitu DOC 30 dengan berat 2 gram/ekor dalam wadah akuarium (4 percobaan masig-masing 6 kali ulangan) dengan jumlah 10 ekor udang/akuarium. Kemudian dihitung pertumbuhan berat mutlak pada akhir penelitian Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemberian probiotik biolacto dengan dosis berbeda memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap pertumbuhan berat mutlak udang vaname. Pertumbuhan berat mutlak tertinggi pada penelitian ini terjadi pada perlakuan D (dengan pemberian 6 gram) dengan pertumbuhan berat mutlak 5,8 gram. Pengukuran kualitas air selama penelitian diperoleh salinitas berkisar 10 ppt ; Suhu berkisar 30,5 – 30,8 OC ; Oksigen Terlarut berkisar 5,46 – 5,51 mg/L ; dan pH berkisar 8,4 - 8,5. 

Author Biography

Didik Budiyanto, Universitas Dr. Soetomo

Dosen Perikanan Universitas Dr. Soetomo

Published
2023-10-19
Section
Articles